Klaim Asuransi Kesehatan

Kondisi Kesehatan yang tidak bisa kita kendalikan bisa berujung kepada kesehatan diri kita yang tidak baik apalagi kita memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti memakan makanan siap saji dan tingkat stres yang tinggi ini merupakan salah satu faktor pencetus nya sebuah penyakit yang ada di dalam diri kita. Pada saat itu lah sebuah perlindungan asuransi kesehatan sangat diperlukan bagi kita, lalu bagaimana langkah – langkah nya apabila kita sudah memiliki asuransi dan ingin mengajukan klaim asuransi kesehatan agar klaim asuransi kesehatan yang kita miliki tidak di tolak pengajuan nya saat kita membutuhkan nya.

Hak Nasabah Sebagai Seorang Tertanggung Asuransi Kesehatan

Benefit asuransi kesehatan yang dimiliki tertanggung merupakan hak yang akan di dapat tertanggung atau nasabah apabila mengalami resiko sakit ataupun kecelakaan yang memerlukan pengobatan baik rawat inap di rumah sakit maupun pengobatan rawat jalan di klinik ataupun rumah sakit.

Artikel Terkait :

Asuransi Kesehatan Terbaik Tahun 2019

Semua klaim asuransi yang anda miliki bisa di ajukan pada saat terjadi kondisi rawat inap yang di sebabkan oleh sakit maupun kecelakaan yang sesuai dengan persyaratan yang tertera di Buku Polis Asuransi. Dan tidak sedikit juga klaim asuransi kesehatan seorang tertanggung di tolak oleh perusahaan asuransi karena tidak sesuai dengan ketentuan klaim.

Mengapa Klaim Asuransi Kesehatan Bisa Di Tolak Oleh Perusahaan Asuransi

Baca Dan Pelajari Syarat & Ketentuan Polis Yang Anda Miliki
  • Pengecualian Dalam Polis.

Pengecualian Polis biasa nya terjadi apabila calon tertanggung mengajukan asuransi kepada perusahaan asuransi dengan kondisi sudah memiliki penyakit, misalnya saja calon tertanggung sudah memiliki riwayat Amandel atau Tonsilitis tentu saja pengajuan polis asuransi kesehatan nya akan dikenakan pengecualian terhadap penyakit Tonsil nya tersebut sampai dilakukan nya tindakan operasi dan biasanya bisa dilakukan tinjau ulang setelah dua tahun dan telah melakukan tindakan pembedahan operasi terhadap tonsil yang ada pada diri tertanggung. Apabila calon tertanggung melakukan klaim operasi dengan polis pengecualian penyakit ini tentu saja klaim asuransi nya akan di tolak karena sudah jelas di awal dan buku polis nya sudah memiliki keterangan terhadap klaim penyakit tersebut.

Artikel Terkait

Sudah Memiliki Asuransi Kesehatan Dari Kantor Apa Perlu Punya Asuransi Kesehatan Pribadi

  • Non Disclosure. (penyembunyian fakta atau pemberian keterangan yang tidak benar). & Pre Existing Condition
    (Penyakit sudah diderita sebelum Polis terbit).

Penyembuyian fakta kesehatan yang sebenar nya pada saat pengajuan polis bisa menyebabkan klaim asuransi anda pun bisa di tolak karena pada saat klaim history kesehatan anda akan terbaca apabila anda memiliki catatan kesehatan di rumah sakit. Dengan demikian bahwa sebenarnya anda telah memiliki penyakit sebelum pengajuan polis dan tidak menyampaikan history penyakit yang sudah ada pada surat pengajuan asuransi jiwa yang anda telah tanda tangani.

  • Tidak Memenuhi Kriteria Klaim.

Pada kasus ini biasa nya terjadi pada asuransi penyakit kritis yang akan kita klaim berupa uang pertanggungan yang nilai nya sesuai dengan yang tertera pada buku polis, akan tetapi suka ditemukan bahawasanya klaim belum bisa di ajukan karena belum memenuhi persyaratan klaim. Disini kita ambil kondisi kritis SLE atau Penyakit Lupus, pada syarat klaim dan ketentuan polis di jelaskan dengan jelas klaim SLE atau Lupus bisa di ajukan apabila sistem imun sudah merusak pada organ penting seperti ginjal atau paru – paru dan telah dilakukan Biopsi dan dari hasil Patalogi Biopsi tersebut benar ada nya kerusakan jaringan pada organ penting tersebut.

Artikel Terkait

Apakah Seorang Karyawan Memerlukan Asuransi Penyakit Kritis

Jadi ada klaim yang di ajukan seorang tertanggung di rawat inap dan telah di tangani oleh dokter spesialis immunologi & rhemoutology namun tidak melampirkan hasil patalogi kerusakan organ penting seorang pasien atau tertanggung tentu saja dalam hal ini klaim asuransi penyakit kritis belum bisa cair.

  • Polis Lapse (tidak aktif).

Dalam kondisi ini yaitu polis lapsed tentu saja manfaat asuransi yang di miliki oleh seorang nasabah tidak bisa di gunakan, istilah lain dari lapsed itu sendiri adalah polis sedang di bekukan dan tidak aktif karena pemegang polis tidak membayar premi yang sesuai ditentukan pada buku polis. Untuk lakukan pemulihan polis Anda cukup hubungi agen asuransi anda dan lakukan pembayaran premi yang tertunggak ke No Polis anda dan lampirkan formulir pemulihan polis beserta data kesehatan terkini untuk di proses oleh bagian analisis dan apabila disetujui maka akan dikenakan masa tunggu 30 hari biasa nya untuk asuransi kesehatan nya dan setelah melewati masa tunggu 30 hari tersebut klaim kesehatan bisa anda gunakan kembali.

  • Klaim Asuransi Kesehatan Diajukan Dalam Masa Tunggu 30 Hari Setelah Polis Disetujui/Setelah Pemulihan Disetujui.

Setelah pengajuan polis baru biasa nya agen asuransi menjelaskan tentang masa tunggu selama 30 hari untuk aktifasi layanan kesehatan yang akan anda dapatkan selama masa tunggu ini kita tidak bisa melakukan klaim rawat inap kecuali klaim yang di sebabkan oleh kecelakaan, apabila sehubung dengan klaim kecelakaan yang tidak memerlukan perawatan klaim dapat diajukan secara reiumbuse kepada perusahaan asuransi akan tetapi apabila klaim kecelakaan yang memerlukan perawatan rawat inap kaliam bisa langsung di ajukan di rumah sakit dengan cara cashless.

  • Klaim Asuransi sakit Kritis Diajukan Dalam Masa Tunggu 90 hari Setelah Polis Disetujui/Setelah Pemulihan Disetujui.

Asuransi Penyakit Kritis biasa nya memiliki masa tunggu yang lebih panjang, pada umum nya masa tunggu kondisi kritis berlangsung 90 hari Setelah Polis Disetujui/Setelah Pemulihan Disetujui. Setelah melewati masa tunggu klaim uang pertanggungan asuransi sakit kritis bisa dilakukan dengan melengkapi dokument – dokument yang diperlukan.

Artikel Terkait

Asuransi Kesehatan Platinum Card On Bill Terbaik di Indonesia

  • Tidak Memiliki Produk Yang Akan Diklaim.
Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan Rawat Inap VIP Platinum Card On Bill

Bagaimana bisa klaim asuransi nya apabila kita sendiri tidak memiliki produk asuransi yang dapat kita klaim, banyak kasus dilapangan nasabah asuransi hanya memiliki asuransi kesehatan berupa santunan rawat inap saja dan nasabah berpikir bahwa asuransi yang di miliki nya dapat mengcover biaya perawatan apabila resiko sakit atau kecelakaan menimpa diri nya dan pada kenyataan nya asuransi kesehatan yang di miliki nya adalah asuransi santunan rawat inap saja yang memberikan sejumlah nilai uang pertanggungan di kali berapa lama nya pasien menjalani rawat inap di rumah sakit dan tidak lebih itu serta klaim nya pun di ajukan secara reiumbuse ke perusahaan asuransi yang dimiliki nya. Jadi pastikan polis asuransi kesehatan yang anda miliki memiliki kartu kesehatan yang berfungsi sebagai pengcoveran biaya rawat inap secara cashless di rumah sakit.

Tips – Tips Dan Cara Agar Klaim Anda Tidak Di Tolak Oleh Perusahaan Asuransi

Pertama – tama pastikan terlebih dahulu data riwayat kesehatan anda yang sebenarnya sampaikan pada agen asuransi anda agar tertulis pada surat pengajuan asuransi jiwa yang akan anda ajukan, dan setelah polis disetujui cek kembali apakah pengajuan polis anda standart atau substandart biasa nya apabila polis anda substandart ada ketentuan – ketentuan khusus yang tidak bisa anda klaim kedepan nya. Kedua pahami masa tunggu klaim pada setiap produk asuransi yang anda beli agar anda mengetahui apakah polis anda sudah melewati masa tunggu nya, ketiga lakukan pembayaran premi menggunakan kartu kredit atau autodebet rekening tabungan agar terhindar dari kelupaan bayar premi yang menyebabkan polis anda lapsed.

Demikian ulasan megenai mengapa Klaim Asuransi Kesehatan Anda di tolak dan setelah anda membaca nya semoga menambah wawasan dan akan mengetahui terhadap ketentuan polis yang anda miliki. Dan jangan lupa bagikan artikel ini apabila sangat bermanfaat bagi nasabah – nasabah anda atau saudara – saudara anda yang sesama nasabah dari asuransi kesehatan yang dimiliki nya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *