Dalam berasuransi di era modern ini, ada beberapa istilah yang mungkin belum anda pahami. Beberapa istilah ini ada yang ditujukan untuk menguntungkan pemilik polis atas kesetiaannya dengan pihak asuransi seperti selalu membayar premi tepat waktu atau telah memiliki rekanan selama beberapa tahun tertentu. Salah satunya adalah cuti premi asuransi. Apa itu cuti premi serta dampaknya untuk anda? berikut ulasannya.

Cuti Premi adalah jangka waktu tertentu dimana nasabah diperbolehkan untuk berhenti melakukan pembayaran premi namun tetap mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut atau polis masih tetap akan berlaku sepanjang ketentuan tertentu seperti Nilai Investasi yang anda miliki cukup untuk membayar biaya-biaya asuransinya atau perlindungan yang ada.

Istilah Cuti Premi ini sama seperti fasilitas cuti yang dimiliki oleh karyawan yang di berikan oleh perusahaan untuk tidak masuk kerja namun tetap mendapatkan haknya seperti sudah masuk kerja. Sedangkan cuti dalam hal asuransi juga merupakan fasilitas serupa yang di berikan perusahaan asuransi kepada nasabahnya atau pemilik polis.

Manfaat utama dari Cuti Premi  ini sangat penting bagi pemilik polis atau nasabah asurnasi. Dengan fasilitas ini pemilik polis atau nasabah dapat kembali menyesuaikan kestabilan keuangan atau kemampuan finansialnya yakni menyimpan dana yang semestinya digunakan untuk pembayaran premi untuk digunakan di tujuan lainnya.

Cuti Premi tersebut juga menjadi fasilitas dari asuransi tertentu yang diberikan perusahaan asuransi dengan persyaratan tertentu sehingga terjamin kelegalannya atau dalam hal ini memang sah untuk diambil oleh pemilik polis. Perusahaan asuransi juga kerap memanfaatkannya sebagai salah satu bentuk promosi untuk produk asuransinya.

Baca juga: 4 Kesalahan Saat Membeli Asuransi

Lalu kapan adanya Cuti Premi tersebut bisa dimanfaatkan? Waktunya sangat bergantung pada pihak perusahaan asuransi itu sendiri dengan persyaratan yang bisa berbeda beda seperti contohnya adalah seperti telah memenuhi keanggotaan asuransi selama beberapa tahun atau bahkan persyaratan lainnya.

Contoh lainnya Setiap perusahaan asuransi menerapkan syarat dan ketentuan masing-masing. Seperti bahkan bisa di ajukan sejak awal pengajuan polis (beli asuransi) yang juga tercakup dalam perjanjian, atau di pertengahan perjalanan kepemilikan asuransi tanpa permasalahan tertentu selama lima tahun sejak tanggal polis dikeluarkan.

Yang lainnya yang juga bisa dijadikan persyaratan untuk Cuti Premi yakni apabila Nilai Investasi yang dimiliki oleh pemilik polis sudah mencapai level yang cukup untuk membayar biaya- biaya asuransi seperti apabila akan ada proses klaim. Dengan demikian, pihak asuransi bisa menawarkan fasilitas ini untuk anda.

Lamanya Cuti Premi juga tidak diatur sama untuk setiap perusahaan asuransi tertentu. Namun, ada dampak negatif apabila anda mengambil fasilitas ini terlalu dini atau terlalu lama sehingga perlu adanya kehati-hatian ketika anda akan memanfaatkan fasilitas ini untuk kedepannya.

Dampak yang bisa diakibatkan oleh Cuti Premi adalah apabila anda mengambil fasilitas ini terlalu dini atau diawal maka sebagai dampaknya adalah Uang Pertanggungan  yang nantinya akan diterima tidak akan maksimal. Hal ini akan diperburuk lagi apabila jumlah setoran preminya kecil sehingga sangat tidak disarankan.

Alasannya adalah karena fasilitas Cuti Premi itu berarti pihak pemilik polis atau nasabah berhenti melakukan setor premi kemudian membiarkan nilai investasi yang sudah dimiliki digunakan untuk membayar biaya-biaya asuransi setiap bulannya. Padahal, jika terus terpakai maka semakin lama nilai investasinya akan habis.

Dampak terburuk apabila nilai investasinya habis atau saldo investasinya habis maka akan muncul kemungkinan polis beresiko dan menjadi lapse atau gugur dan anda tidak akan mendapatkan manfaat asuransi karena Cuti Premi tersebut. Oleh karena itu, perhitungkan baik-baik kebutuhan anda.

 

 

Related Post

Written by 

One thought on “Mengenal Cuti Premi serta Dampaknya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *