Medical check up atau cek medis adalah salah satu syarat yang sering diajukan kepada calon pemilik asuransi oleh perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Medical check up ini memang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi untuk tujuan tertentu yang akan dibahas selanjutnya. Namun, ada juga perusahaan asuransi yang tidak memasukkan rekam cek medis sebagai salah satu persyaratannya. Nah dengan penjelasan berikut ini semoga anda bisa mengerti mengapa ada medical check up untuk asuransi kesehatan?

MCU atau Medical Check Up untuk asuransi kesehatan sangat diperlukan untuk menghindari calon pemilik asuransi kesehatan yang sudah memiliki keadaan kesehatan yang kurang baik. Alasannya adalah aka nada kemungkinan bahwa pemilik asuransi akan langsung melakukan klaim tanpa adanya waktu investasi terlebih dahulu. Klaim ini tentunya bergantung pada tingkat kesehatan yang dimiliki oleh pemilik asuransi. Apabila keadaaannya sudah cukup parah, perusahaan asuransi akan mengalami kerugian karena belum bisa mendapatkan pengembangan dari investasi dari pembayaran premi nasabah. Hal inilah yang dihindari oleh pihak asuransi keshatan.

Medical check up untuk asuransi kesehatan juga dilakukan untuk mengetahui penyakit atau gangguan kesehatan bawaan yang sebelumnya sudah dibawa atau sudah ada pada diri pasien. Hal itu beralasan karena memang ada cakupan jaminan asuransi kesehatan untuk penyakit tertentu. Apabila terjadi gangguan kesehatan yang mengakibatkan pemilik asuransi masuk ke rumah sakit dan mengalami rawat inap akbiat penyakit yang tidak tertanggung oleh asuransi, maka klaim terhadap asuransi bisa ditolak atau asuransi tidak akan membantu untuk biaya pengobatannya.

Syarat medical check up untuk asuransi kesehatan juga umumnya menjamin untuk plafond yang lebih besar daripada produk asuransi yang tidak mensyaratkan untuk memberikan tes kesehatan atau medical check up tersebut. Hal ini dikarenakan karena kemungkinan besar terjadinya klaim adalah pada pengaju produk asuransi yang tidak memiliki medical check up. Hasilnya bagi mereka yang tidak mensyaratkan adanya MCU adalah premi yang kecil dan juga plafond yang kecil.

Nah, bagi anda yang belum memiliki asuransi kesehatan akan lebih baik melihat dulu perbedaan antara produk asuransi kesehatan yang mensyaratkan antara perlunya medical check up untuk asuransi kesehatan dengan asuransi kesehatan yang tidak membutuhkan medical check up. Setelah itu anda bisa mempertimbangkan apa yang akan anda pilih dan mana yang sesuai dengan keadaan anda sejujurnya dengan medical check up. Apabila memang anda sudah memiliki penyakit bawaan, maka akan lebih baik anda jujur terhadap informasi tersebut dan mengajukan pada asuransi kesehatan yang tidak membutuhkan MCU.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengajukan asuransi yang membutuhkan medical check up untuk asuransi kesehatan, akan lebih baik jika anda melakukan check up saat kondisi anda benar benar sehat. Dengan demikian pengajuan asuransi kesehatan atau asuransi lainnya juga bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.

baca juga: Apa Saja Faktor Memilih Asuransi Kesehatan

Sebagai tambahan yang juga turut mempengaruhi dalam pengajuan asuransi kesehatan selain medical check up untuk asuransi adalah umur. Bagi beberapa perusahaan asuransi tertentu, umur juga akan berpengaruh terhadap jumlah premi yang harus dibayar. Selain mendaftarkan diri saat sedang dalam kondisi tubuh yang sehat dan optimal, rencanakan juga anda mendaftarkan diri selama berada di usia produktif sehingga kemungkinan untuk diterima sebagai nasabah asuransi semakin besar dengan cakupan jaminan yang memberikan manfaat untuk anda.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *