Apakah anda harus mengandalkan tabungan anda saja? Apakah anda sebaiknya mengandalkan asuransi yang anda miliki saja? Ternyata tidak demikian. Banyak pakar ekonomi menyatakan bahwa akan lebih baik jika anda mengandalkan kombinasi asuransi dan tabungan untuk kepentingan finansial anda. Alasannya, masing masing baik asuransi maupun tabungan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jika anda bisa mendapatkan manfaat dari keduanya, maka akan ada hasil yang lebih baik yang akan anda dapatkan dan tentunya manajemen keuangan anda yang akan anda persiapkan untuk masa depan dapat menghasilkan hasil yang lebih baik. Lalu seperti apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk kombinasi diantara asuransi dan tabungan ini?

Keuntungan dan Kekurangan Tabungan

Memang benar bahwa sebelum anda melakukan kombinasi asuransi dan tabungan anda harus mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Untuk kelebihan atau keuntungannya, tabungan lebih flexible untuk urusan penyimpanan dan pengeluaran. Anda bisa menyetorkan dana anda berapapun dan kapanpun anda mau ke bank untuk disimpan dan juga anda juga dapat menarik dana dari rekening tabungan anda berapapun dan kapanpun anda mau.

Kekurangan dari tabungan sehingga harus ada kombinasi asuransi dan tabungan adalah dana yang kita setorkan ke bank tidak akan berbeda jauh. Dengan demikian anda tidak akan mendapatkan hasil investasi dan itu berarti segala pembiayaan harus anda bayar sendiri. Oleh karena itulah, anda tetap membutuhkan asuransi untuk menangani permasalahan yang mungkin akan menjadi pengeluaran yang besar.

Baca juga: Pertanyaan Umum Soal Asuransi Kesehatan

Asuransi Lebih Stabil

Asuransi memiliki dana yang lebih stabil daripada tabungan. Bahkan dana yang anda serangkan akan berkembang karena akan menjadi investasi anda. Biaya yang akan dikeluarkan oleh pihak asuransi untuk menangani permasalahan dana yang terjadi tentu saja akan lebih besar daripada yang anda setorkan karena adanya investasi tersebut. Namun, tentu saja asuransi memiliki kekurangan yang menyebabkan anda harus melakukan kombinasi asuransi dan tabungan untuk berjaga jaga.

Kekurangan dari asuransi yakni adalah untuk mengeluarkan uang atau jaminan tidak bisa dilakukan di setiap waktu. Ada peraturan yang mengikat anda dalam polis dan ketika anda akan membutuhkan hasil investasi anda tersebut anda harus melakukan proses klaim. Padahal proses klaim itu sendiri sangat terbatas untuk keadaan tertentu yang telah dijamin oleh pihak asuransi dan tercantum di polis asuransi. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika anda melakukan kombinasi asuransi dan tabungan karena tabungan memiliki kelebihan untuk menangani hal hal yang tidak ada dalam jaminan asuransi sedangkan asuransi mampu memberikan bantuan untuk kejadian kejadian yang memiliki pengeluaran besar seperti biaya kesehatan dan rawat inap.

Baca juga: Mengawali Untuk Memiliki Asuransi Pribadi

Kombinasi Keduanya

Dengan melakukan kombinasi asuransi dan tabungan maka anda memiliki jawaban untuk kebutuhan yang akan saling menutupi. Untuk kejadian yang tidak tercantum dalam klaim asuransi anda bisa mengandalkan tabungan anda, namun untuk kejadian yang umumnya akan membutuhkan dana yang besar akan terjamin oleh asuransi yang anda miliki. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir jika nilai dana tabungan anda menurun karena terus terusan ada pengeluaran dana karena pihak asuransi akan membantu sesuai dengan asuransi yang anda miliki.

Namun, pastikan anda juga memiliki asuransi yang tepat dan sesuai dengan baik kebutuhan anda maupun kemampuan finansial anda agar asuransi tidak menjadi beban finansial atau malah menjadi beban untuk tabungan anda. Semoga artikel mengenai kombinasi asuransi dan tabungan ini dapat membantu anda merumuskan investasi keuangan anda di masa depan.

 

Related Post

Written by 

One thought on “Manfaat Kombinasi Asuransi dan Tabungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *