Salah satu fasilitas yang seringkali ditawarkan kepada pemilik asuransi adalah asuransi tambahan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat akan membeli atau menerima asuransi tambahan tersebut. Oleh karena itulah ada beberapa pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan. Apa saja? berikut ulasannya.

Gratis atau Membayar

Salah satu yang perlu dijadikan pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan yang pertama adalah apakah asuransi tambahan atau rider tersebut didapatkan dengan cara membayar atau diberikan secara cuma-Cuma. Takkan ada masalah yang akan datang apabila asuransi tambahan atau rider tersebut gratis namun akan ada masalah bila rider tersebut akan menambah biaya premi yang anda bayarkan di setiap periode pembayaran.

Namun, pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan berdasarkan berbayar atau tidak tersebut juga masih ditentukan oleh beberapa faktor lainnya. jadi, rider berbayar juga tidak selalu buruk karena asuransi yang anda miliki pun juga berbayar tetapi selama asuransi tersebut memang anda butuhkan atau memang anda sengaja untuk menginvestasikannya disitu maka anda tidak akan mengalami kerugian karenanya.

Perlu atau Tidak

Nah yang menjadi pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan selanjutnya adalah perlu tidaknya asuransi tambahan atau rider tersebut. Apabila anda memang membutuhkan rider tersebut misal asuransi tambahan tersebut menambah jumlah tertanggung dalam polis maka mungkin and abisa mempertimbangkannya untuk memberikan perlindungan untuk orang terkasih anda.

Agar anda dapat melakukan pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan lebih lanjut maka anda harus memahami rider apa saja yang yang disediakan oleh penyedia jasa asuransi. Lalu apa saja jenis asuransi tambahan atau rider yang akan memberikan manfaat untuk ana? Berikut adalah beberapa contohnya:

Pembayaran Premi Otomatis atau Automatic Premium Loan (APL)

Yang pertama untuk jenis rider adalah Automatic Premium Loan (APL). Asuransi tambahan ini memanfaatkan manfaat untuk melakukan pengaturan dari penggunaan nilai tunai uang saat pemilik asuransi lupa atau melebihi batas waktu pembayaran premi karena sesuatu hal. Karena manfaatnya itulah, maka APL dapat menjadi pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan.

Baca juga: Asuransi Yang Wajib Dipersiapkan Saat Pensiun

Pembebasan Premi

Pembebasan premi atau yang sering dikenal sebagai Waiver of premium merupakan salah satu jenis rider asuransi jiwa yang memberikan manfaat positif. Hanya saja perlu adanya pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan ini karena persayaratannya yakni keadaan yang membuat rider ini bisa diklaim adalah ketika tertanggung mengalami kecacatan permanen.

Jika terjadi demikian, maka secara sistem akan ada pembebasan premi dan pihak asuransi dalam hal ini adalah asuransi jiwa akan memberikan sejumlah dana sesuai dengan sisa yang ada. Umumnya  rider ini diajukan pada saat pendaftaran asuransi jiwa atau perpanjangan kontrak yang telah disepakati. Dengan pembiayaan kurang lebih akan menambah 5% hingga 10% harga premi asli anda sehingga menjadi pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan.

Pengembalian Premi

Pengembalian premi atau return of premi sesuai dengan namanya, akan membantu klien dalam sistem pengembalian premi sesuai dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh pihak tertanggung. Meskipun demikian, apabila pihak tertanggung masih hidup, maka preminya tidak lagi berlaku setelah jangka waktunya.

Besarnya premi yang akan dikemmbalikan berbeda antara asuransi yang satu dan yang lain. oleh karena itu rider yang satu ini juga masuk dalam daftar pertimbangan untuk membeli asuransi tambahan sebelum anda mengambil rider ini untuk kedepan.

Related Post

Written by 

One thought on “Pertimbangkan Untuk Membeli Asuransi Tambahan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *