Memiliki sebuah asuransi saja terkadang tidak cukup, memiliki dua mungkin akan membuat preminya akan membebani anda, lalu bagaimana dengan rider atau asuransi tambahan? Tidak semua rider tidak memiliki manfaat positif. Beberapa dari rider ada yang bisa anda manfaatkan untuk semakin meningkatkan perlindungan dari asuransi anda. Nah berikut ini ada beberapa rider asuransi bermanfaat yang bisa anda pilih untuk meningkatkan keamanan anda dalam menjalani keseharian anda.

Premium Rider atau Waiver

Salah satu rider asuransi bermanfaat yang banyak dipilih ketimbang rider lainnya adalah Premium Rider atau Waiver. Dengan memanfaatkan rider ini, pemilik asuransi tidak perlu khawatir apabila mengalami kecelakaan atau kejadian yang menyebabkan kecacatan selama masa pembayaran premi asuransi. Pembayaran premi akan ditiadakan namun tetap akan terjamin seperti layaknya pemilik asuransi membayar premi setiap bulannya.

Rider Penyakit Kritis

Rider yang satu ini juga menjadi salah satu rider asuransi bermanfaat yang sering dipasangkan dengan asuransi lainnya. Rider pernyakit kritis ini biasanya melengkapi penyakit atau kondisi yang tidak tercakup dalam asuransi kesehatan karena umumnya biaya atau plafond yang dibutuhkan tinggi karena memang biaya perawatan serta biaya pengobatannya yang tinggi. Rider ini akan mencakup jaminan untuk perlindungan terhadap penyakit berat seperti kanker, penyakit jantung, dan lain lainnya. Karena besarnya biaya perawatan penyakit penyakit tersebut, mungkin anda bisa mempertimbangkan.

Income Disability Rider

Meskipun masih jarang ditemukan, namun jika ada asuransi yang menawarkan salah satu bentuk rider asuransi bermanfaat. Dengan rider ini, pemilik asuransi akan mendapatkan penghasilan yang diberikan oleh pihak asuransi apabila terjadi sesuatu hal yang menyebabkan pemilik asuransi mengalami kecacatan. Rider asuransi ini sangat disarankan untuk mereka yang bekerja di perusahaan yang memiliki resiko terjadinya kecelakaan selain mengajukan asuransi jiwa. Dengan demikian, dampak negatif yang mungkin terjadi akan bisa diminimalisir.

Baca juga: Beberapa Contoh Rider Asuransi Jiwa

Term Conversion Rider

Term Conversion Rider menjadi salah stau pilihan rider asuransi bermanfaat yang banyak dilakukan daripada rider lainnya. Dengan rider ini anda bisa mengganti masa asuransi anda dari yang hanya pada periode tertentu menjadi seumur hidup. Rider ini umumnya digunakan bersamaan dengan asuransi utama berupa asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Asuransi ini dianggap menguntungkan karena akan memperpanjang masa cakupan sehinga anda bisa tetap terlindungi.

Rider Premi Kembali

Rider yang satu ini akan bermanfaat apabila anda memiliki sebuah asuransi yang tidak akan mengembalikan uang premi anda. Dengan memanfaatkan rider asuransi bermanfaat yang satu ini, premi yang anda bayarkan mulai dari awal hingga masa berakhirnya pembayaran premi bisa kembali hingga 100%. Hal ini akan menguntungkan apabila anda memilih plafond atau skema tinggi yang tentunya memiliki premi lebih mahal. Namun, sebaiknya anda juga menyesuaikan dengan kemampuan finansial anda dan melakukan perhitungan karena rider yang satu ini juga terbilang memiliki prmei yang mahal.

Manfaat Kematian Karena Kecelakaan

Rider atau asuransi tambahan Accidental Death Benefit Rider atau kematian kecelakaan ini juga sangat disarankan untuk mereka yang memiliki pekerjaan dengan resiko yang tinggi. Dengan memiliki salah satu rider asuransi bermanfaat ini, maka ketika pemilik asuransi mengalami kematian karena kecelakaan akan mendapatkan manfaat tambahan yang diberikan disamping pemberian tanggungan dari manfaat asuransi utama. Rider ini akan menjadi manfaat yang ditinggalkan apabila terjadi suatu kejadian yang menyebabkan tulang punggung keluarga tidak mampu lagi menafkahi keluarga namun tetap akan menjaga kesejahteraan keluarga.

Baca juga: Alasan Karyawan Juga Boleh Memiliki Asuransi Perlindungan Harta Benda Sebagai Rider atau Asuransi Tambahan