Membayar premi adalah kewajiban bagi nasabah atau pemilik polis asuransi. Jika pembayaran tersebut terlambat atau bahkan menunggak, akan ada banyak penalti yang menanti mulai hilangnya perlindungan terhadap tertanggung sementara, denda hingga hilangnya atau hangusnya polis asuransi yang dimiliki. Oleh sebab itu ada beberapa tips agar mudah membayar premi yang bisa anda coba. Berikut ulasannya yang semoga bisa membantu anda.

Pilih Periode Yang Cocok Dengan Anda

Yang pertama adalah memilih periode pembayaran premi yang sesuai dengan anda. memang tidak semua asuransi menyediakan fasilitas untuk memilih pembayaran preminya. Oleh karena itu hal ini bisa menjadi salah satu hal yang anda perlu perhatikan saat akan memilih asuransi. Sebagai tips agar mudah membayar premi yang pertama adalah pilihlah pembayaran yang membuat anda nyaman.

Tidak semua orang menyukai pembayaran setiap bulan apalagi jika dalam bulan tersebut anda juga perlu membayar berbagai pembayaran lainnya. oleh karena itu tidak sedikit pula yang membayar premi asuransi pada periode tertentu mulai dari tiga bulanan, 6 bulanan hingga tahunan juga ada yang ditawarkan.

Hanya saja untuk semakin panjang periodenya, maka akan semakin besar pula jumlah pembayaran preminya sehingga sebagai tips agar mudah membayar premi tambahan anda juga perlu memperkirakannya.

Masukkan Dalam Pengeluaran Bulanan

Baik premi yang dibayarkan setiap bulannya maupun pada periode tertentu, sebagai tips agar mudah membayar premi adalah anda sebaiknya memasukkan pembayaran tersebut dalam daftar pengeluaran bulanan. Akan sulit memang apabila anda membayar preminya dalam waktu periode tertentu karena anda harus mengatur simpanan anda untuk bulan sebelumnya.

Sebagai tips agar mudah membayar premi tambahan untuk anda yang mengambil pembayaran di periode tertentu selain bulanan, jangan sampai anda membebankan pembayaran tersebut pada bulan dimana anda jatuh tempo untuk membayar. Jika itu terjadi maka pengeluaran bulan tersebut akan membengkak dan itu bisa berakibat buruk pada finansial anda.

Baca juga: Manfaat Membeli Asuransi Saat Muda

Manfaatkan Cuti Premi Dengan Bijak

Untuk jenis asuransi tertentu seperti asuransi unit link, anda diberi kesempatan untuk memanfaatkan Cuti Premi. Sebagai tips agar mudah membayar premi ketika anda ditawari untuk Cuti Premi, pastikan dana dalam rekening anda selalu terawasi. Jangan sampai anda terlena karena diberi kesempatan untuk tidak membayar premi sehingga biaya asuransi terbayarkan dari rekening anda.

Akan lebih baik lagi jika anda mendiskusikan mengenai Cuti Premi ini kepada pihak agen asuransi agar anda tetap mendapatkan manfaat Cuti Premi dan manfaat perlindungan tapi tetap dengan pertanggungan yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Perhatikan Asuransi Tambahan

Pembayaran premi yang anda bayar untuk periode tertentu atau setiap bulannya memang tidak akan bertambah sesuai dengan polis anda. Namun, bukan berarti jumlahnya tidak akan bertambah. Salah satu yang akan menambah jumlah premi anda adalah asuransi tambahan atau rider. Sebagai tips agar mudah membayar premi, akan lebih baik jika anda menghindari hal yang menambah premi.

Itulah beberapa tips agar mudah membayar premi yang bisa anda coba untuk dilakukan baik sebelum anda memiliki asuransi atau saat anda memiliki asuransi. Mengingat banyaknya dampak akibat dari pembayaran premi yang telat hingga premi yang bertumpuk, akan lebih baik jika anda juga memiliki strategi untuk pembayaran premi anda kedepannya.

Semoga artikel tips agar mudah membayar premi ini membantu anda dalam berasuransi.

Related Post

Written by 

One thought on “Tips Agar Mudah Membayar Premi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *