Perusahaan terkadang juga membutuhkan kerjasama khusus dengan perusahaan asuransi. Apalagi jika melihat jumlaha suransi serta resiko yang mungkin akan datang pada pekerja perusahaannya. Namun mengadakan perjanjian dengan perusahaan asuransi perlu adanya perhatian khusus karena kerja sama ini merupakan kerjasama dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk perusahaan besar, mungkin hal ini akan mudah karena perusahaan asuransi akak menawarkan langsung kepada perusahaan tersebut dan cenderung sudah berlangsung lama. Namun untuk usaha kecil menengah yang mulai melangkah ke pasar yang lebih besar, maka perlulah untuk mulai mencari hubungan kerjasama dengan asuransi agar kesejahteraan karyawan atau pekerja bisa terjaga dengan baik. Nah dalam mencari partner kerjasama ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan.

Legalitas Perusahaan Asuransi

Legalitas ataubperijinan dari perusahaan asuransi menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan. Kedua perusahaan harus secara hukum memiliki ijin sehingga keduanya mampu saling mempertanggung jawabkan tindakannya kelak di mata hukum. Perusahaan asuransi yang kurang atau tidak memiliki legalitas hukum patut untuk dicurigai. Selain bisa berbahaya bagi masa depan perusahaan, tidak ada jaminan hukum juga bisa berbahaya untuk kelangsungan perusahaan.

Track Record

Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan selanjutnya oleh perusahaan adalah track record atau rekam jejak dari perusahaa tersebut. Bagi perusahaan perusahaan besar mungkin tidak perlu mengkhawatirkan dengan perusahaan asuransi besar yang memiliki track record yang panjang dan kuat. Namun untuk perusahaan perusahaan yang cenderung kecil maupun menengah mungkin belum mampu mencapai perusahaan perusahaan asuransi besar.

Lokasi Kantor Cabang

Lokasi kantor cabang, meskipun bukan hal yang orimer, namun termasuk hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan. Mengapa demikian? Karena perusahaan juga perlu melakukan koordinasi atau hal yang lain yang terkait dengan pelayanan. Klaim juga akan lebih baik proses pelayanannya jika lokasi kantor cabang asuransi tersebut lebih terjangkau oleh perusahaan.

Mengapa lokasi ini termasuk hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan adalah karena terkait juga dengan profesionalitas dan juga track record yang dimiliki perusahaan tersebut. Jika perusahaan asuransi memiliki lebih banyak jantor cabang maka dalam hal pelayanan, perusahaan asuransi tersebut memiliki target pelayanan yang lebih baik. Dengan track record yang baik, maka memiliki sebuah kantor cabang adalah hal yang mudah.

Persyaratan

Selain faktor internal dalam perusahaan asuransi, yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan adalah persyaratan yang ditawarkan pada perusahaan anda. Perusahaan asuransi umumnya memberikan persyaratan jumlah keikutsertaan dalam asuransi. Jadi kemampuan perusahaan yang mungkin sangat terbatas bisa dijangkau. Ada persyaratan lainnya yang juga mungkin diajukan dan berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan yang lain.

Baca Juga : Asuransi Karyawan Untuk Karyawan Muda, Mana Yang Sebaiknya Anda Pilih?

Mengapa persyaratan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi karyawan karena juga memberikan batasan agar anda tidak mengajukan kerjasama dengan perusahaan asuransi yang mungkin akan memberatkan di masa depan seperti untuk urusan premi. Kemampuan perusahaan anda lebih baik disesuaikan dengan persyaratan.

Jika anda mengajukan kerjasama dan persyaratan tersebut sejak awal sudah sulit untuk anda penuhi maka dibelakangnya nanti juga akan ada kemungkinan besar anda akan sulit untuk memenuhi persyaratan selanjutnya untuk memperpanjang masa kerjasama. Dalam hal ini yang sulit adalah minimal jumlah pekerja yang mungkin bisa saja berubah.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *