Premi adalah kewajiban dari pemilik asuransi yang harus terus disetorkan dalam jangka waktu tertentu agar pihak asuransi dapat memberikan pertanggungan atau perlindungannya kepada peserta asuransi. Sebelum memahami tips agar tidak telat bayar premi asuransi anda harus memahami terlebih dahulu apa akibat dari telat pembayaran premi:

Akibat telat melakukan pembayaran premi yang pertama adalah sebagai berikut:

  1. Penangguhan Status Kepesertaan

Pihak asuransi secara otomatis dan memiliki hak untuk menghentikan status kepesertaan Anda untuk sementara waktu sebagai dampak telatnya pembayaran premi. Punishment ini akan terus dilanjutkan sampai Anda membayar premi atau iuran yang telah disepakati dan tercatut dalam polis asuransi.

Akibat dari status kepesertaan asuransi Anda yang tidak aktif ini berarti Anda tidak bisa menggunakan klaim asuransi anda, lebith tepatna klaim akan ditolak.

  1. Denda

Meski tidak semua asuransi akan memberikan denda namun, ada beberapa asuransi yang memang akan memberikan denda pada pembayaran premi anda selanjutnya. Oleh karena itulah perhatikan baik baik tips agar tidak telat bayar premi asuransi sehingga anda mengetahui triknya.

  1. Status kepesertaan diblokir

Kemungkinan terburuk ketika  Anda terus menerus telat bayar premi dan premi yang juga beserta denda tersebut tidak segera kunjung dibayarkan, akan ada kemungkinan terburuk yakni adalah status kepesertaan asuransi akan dinonaktifkan. Dan apabila hal ini terjadi maka anda tidak bisa memanfaatkan asuransi apapun.

Oleh karena itulah berikut ini kami sertakan beberapa tips agar tidak telat bayar premi asuransi yang bisa anda lakukan semenjak awal.

  1. Pilih Asuransi Sesuai Kemampuan Finansial Anda

Yang satu ini adalah yang menjadi tips agar tidak telat bayar premi asuransi yang paling mendasar. Anda tidak akan keberatan membayar premi asuransi apabila premi yang harus anda bayar tidak memberatkan finansial anda. sebaliknya apabila premi yang harus anda bayarkan tersebut memberikan beban, maka akan semakin sulit untuk anda membayarnya baik karena keinginan anda sendiri atau memang anda kesulitan secara finansial untuk membayarnya.

  1. Masukkan Dalam Pengeluaran Bulanan

Selanjutnya yang bisa menjadi tips agar tidak telat bayar premi asuransi adalah dengan memasukkan biaya premi pada pengeluaran bulanan meskipun pembayaran premi anda tidak dibayarkan secara bulanan.

Hal ini akan meringankan beban finansial Anda kedepannya terutama jika Anda memang berniat unutk memiliki asuransi dengan premi yang terbilang mahal.

Baca juga: Dampak Buruk Telat Membayar Premi

  1. Sistem Potong Gaji

Yang satu ini menjadi salah satu tips agar tidak telat bayar premi asuransi bagi mereka yang merupakan karyawan dari perusahaan tertentu. Anda bisa memanfaatkan fasilitas potong gaji yang mana akan membantu pada poin kedua.

Hal ini penting karena terkadang kita tidak sadar bahwa kita memiliki kebutuhan bulanann yang lain dan dilimpahkan di masa selanjutnya.

Nah itulah ketiga tips agar tidak telat bayar premi asuransi beserta akibat dari telat membayar asuransi yang harusnya sesuai dengan perjanjuan dengan pihak asuransi. Tidak semua asuransi memberikan kesan buruk namun ingin selalu menunjukkan tata tertib atau peraturan yang ketat untuk kuntungan atau manfaat bersama baik pada pihak asuransi maupun pihak pemilik polis asurasninya.

Semoga dengan tips agar tidak telat bayar premi asuransi ini anda semakin dapat membayar premi premi anda yang belum terbayar sehingga tidak memberi dampak yang buruk pada pemilik asuransi.

Related Post

Written by 

One thought on “Tips Agar Tidak Telat Bayar Premi Asuransi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *