Proses klaim tidak selalu berjalan mulus. Terkadang akan ada klaim asuransi yang ditolak karena suatu hal. Jika anda mengalami hal tersebut ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Namun sebelum menindaklanjuti penolakan klaim tersebut, ada juga yang perlu anda perhatikan dan juga anda mengerti. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang anda harus atau bisa lakukan ketika klaim asuransi ditolak. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk memahami anda dalam berasuransi.

Pahami Alasan Penolakan Klaim

Langkah pertama atau yang paling penting ketika klaim asuransi ditolak adalah mendengarkan dengan penting penjelasan atas penolakan klaim tersebut. Penjelasan dari penolakan klaim tersebut adalah hak dari tertanggung asuransi atau dalam hal ini pemiliki asuransi. Perlunya anda mendengarkan penjelasan penolakan klam ini penting untuk anda melakukan langkah selanjutnya. Hal ini juga akan menjadi pertimbangan apakah anda akan tetap melanjutkan proses klaim, menghentikan klaim atau membawa klaim pada BMAI atau Badan Mediasi dan Arbitrase Indonesia.

Lakukan Langkah Yang Mungkin

Langkah yang mungkin bisa diambil bergantung pada alasan yang dikemukakan atas penolakan klaim tersebut. Contohnya adalah apabila ternyata dalam proses klaim tersebut ternyata tidak merupakan hal yang terjamin dari pihak asuransi. Maka alasan klaim asuransi ditolak sudah jelas dan anda tidak perlu mengajukan klaim.

Berbeda dengan alasan pabila klaim asuransi ditolak dengan alasan kurang memenuhi persyaratan dan waktu pengajuan klaim masih dalam masa pengajuan, maka anda bisa mencoba mendiskusikan dengan pihak asuransi dan kemudian melengkapi kelengkapan dari persyaratan yang dibutuhkan. Apabila proses ini berhasil, maka proses klaim anda yang sebelumnya ditolak bisa berubah menjadi diterima.

Apabila klaim asuransi ditolak dan anda memiliki sedikit waktu untuk melengkapi persyaratan yang kurang pada kasus yang sama seperti diatas, anda bisa mendiskusikannya dengan pihak asuransi sebelum berhenti memutuskan untuk berhenti mengajukan proses klaim. Namun anda kembali harus membaca isi dari polis anda karena disitulah letak kesepakatan antara pihak asuransi dan tertanggung atau pemilik asuransi.

Baca juga: Tips Sukses Klaim Asuransi

Mengajukan Masalah Pada BMAI

BMAI adalah singkatan dari Badan Mediasi dan Arbitrase Indonesia. Badan ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 silam. Permasalahan asuransi yang umum terjadi dan salah satunya adalah klaim asuransi ditolak bisa dibantu untuk diselesaikan oleh badan milik negara yang satu ini. Pertama tama anda harus mengisi formulir untuk kepentingan investigasi suatu sengketa.

Sengketa yang diajukan pada BMAI adalah sengketa klaim asuransi ditolak yang menurut anda diluar alasan yang wajar. Alasan tersebut tentunya sudah anda cek kembali ke dalam isi dari polis yang anda miliki. Apabila anda yakni bahwa penolakan klaim tersebut itu adalaah mengada ada atau tidak sesuai dengan polis asuransi, langkah untuk mengajukan masalah pada BMAI adalah langkah yang tepat. Namun anda juga harus mengetahui persyaratan pengajuan sengketa kepada BMAI sehingga sengketa tersebut pun tidak ditolak.

Nah, itulah langkah langkah yang bisa anda ambil ketika klaim asuransi ditolak oleh pihak asuransi. Umumnya penolakan tersebut terjadi karena tidak sesuai dengan polis asuransi yang ada dalam perjanjian, pengajuan klaim tidak memenuhi persyaratan, waktu pengajuan yang melebihi masa pengajuan serta masalah lainnya seperti pembayaran premi yang tertunda. Namun dengan memahami alasan dari penolakan klaim asuransi tersebut, anda bisa melakukan langkah langkah yang tepat dan anda tidak akan mendapatkan kerugian atas sengketa tersebut.

Baca juga: Tips Agar Klaim Asuransi Tidak Ditolak

Related Post

Written by 

One thought on “Lakukan Hal Ini Ketika Klaim Asuransi Ditolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *