Salah satu asuransi yang secara umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini ditawarkan baik untuk jenis asuransi pribadi maupun asuransi karyawan yang dikelola oleh perusahaan. Bagi anda yang belum memiliki dan berniat untuk memiliki asuransi ini, berikut ada 6 tips memilih asuransi kesehatan karyawan.

1. Pahami Jenis Asuransi Tersebut

Sebelum anda mempertimbangkan untuk ikut serta dalam asuransi kesehatan karyawan, pahami  dengan baik asuransi yang ditawarkan tersebut. Sebagai tips memilih asuransi kesehatan karyawan, cari waktu yang tepat untuk mempelajari asuransi yang ditawarkan. Pahami jenisnya, apakah asuransi tersebut cashless atau tidak membutuhkan uang saat klaim atau non-reimbursemen dimana anda membayar pengobatan terlebih dahulu baru melakukan klaim.

Dua jenis klaim asuransi baik cashless maupun non-reimburshment memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pahami agar anda nantinya bisa memanfaatkan asuransi yang anda miliki dengan maksimal.

2. Sesuaikan Dengan kebutuhan

Sebagai tips memilih asuransi kesehatan karyawan adalah menyesuaikan pengeluaran tambahan dari premi yang dibayarkan secara berkala dengan pendapatan anda setiap bulannya. Apakah sesuai ataukah anda nantinya mungkin akan kesulitan untuk memenuhinya? Premi yang ditawarkan umumnya akan berbeda apabila ditawarkan oleh perusahaan asuransi lainnya.

Premi yang mahal bukan selalu premi yang terbaik. Ada premi mahal yang menawarkan poin yang sama dengan premi dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itulah, pastikan kembali bahwa asuransi kesehatan yang ditawarkan pada anda sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai contoh, asuransi kesehatan yang mengcover hingga perawatan penyakit jantung dan penyakit berat lainnya. Jika anda tidak membutuhkan penawaran asuransi dengan poin tersebut, maka anda bisa mencari jenis asuransi yang tidak sampai mengcover hal tersebut.

Baca juga : Memulai Asuransi Karyawan Saat Muda, Perhatikan Hal Berikut

3. Pahami Manfaat Yang Anda Dapatkan

Setelah anda memahami jenis asuransi yang ditawarkan, kemudian menyesuaikan antara kebutuhan kita, yang ketiga adalah pahami manfaatnya untuk kita. Sebagai tips memilih asuransi kesehatan karyawan, pahami juga manfaat jangka panjangnya. Misal pembayaran premi yang akan berkurang atau penawaran lainnya dari pihak asuransi untuk anda.

Tips nomor 3 ini masih berhubungan erat dengan nomor dua. Pahami apa yang anda dapatkan dari asuransi kesehatan karyawan yang ditawarkan. Apabila penawaran tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan, apalagi jika harga premi yang ditawarkan memiliki penawaran yang tidak sesuai dengan kemampuan perekonomian anda.

4. Rumah Sakit Yang Bekerjasama

Selanjutnya, sebagai tips memilih asuransi kesehatan karyawan adalah anda juga memahami pada rumah sakit mana nantinya anda mendapatkan perawatan. Hal ini sangat berkaitan dengan poin nomor 1 dimana sistem non-reimburshment umumnya lebih luas cakupannya. Yang teprenting adalah anda masih memiliki nota serta catatan dalam bertransaksi di klinik atau di rumah sakit.

5. Pahami Kredibilitas Perusahaan Asuransi Karyawan

Tips memilih asuransi kesehatan karyawan selanjutnya adalah memahami kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Kredibilitas ini sangatlah penting karena track record yang buruk dari suatu perusahaan asuransi bisa berpengaruh pelayanannya termasuk pada proses klaimnya. Hal ini masih juga terkait dengan nomor 1.

6. Sesuaikan dengan Kemampuan Ekonomi Anda

Nomor 6, tips memilih asuransi kesehatan karyawan adalah dengan menyesuaikan premi yang ditawarkan dengan kemampuan ekonomi anda. jangan sampai polis asuransi yang anda telah tanda tangani nantinya malah akan membebani kestabilan keuangan anda. Asuransi tidak akan memberikan manfaatnya apabila anda tidak mampu membayar premi.

Related Post

Written by 

One thought on “6 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *