Operasi Batu Empedu

Choledocholithiasis adalah adanya batu dalam saluran empedu dan merupakan suatu kondisi umum dan bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Pada umumnya komposisi utama batu adalah kolesterol. Batu Empedu ini terbentuk di saluran empedu setiap orang, apabila dilihat dari ukurannya batu empedu ada yang berukuran seperti serpihan pasir sampai dengan seukurang bola pingpong apabila batu tersebut sudah besar harus dilakukan operasi batu empedu guna menghilangkan rasa sakit yang timbul.

Biasanya pasien mengeluhkan rasa sakit yang khas disekitaran perut, mungkin kita menganggap hanya sakit perut biasa atau naiknya asam lambung seperti sakit maag akan tetapi apabila dilakukan tindakan medis ada beberapa pemeriksaan medis yang perlu dilakukan untuk menegakan diagnosa suatu penyakit tersebut

Pengecekan dengan x-ray atau ultrasound juga bisa dilakukan jika dibutuhkan.  Ultrasound atau computerized tomography (CT) scan daerah perut adalah pemeriksaan terbaik untuk melihat gambaran kantong empedu serta mendeteksi penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala serupa dengan penyakit batu di kantung empedu.

Dokter dan team medis juga mungkin akan melakukan pemeriksaan saluran emepedu dengan melakukan pemeriksaanHepatobiliary iminodiacetic acid (HIDA), magnetic resonance imaging (MRI), atau endoscopy retrograde cholangiopancreatography (ERCP).

Teknik Penyembuhan Dan Pengobatan Dengan Operasi

  • Extracorporeal Shock Wave Lithotrips (ESWL)

Pengobatan dengan cara WSWL adalah salah satu metode pengobatan yang tidak terlalu beresiko, karena jenis terapi ini adalah mengantarkan gelombang kejut kepada batu empedu yang berada di saluran empedu, terapi ini dianjurkan apabila ukuran diameter batu empedu tersebut tidak lebih dari 2 centimeter

  • Endoscopic retrograde cholangio-pancreatography (ERCP)

Pada jenis tindakan ERCP ini dianjurkan apabila pasien tidak sanggup menjalani prosedure operasi, tindakan ERCP ini berfungsi untuk mengambil batu empedu yang berada di sekitar saluran empedu. Biasa nya tindakan ini membutuhkan waktu 2 jam dan setelah melakukan tindakan ini pasien dianjurkan untuk menjalani rawat inap 2 hari untuk memulihkan kondisi kesehatannya

  • Operasi

Metode Operasi merupakan jalan terakhir apabila dengan cara ESWL dan ERCP tidak menghasilkan optimalisasi nya dan juga karena diameter batu empedu sudah tergolong besar maka tindakan operasi ini sangat dianjurkan guna penyembuhan penyakit ini. Metode yang biasa di gunakan dan cukup populer adalah dengan cara Olesistektomi Laparoskopik, alias operasi lubang kunci. Operasi ini tidak memerlukan sayatan besar di perut pasien. Dokter bedah hanya akan membuat satu sayatan kecil di sekitar pusar, dan dua atau tiga sayatan lainnya dengan ukuran yang lebih kecil di kanan perut.

Operasi ini menggunakan bius total oleh dokter anastesi dan selama operasi pasien tidak sadar karena pengaruh bius total tersebut. Untuk itu perlu menjalani rawat inap untuk masa pemulihan sampai benar – benar sembuh pasca operasi nya.

Operasi ini adalah operasi pengangkatan kantung empedu, dan pasien tidak perlu khawatir dengan pengangkatan kantung empedu ini tidak memiliki efek terhadap aktifitas keseharian pasien karena kantung empedu bukan merupakan organ penting yang ada didalam tubuh kita

Perkiraan Biaya Untuk Operasi Batu Empedu Di Rumah Sakit

Tidak dipungkiri untuk penyembuhan dari penyakit batu empedu dengan menggunakan operasi bisa – bisa membutuhkan biaya yang cukup mahal sekali, apabila pasien dirawat inap di kamar kelas 1 saja bisa menghabiskan dana hampir Rp. 100 Juta mulai dari biaya konsultasi dokter, labotarium, tindakan bedah operasi, sampai dengan pemulihan selama di ruang perawatan di Rumah Sakit.

Biaya operasi yang setiap tahun nya naik dan semakin mahal perlu diantisipasi oleh kita semua dengan cara memiliki sebuah Asuransi Kesehatan Yang Paling Bagus agar bisa mengcover biaya selama perawatan di rumah sakit, karena resiko kesehatan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kepada kita kedepannya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *