Klaim asuransi adalah salah satu momen dimana anda seharusnya mendapakan apa yang anda investasikan atau mendapatkan apa yang anda butuhkan dari pihak asuransi. Namun, untuk beberapa alasan klaim asuransi tersebut bisa ditolak. Oleh karena itulah ada beberapa tips untuk anda yakni tips klaim asuransi tanpa ditolak yang bisa anda coba untuk langkah kedepannya.

Pahami Polis Anda

Yang satu ini sangat penting untuk anda lakukan sebelum anda melakukan klaim. Terkadang klaim juga terjadi dalam jangka waktu yang lama ketika anda memulai memiliki polis asuransi jadi sangat wajar apabila anda lupa atau tidak mengingat apa saja yang ada dalam cakupan perlindungan asuransi anda.

Sebagai tips klaim asuransi tanpa ditolak pertama, anda memastikan kembali atau membaca kembali polis anda apakah benar apa yang anda klaim tersebut sesuai dengan polis yang anda miliki? Jika iya anda bisa tetap melanjutkan proses klaim dan jika tidak anda tidak bisa melanjutkan proses klaim karena sudah pasti hasilnya adalah akan ditolak oleh pihak asuransi.

Dalam memahami polis ini anda juga bisa dibantu pihak lainnya yang memahami dengan baik asuransi apa yang anda miliki dan ini adalah sebagai tips klaim asuransi tanpa ditolak tambahan.

Lengkapi Persyaratannya

Yang kedua sebagai tips klaim asuransi tanpa ditolak adalah tentu saja lengkapi persyaratan yang dibutuhkan saat pengajuan klaim. Untuk asuransi kesehatan misalnya, biasanya akan disertakan bukti pembayaran rumah sakit bagi yang memiliki jenis asuransi reimburse atau cash. Jangan sampai persyaratan yang seharusnya anda bawa hilang atau tidak valid.

Baca juga: Mengenal Cuti Premi serta Dampaknya

Ketahui Jangka Waktunya

Yang satu ini terkadang dilupakan karena umumnya pihak pemegang polis sedang sibuk atau masih memulihkan keadaannya dari gangguan kesehatan. Namun penting sebagai tips klaim asuransi tanpa ditolak untuk memahami jangka waktu kapan klaim tersebut valid. Setiap proses klaim memiliki jangka waktu tersendiri sehingga pihak asuransi berhak menolak apabila terjadi klaim dari jangka waktu yang ditentukan.

Hindari Hal Yang Membatalkan Klaim

Meskipun apa yang anda akan klaim tersebut jelas terjamin dalam polis asuransi yang anda miliki namun pihak asuransi tetap berhak menolak klaim tersebut apabila anda melakukan hal yang membatalkan klaim tersebut. Sebagai tips klaim asuransi tanpa ditolak, kembali lakukan poin pertama yakni memahami pasal-pasal dalam polis asnda.

Beberapa hal yang bisa membatalkan klaim anda adalah seperti anda telat membayar premi sehingga anda masuk dalam masa tenggang yang mana perlindungan asuransi anda menjadi tidak aktif. Sedangkan yang kedua sebagai contoh adalah adanya pelanggaran hukum seperti ketika anda kecelakaan adalah kesalahan anda karena melanggar hukum.

Dan apabila itu terjadi maka pihak asuransi dapat menolak klaim anda meski anda memilkki persyaratan yang lengkap, mengajukan klaim di jangka waktu yang tepat dan kebutuhan lainnya ketika mengajukan proses klaim.

Itulah ketiga tips klaim asuransi tanpa ditolak yang harus anda pahami seluruhnya. Jangan sampai apa yang anda investasikan atau yang telah anda siapkan melalui asuransi tidak dapat anda nikmati melalui klaim yang ditolak karena alasan yang sepele.

Semoga artikel mengenai tips klaim asuransi tanpa ditolak ini bermanfaat untuk anda dalam memahami proses klaim dari perusahaan asuransi yang bisa juga terkadang merepotkan dari pemili polis itu sendiri. Semoga anda tidak mengalami penolakan dari klaim yang anda ajukan.

RelatedPost

Written by 

One thought on “Tips Klaim Asuransi Tanpa Ditolak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *