Asuransi kita pilih sebagai salah satu investasi di masa depan guna mendapatkan jaminan perlindungan dari kerugian atas kejadian yang mungkin akan terjadi dan menimbulkan pengeluaran dana yang lebih besar. Oleh karena itulah asuransi yang kita pilih haruslah merupakan asuransi yang profesional dan asuransi yang terpecaya. Namun di era saat ini, banyak yang menginginkan untuk mendapatkan keuntungan besar tanpa memberikan hasil yang positif bagi konsumen. Tak terkecuali juga pada asuransi. Nah berikut ini adalah ciri asuransi tidak terpecaya yang sebaiknya anda hindari dan jangan sampai anda terjebak untuk ada didalamnya karena sudah pasti akan merugikan anda kelak.

1. Pelayanan Tidak Profesional

Salah satu ciri asuransi tidak terpecaya yang pertama adalah pelayanan yang tidak profesional. Hal ini bisa dari kondisi kantornya, agen asuransinya hingga formulir yang disediakan seakan akan seadanya dan tidak menunjukkan sebuah perusahaan yang secara profesional memberikan pelayanan pada calon konsumen atau konsumennya. Perusahaan dengan pelayanan konsumen yang tidak profesional ini bisa berbahaya karena ketika terjadi satu kesalahan anda bisa menjadi korban terlebih jika hal ini terjadi pada bagian administrasi dimana keterangan atau informasi mengenai kepesertaan anda pada asuransi sangatlah penting.

Hal lain yang menyebabkan pelayanan tidak profesional masuk dalam ciri asuransi tidak terpecaya adalah dari penawaran akan produk produk asuransinya tersebut. Tidak jarang agen asuransi menyampaikan jaminan atau kelebihan kelebihan dari produk asuransinya yang bahkan berbeda dengan polis yang akan kita tanda tangani. Hal ini sangat berbahaya karena kita tidak akan bisa mengklaim apa yang kita inginkan dari apa yang kita beli. Oleh karena itu, di sini anda sebagai konsumen juga harus berperan aktif untuk membaca polis asuransi atau mengerti mengenai jaminan yang akan diberikan pada anda sebelum anda menandatangani kerja sama.

Baca juga: Perusahaan Asuransi Yang Bisa Diandalkan, Apa Saja Cirinya?

2. Klaim Sulit

Proses klaim memang ada yang harus ditolak karena alasan yang benar benar legal seperti persyaratan kurang atau klaim tidak termasuk ke dalam cakupan jaminan. Namun jika anda yakni bahwa hal yang akan anda klaim termasuk dalam jaminan namun tidak ada klaim yang disetujui, maka anda bisa menyimpulkan bahwa perusahaan asuransi dari asuransi yang anda miliki tidak bekerja secara profesional. Anda bisa membawa urusan ini ke ranah hukum, namun yang pasti proses klaim yang sulit adalah salah satu ciri asuransi tidak terpecaya.

3. Keterangan Tidak Jelas

Salah satu ciri asuransi tidak terpecaya yang sering ditemukan adalah seringnya pemberian keterangan yang tidak jelas dan terkesan berbelit belit. Hal ini bisa menyangkut pada pelayanan maupun juga prosedur yang diberikan untuk memberikan informasi yang jelas. Tak heran jika banyak konsumen yang melakukan protes terhadap perusahaan asuransi karena tidak memberikan keterangan yang jelas akan penolakan klaim atau keterangan lainnya yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh konsumen asuransi tersebut.

Baca juga: Bagaimana Menilai Asuransi Karyawan

4. Banyak Komentar Negatif

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk membangun bisnisnya dengan baik adalah dengan membangun citra yang baik melalui usaha secara profesional. Nah, hal ini bisa menjadi salah satu ciri asuransi tidak terpecaya jika satu asuransi memiliki Citra yang buruk seperti hal hal penting diatas. Itu artinya jika masalah tidak terjadi pada satu atau dua orang saja, maka bisa disimpulkan bahwa perusahaan asuransi itu tidak bekerja secara profesional sehingga banyak mengalami kritik dan juga protes dari konsumennya.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *