Asuransi dikenal memiliki berbagai produk dan jenis. Kali ini kita akan mengenal sebuah jenis asuransi yang bernama unit link. Jenis asuransi inilah yang memberikan dua jenis manfaat yakni manfaat perlindungan dan manfaat investasi. Umumnya unit link ditawarkan pada asuransi jiwa. Nah, lalu apa itu asuransi unit link? Berikut beberapa ulasan tentang jenis asuransi ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan anda sebelum memilih sebuah produk asuransi untuk anda andalkan dalam kehidupan sehari hari.

Disebut sebagai produk asuransi yang memiliki dua manfaat yakni perlindungan dan juga investasi, asuransi unit link adalah sebuah bentuk modern dari sebuah asuransi. Asuransi ini memiliki jalan investasi yang kompleks sehingga anda yang menginginkan untuk mendapatkan perlindungan serta investasi di sini harus benar benar mengeri mengenai jalur dana tersebut.

Asuransi unit link dikatakan sebagai asuransi modern karena bisa memanfaatkan dana premi yang kita bayarkan untuk dikelola sebagai modal usaha atau kegiatan usaha lainnya yang bisa menghasilkan sebuah keuntungan bagi pesertanya. Hal ini memang hampir serupa dengan asuransi umumnya, namun unit link memiliki kaitan yang lebih erat dengan pasar modal sehingga perlu pemahaman yang ekstra tertuama bagi mereka yang menginginkan untuk bergabung dengan asuransi jenis ini.

Setiap bentuk usaha selalu ada konsekuensi kerugian yang mungkin datang. Hal ini juga terjadi pada asuransi unit link yang tidak lepas dari resiko usaha. Asuransi unit link mengandalkan pasar modal untuk mendapatkan manfaat investasi, namun keuntungan dari pasar modal ini tentu saja bersifat fluktuatif, terkadang akan memberikan keuntungan dan kadang pula akan jatuh harganya. Nah, oleh karena itu kehandalan perusahaan asuransi dalam mengelola investasi dari premi yang dibayarkan oleh pemilik asuransi sangatlah perlu.

Baca juga: Asuransi Adalah Investasi Rendah Resiko, Alasannya?

Banyak orang yang menghindari atau berhati hati dengan jenis asuransi ini. meskipun dari sisi lain, mereka tetap akan mendapatkan perlindungan dari asuransi yang mereka miliki. Namun, salah satu hal yang membuat perusahaan asuransi dipercaya adalah bagaimana perusahaan itu mengatur keuangannya sehingga tetap memiliki kemampuan finansial yang stabil. Dengan demikian asuransi unit link bisa dimanfaatkan dengan baik bergantung dari pengalaman perusahaan asuransi dalam mengelola dan mengawasi pergerakan pasar modal.

Ada beberapa manfaat dari asuransi unit link yang menjadi hal yang tidak bisa ditolak oleh mereka yang menginginkan perlindungan dan manfaat investasi. Hal tersebut seperti banyaknya perlindungan tambahan atau yang lebih umum disebut sebagai rider. Perlindungan tambahan ini banyak diberikan baik secara gratis maupun anda harus membayar premi yang umumnya juga lebih murah.

Manfaat lain dari asuransi unit link yang sering ditawarkan adalah uang premi yang telah anda bayarkan seluruhnya bisa kembali secara utuh. Dengan demikian, anda benar benar mendapatkan manfaat investasi yakni modal anda kembali 100% dan anda mendapatkan manfaat perlindungan dari asuransi baik dengan klaim maupun tidak dengan klaim.

Yang pasti dari manfaat asuransi unit link adalah anda menemukan jalan untuk berinvestasi secara mudah, teratur dan yang pasti memberikan anda manfaat. Bahkan manfaat tersebut diberikan ganda yakni manfaat asuransi yakni perlindungan terhadap segala sesuatu yang mungkin akan mengeluarkan banyak dana atau pengeluaran yang besar hingga manfaat dari premi yang telah kita bayarkan dan diinvestasikan sehingga apa yang kita bayarkan atau modal bisa kembali secara utuh.

Nah itulah beberapa hal mengenai asuransi unit link yang mungkin akan menambah wawasan anda mengenai jenis jenis asuransi yang ada.

Related Post

Written by 

2 thoughts on “Mengenal Jenis Asuransi Unit Link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *