Apakah anda pernah merasa bahwa premi yang anda bayarkan sangatlah mahal? Apalagi jika dibandingkan dengan asuransi yang sama dari produk asuransi di perusahaan lain? mahalnya premi tersebut tentunya ada alasannya. Dan alasan dari mahalnya premi tersebut mungkin bisa anda terima sebagai pertimbangan atau malah anda putuskan sebagai produk asuransi yang terlalu mahal. Nah bagi anda yang merasa premi asuransi mahal, berikut beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya.

Terpecaya

Penyebab utama mengapa terkadang anda menemui premi asuransi mahal yang bahkan lebih mahal daripada sesama asuransi dari perusahaan lain adalah karena nama besar perusahaan tersebut. Jika perusahaan asuransi tersebut memang dikenal baik dan jarang ada kasus yang mengait-ngaitkan namanya berarti perusahaan tersebut memang memiliki kualitas dalam hal pelayanan dan managemen untuk investasi melalui asuransi.

Nama baik perusahaan juga berpengaruh kepada popularitas dan citranya di masyarakat. Semakin baik citranya di masyarakat maka akan semakin dikenal baik pula produk produknya tak terkecuali perusahaan asuransi. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa produk asuransinya memiliki premi asuransi mahal. Namun mahal bukan selalu menjadi pilihan yang tepat dalam memilih asuransi.

Biaya Tanggungan Besar

Salah satu penyebab mengapa premi asuransi mahal adalah karena biaya pertanggungan yang ditawarkan cukup besar. Hal ini terkait dengan plafond atau cakupan pertanggungan. Dengan plafond yang lebih besar maka kerugian finansial yang mungkin akan terjadi pada anda akan dapat dicover atau diatasi. Namun jika plafond tersebut lebih kecil daripada biaya kerugian anda, maka anda terpaksa harus menambah biaya tersebut sendiri.

Plafond yang besar juga membutuhkan biaya premi asuransi mahal karena tentunya biaya yang akan dikeluarkan oleh pihak asuransi akan menjadi lebih besar. Oleh karena itulah, biaya mahal sebuah premi bukan selalu menjadi kerugian bagi pihak pemilik asuransi melainkan juga menjadi kelebihan untuk dikembangkan.

Baca juga: Pertanyaan Umum Soal Asuransi Kesehatan

Cakupan Jaminan Luas

Selain cakupan biaya tanggungan, hal yang membuat premi asuransi mahal adalah karena cakupan pelayanan terhadap asuransi tersebut yang luas. Seperti misalnya rumah sakit yang akan menerima anda apabila anda sakit akan lebih bervariasi untuk asuransi dnegan premi yang mahal dibandingkan dengan premi yang murah. Belum lagi hal ini dikaitkan dengan kelas layanan yang akan berpengaruh pada manfaat yang akan anda peroleh nantinya.

Kondisi Tertentu

Selain alasa alasan diatas, ada beberapa alasan khusus mengapa premi asuransi mahal seperti ketika anda mendaftar untuk asuransi kesehatan namun sudah membawa penyakit bawaan, atau umur anda sudah melebihi yang dianjurkan untuk mendapatkan asuransi. Dengan demikian premi asuransi akan meningkat harganya dan lebih mahal daripada produk umumnya. Oleh karena itulah sering disarankan untuk mendaftarkan diri pada asuransi di kala masih sehat atau masih muda untuk menghindari biaya premi asuransi mahal. Dan memang kenyataannya seperti itu.

Masih banyak beberapa alasan lain mengapa premi asuransi mahal jika dibandingkan dengan premi asuransi lainnya. Oleh karena itulah anda perlu memahami polis asuransi yang diberikan agar anda bisa mengerti apakah biaya yang lebih mahal tersebut akan memberikan manfaat untuk anda atau malah akan menjadi beban finansial untuk anda. Keputusan berada di tangan anda, andalah yang mengerti kebutuhan dan kemampuan finansial anda sehingga pilihan selalu kembali di tangan anda. Semoga artikel ini membantu anda untuk menentukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial anda.

Baca juga: 3 Alasan Asuransi Kesehatan Itu Penting, Apa Saja?

Related Post

Written by 

One thought on “Premi Asuransi Mahal, Apa Penyebabnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *