Klaim adalah bagian tak terpisahkan dari dunia asuransi. Dengan proses klaim itulah pemilik polis asuransi akan mendapatkan hak mereka. Pihak asuransipun harus melakukan kewajibannya dengan membayarkan klaim yang diajukan oleh pemilik polis. Namun, tidak semua klaim akan diterima oleh pihak perusahaan asuransi. Ada beberapa hal yang akan membuat klaim asuransi ditolak atau tidak disetujui. Nah berikut ini ada beberapa tips sukses klaim asuransi. Dengan memahami tips tips yang ada ini, semoga anda dapat melakukan proses klaim dengan lebih mudah dan tentu saja cepat.

1 Pahami Benar Benar Polis Anda

Tips sukses klaim asuransi yang pertama adalah dengan memahami polis asuransi yang anda miliki. Jangan sampai anda tidak memahaminya atau melupakan beberapa hal penting. Pihak asuransi pasti memberikan batasan dalam klaim sehingga tidak semua kejadian yang anda alami bisa dijadikan alasan untuk melakukan proses klaim. Untuk kejadian kejadian yang memang tidak tercakup dalam perlindungan asuransi, tentu saja klaim asuransi akan ditolak. Namun jika anda merasa bahwa asuransi yang anda miliki benar menjamin kerugian yang anda terima, maka anda bisa mengajukan banding baik melalui proses hukum atau ke pihak asuransi terlebih dahulu.

Memahami persyaratan juga adalah salah satu hal yang penting yang perlu anda lakukan sebelum melakukan proses klaim sebelum anda melakukan tips sukses klaim asuransi berikutnya.

Baca juga: Penyebab Klaim Asuransi Karyawan Ditolak, Pahami Kembali Polis anda

2 Lakukan Sesegera Mungkin

Yang kedua dari tips sukses klaim asuransi adalah lakukan sesegera mungkin proses klaim sebelum habis masa berlaku klaim. Perusahaan asuransi akan memberikan waktu untuk anda guna memenuhi syarat syarat yang dibutuhkan untuk melakukan proses klaim. Waktu yang diberikan bergantung pada perusahaan asuransi dan jenis asuransi yang dimiliki. Untuk asuransi jiwa, biasanya waktu yang diberikan hingga satu atau dua bulan. Klaim akan tetap ditolak jika sudah melewati masa itu, meskipun tercakup dalam perlindungan asuransi dan juga persyaratan sudah penuh.

Namun, ada juga asuransi yang memang membutuhkan waktu terlebih dahulu sebelum anda boleh melakukan proses klaim. Misalnya untuk asuransi kesehatan, untuk melakukan klaim ada yang mengharuskan anda untuk menunggu hingga anda benar benar keluar dari rumah sakit kemudian melakukan proses klaim dengan menyertakan tagihan dari rumah sakit. Setelah anda mendapatkan tagihan dan memenuhi persyaratan lainnya, proses klaim akan segera ditangani. Oleh karena itu yang utama adalah tetap memahami polis anda dan sebagai tips sukses klaim asuransi segera lakukan prosesnya.

3 Penuhi Persyaratan

Yang satu ini sudah pasti menjadi tips sukses klaim asuransi yakni memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Anda akan menemukan persyaratan itu pada perjanjian atau polis asuransi yang anda miliki. Kunci agar klaim anda sukses adalah dengan memahami persyaratan agar tidak salah dalam memenuhi dokumen yang dibutuhkan dan juga tentunya berhubungan pada nomor dua yakni waktu pengajuan. Mengingat setiap produk asuransi memiliki persyaratan yang berbeda satu sama lainnya. Ada yang mungkin akan sederhana saja syaratnya dan mungkin juga ada yang memerlukan dokumen lengkap.

Ketiga hal diatas adalah tips sukses klaim asuransi secara umum. Untuk produk asuransi tertentu mungkin ada tips lain yang bisa anda ikuti. Memahami dunia asuransi mungkin tidak sulit namun juga tidaklah mudah. Yang terpenting anda berusaha untuk belajar dan menambah wawasan, apalagi jika anda tertarik untuk melakukan investasi melalui asuransi.

Baca juga: Kaitan Klaim Mudah Asuransi Dengan Produktifitas Perusahaan

Related Post

Written by 

One thought on “Tips Sukses Klaim Asuransi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *