Mengawali untuk memiliki asuransi pribadi sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Yang membuatnya menjadi sulit adalah karena banyaknya pilihan dengan berbagai penawaran dan juga kelebihan yang diberikan. Berbeda dengan asuransi karyawan yang telah secara khusus diperuntukkan untuk karyawan sehingga memiliki tujuan serta layananyang sesuai dengan kebutuhan karyawan. Namun untuk asuransi pribadi, pilihannya semakin bervariasi dan mungkin akan membingungkan bagaimana untuk memilih salah satunya. Nah berikut ini ada beberapa saran bagaimana seharusnya anda mengawali untuk memilih saah satu asuransi pribadi untuk pelrindungan atau investasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda memilih asuransi yang tepat untuk anda miliki.

Asuransi Utama

Untuk memiliki asuransi pribadi, akan lebih baik jika anda lebih dahulu mempertimbangkan asuransi utama yang ada. Yang merupakan asuransi utama adalah asuransi yang sebaiknya terlebih dahulu untuk dimiliki seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi dana pensiun bagi anda yang bekerja. Mengapa demikian? Karena asuransi tersebut merupakan asuransi yang akan memberikan jaminan pelrindungan pada kebutuhan primer anda seperti kesehatan.

Dengan memiliki asuransi pribadi yang merupakan asuransi primer, kesejahteraan atau kebutuhan primer anda bisa terjamin dengan baik sesuai dengan cakupan jaminannya yang setelahnya bisa anda tambahkan asuransi lainnya. Namun untuk kondisi tertentu, misalnya karena faktor keutamaan, asuransi seperti asuransi kendaraan juga bisa berubah menjadi sebuah asuransi utama bagi seseorang meskipun ada asuransi kesehatan.

Sesuai Kebutuhan

Memang memiliki asuransi pribadi yang sebaiknya dimiliki terlebih dahulu adalah asuransi utama seperti asuransi kesehatan, asuransi dana pensiun maupun asuransi jiwa. Namun yang paling penting adalah anda mencari asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda ingin menginvestasikan dana anda untuk kesehatan, maka asuransi kesehatan lah yang anda butuhkan dan harus anda utamakan.

Namun, hal yang berbeda juga bisa terjadi seperti anda menginginkan untuk menjaga property milik anda sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang mungkin akan mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya. Oleh karena itulah, anda bisa memiliki asuransi pribadi berupa asuransi perlindungan property seperti asuransi rumah atau asuransi kendaraan.

Dengan memiliki asuransi pribadi yang sesuai dengan kebutuhan anda, maka kepemilikian asuransi bisa bermanfaat dan anda tidak hanya sekedar menambah beban bagi pengeluaran anda untuk setiap bulannya atau setiap periode tertentu pembayaran premi.

Baca juga: Alasan Untuk Memiliki Asuransi Pribadi Bukan Dari Perusahaan

Sesuai Dengan Kemampuan Finansial

Selain memiliki asuransi pribadi berdasarkan kebutuhan serta disarankan untuk memiliki asuransi utama terlebih dahulu, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah untuk memilih asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Kemampuan finansial ini akan menentukan apakah investasi anda melalui asuransi memang bisa berjalan dengan baik ataukah akan menjadi beban untuk anda setiap bulannya.

Disarankan untuk anda yang baru akan memulai untuk memiliki asuransi pribadi untuk memilih asuransi dengan premi yang tidak memiliki harga lebih dari 20% dari pendapatan anda. Jikalau anda memilih untuk memiliki asuransi dengan biaya premi lebih dari 20% karena manfaat serta plafond besar yang ditawarkan maka anda harus benar benar dapat mengatur pendapatan anda selebihanya agar tidak mengalami masalah atau beban keuangan karena adanya asuransi.

Nah itulah beberapa saran bagi anda yang ingin memulai untuk memiliki asuransi pribadi, semoga artikel ini membantu dan anda dapat memilih jenis asuransi yang sesuai dan juga yang pastinya bermanfaat bagi anda nantinya.

Baca juga: Apa Asuransi Yang Sebaiknya Dipilih, Asuransi Karyawan atau Asuransi Pribadi?

Related Post

Written by 

One thought on “Mengawali Untuk Memiliki Asuransi Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *