Memiliki asuransi memang dikatakan sangat menguntungkan apabila anda mendapatkan apa yang anda butuhkan dan juga anda tidak mendapatkan beban untuk membayar premi yang merupakan kewajiban anda. Namun hal ini berbalik jika hal diatas tersebut tidak anda dapatkan. Nah, oleh karena itu ada beberapa pertimbangan untuk menutup asuransi yang sebaiknya anda pahami sebelum anda mengalami lebih banyak kerugian secara finansial. Anda bisa menutup asuransi anda selamanya atau bahkan beralih ke asuransi yang lain yang tentunya sesuai dengan kriteria dan kebutuhan anda.

Mahal

Alasan pertama yang menjadi pertimbangan untuk menutup asuransi adalah biaya premi yang mahal. Biaya premi yang mahal ini mungkin terjadi karena anda memperpanjang asuransi anda atau ada perubahan lainnya. Jika biaya premi terlalu mahal, hal ini bisa menjadi beban untuk finansial anda. Akan lebih baik jika anda mulai menghitung kebutuhan anda dan apakah asuransi dengan premi mahal tersebut termasuk prioritas untuk anda pertahankan atau bukan?

Tidak semua asuransi akan mengembalikan premi yang telah dibayarkan atau kembali 100 persen. Oleh karena itulah mengapa anda perlu adanya sebuah pertimbangan untuk menutup asuransi jika premi asuransi yang anda pilih terlalu mahal atau berubah menjadi mahal karena suatu kondisi tertentu.

Kurang dibutuhkan

Hal kedua yang bisa menjadi pertimbangan untuk menutup asuransi adalah jika asuransi yang anda miliki sejatinya adalah asuransi yang kurang dibutuhkan. Seperti misalnya anda sangat jarang melakukan klaim asuransi untuk keadaan tertentu. Memang kita tidak tahu kapan suatu masalah akan terjadi, namun jika memang anda merasa aka nada kemungkinan asuransi tersebut tidak lagi dibutuhkan maka anda bisa melakukan pertimbangan untuk menutupnya.

Memiliki asuransi didasarkan pada kebutuhan, namun apabila anda merasa hal yang anda asuransikan tidak lagi menjadi prioritas untuk diasuransikan anda dapat menghentikannya. Hal ini memang menjadi pertimbangan untuk menutup asuransi yang utama agar anda tidak terlalu memboroskan dana anda. Namun, kembali hal tersebut perlu adanya pertimbangan secara matang agar anda tidak mengalami kerugian atau penyesalan ketika anda telah menutup asuransi anda.

Klaim Yang Sulit

Selain anda tidak pernah melakukan proses klaim, salah satu yang menjadi masalah adalah anda sulit melakukan klaim apabila terjadi permasalahan. Hal tersebut bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk menutup asuransi bahwa asuransi yang anda andalkan tidak bisa dipercaya atau anda andalkan untuk menangani masalah yang sebenarnya sudah anda persiapkan.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti anda salah mengerti polis asuransi yang ada sehingga klaim anda ditolak atau memang pihak asuransi sendiri tidak melakukan pengecekan secara professional sehingga terjadi masalah yang menyebabkan klaim anda ditolak. Jika demikian, tidak ada salahnya jika anda melakukan pertimbangan untuk menutup asuransi sehingga di masa depan anda tidak mengalami permasalahan yang sama untuk menangani permasalahan yang ada.

Baca juga: Langkah Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa

Tawaran Lain

Selain faktor diatas, salah satu pertimbangan untuk menutup asuransi anda dan menggantinya dengan yang baru adalah karena adanya penawaran yang lebih baik. Mungkin anda ingin mengganti palfond asuransi kesehatan anda dengan yang lebih besar oleh karena itu anda bisa menghentikan asuransi anda sebelumnya. Dengan demikian anda hanya memilih asuransi yang memang anda butuhkan dan bermanfaat bagi anda.

Itulah beberapa pertimbangan untuk menutup asuransi yang anda miliki sekarang. Namun, mungkin anda memiliki alasan tersendiri sebagai pertimbangan yang mungkin tidak tertulis di atas. Dengan demikian, pastikan anda sudah melakukan pertimbangan secara matang.

Baca juga: Kelebihan Asuransi Karyawan, Jasa Asuransi Yang Setiap Perusahaan Butuhkan

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *