Sebelumnya mungkin anda telah membaca bagaimana agar klaim asuransi bisa diterima. Nah, sebaliknya kali ini kita akan memberikan beberapa tips agar klaim asuransi tidak ditolak. Tips ini untuk melengkapi tips tips sebelumnya, dan untuk kali ini anda harus menghindarinya agar klaim anda tidak ditolak atau ditangguhkan. Nah berikut ini beberapa tipsnya.

Jangan Lupakan Persyaratan

Yang pertama sebagai tips agar klaim asuransi tidak ditolak adalah siapkan persyaratan yang dibutuhkan dan sesuai dengan permintaan dari pihak asuransi. Dengan mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dan sesuai dengan permintaan dari pihak asuransi, maka klaim yang anda ajukan akan segera diproses.

Pihak asuransi memberikan persyaratan untuk mengajukan klaim dengan alasan agar tidak ada yang memalsukan klaim. Pemalsuan klaim bisa berakibat tuntutan hukum dan juga tentunya akan merugikan pihak asuransi. Oleh karena itu, sebagai tips agar klaim asuransi tidak ditolak penuhi persyaratan yang sesuai dengan permintaan dari perusahaan asuransi yang anda miliki asuransinya. Setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda mempelajari persyaratan asuransi anda sendiri.

Jangan Melebihi atau Mendahului Waktu Yang Ditentukan

Yang kedua dari tips agar klaim asuransi tidak ditolak adalah waktu pengajuan klaim. Waktu untuk pengajuan klaim setiap produk asuransi bisa dikatakan berbeda. Untuk asuransi dana pensiun, jelas pengajuan klaim hanya dapat dilakukan ketika anda sudah memasuki masa pensiun. Jadi ketika anda mengajukan klaim sebelum anda memasuki masa pensiun, maka tentu saja klaim akan ditolak.

Tips agar klaim asuransi tidak ditolak ini juga untuk produk asuransi lain seperti asuransi kesehatan. Asuransi bisa menerima klaim apabila sudah ada tagihan dari rumah sakit dimana pemiliki asuransi dirawat. Tagihan tersebut juga masuk kedalam salah satu persyaratan yang umum diminta oleh perusahaan asruansi. Oleh karena itu, jika klaim dilakukan terlalu awal maka pihak asuransi jelas akan menolak klaim tersebut.

Baca juga: Bagaimana Menilai Asuransi Karyawan

Jangan Menunggak Pembayaran Premi

Selanjutnya untuk tips agar klaim asuransi tidak ditolak adalah jangan menunggak pembayaran premi. Pihak asuransi akan memberikan masa tenggang untuk pembayaran premi anda. Jika pembayaran tersebut tidak segera dilakukan atau sudah melewati masa tenggang, asuransi anda bisa dibekukan dan anda tidak akan bisa melakukan klaim.

Selain pembekuan, ada juga beberapa sangsi yang bisa dilakukan secara sepihak oleh pihak asuransi yakni pembatalan kerjasama apabila tidak ada kejelasan dari pembayaran premi anda. Namun setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan tersendiri. Oleh karena itu, tips agar klaim asuransi tidak ditolak adalah dengan melakukan kewajiban anda yakni salah satunya adalah dengan membayar premi sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan.

Jangan Melakukan Pelanggaran Hukum

Tips agar klaim asuransi tidak ditolak selanjutnya adalah dengan tidak melakukan pelanggaran hukum. Pelanggaran hukum ini bisa berupa pelanggaran hukum yang menyebabkan anda mengalami kerugian. Pihak asuransi tidak akan memberikan ganti rugi atau jaminan apabila kemalangan yang terjadi adalah akibat pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pemilik asuransi.

Selain itu, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pemalsuan klaim juga termasuk kedalam pelanggaran hukum. Atau membuat suatu kejadian yang tercakup kedalam jaminan klaim secara disengaja. Hal ini bisa membatalkan atau alasan pihak asuransi untuk menolak klaim anda. Oleh karena itu, sebagai tips agar klaim asuransi tidak ditolak adalah dengan selalu mematuhi peraturan dan hukum yang ada.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Ketika KLaim Asuransi Ditolak

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *