Asuransi memang akan memberikanmanfaat bagi pemegang polis atau dalam hal ini merupakan nasabah dari perusahaan asuransi. Banyak hal yang ditawarkan oleh asuransi yang membuat calon nasabah tertarik. Padahal tidak semua asuransi tersebut baik untuk anda. berikut ini ada 4 kesalahan saat membeli asuransi yang mana perlu untuk anda perhatikan agar tidak memberikan kerugian untuk anda. Apa sajakah kesalahan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Menganggap Asuransi Sebagai Investasi

Hal ini merupakan kesalahan saat membeli asuransi yang umum dipikirkan oleh calon pembeli asuransi. Para calon nasabah ini berusaha mencari asuransi yang akan memberikan keuntungan dana yang besar dari premi yang mereka bayarkan. Padahal sebenarnya asuransi jauh berbeda dengan investasi yang mengharapkan keuntungan.

Keuntungan yang anda dapatkan dari asuransi adalah berupa jasa dimana asuransi berusaha meringankan beban apabila terjadi sesuatu hal yang sebelumnya telah terlindungi oleh asuransi. Seperti contohnya adalah asuransi kematian yang tidak akan mencegah kematian, namun akan membantu keluarga yang ditinggalkan dengan apa yang telah dibayarkan melalui premi.

2. Tidak Memahami Pertanggungan Yang Sesuai

Untuk kesalahan saat membeli asuransi selanjutnya adalah tidak memahami pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda mengharapkan biaya pertanggungan yang nantinya akan digunakan untuk membayar biaya rumah sakit dengan fasilitas kelas 1 maka anda tidak bisa mengharapkannya pada asuransi dengan premi minim.

Kesalahan saat membeli asuransi ini juga masih berhubungan dengan poin nomor 1 dimana asuransi dianggap sebagai investasi yang mana diharapkan akan memberikan hasil yang besar dengan memilih premi yang kecil. Jika kebutuhan atau keinginan anda untuk mendapatkan pelayanan kelas satu dari rumah sakit terutama rumah sakit keluar negeri maka biaya premi yang harus dibayarkanpun akan sesuai.

Baca juga: Ciri Asuransi Yang Sudah Sesuai Untuk Anda

3. Salah Menetapkan Tertanggung

Hal ini menjadi salah satu kesalahan saat membeli asuransi bagi mereka yang baru membeli asuransi. Salah menetapkan pihak tertanggung ini terjadi apabila anda tidak menetapkan mereka yang berpenghasilan sebagai pihak tertanggung atau pihak yang tercover oleh asuransi. Alasannya, apabila pihak yang berpenghasilan tidak lagi berpenghasilan maka asuransi akan memberikan bantuan untuk anda.

4. Tergiur Asuransi Pendukung

Tidak sedikit yang menyarankan untuk membeli asuransi pendukung atau asuransi tambahan yang disebut rider ketimbang membeli dua jenis asuransi. Padahal hal tersebut sama merugikannya dan hal ini adalah salah satu kesalahan saat membeli asuransi. Biasanya memang asuransi tambahan ini sangat menggiurkan namun bisa membengkakkan premi anda.

Oleh karena itulah jangan sampai tergiur dengan asuransi tambahan atau rider apabila itu diluar kemampuan finansial anda. hal tersebut bisa menjadi salah satu kesalahan saat membeli asuransi yang sebaiknya dihindari karena efeknya akan memberatkan kemampuan finansial anda dalam membayar premi yang terbebani rider.

Itulah ke empat kesalahan saat membeli asuransi yang perlu diperhatikan agar anda tidak tergiur dan mengambil keputusan tanpa berpikir jauh lebih dulu. Akan lebih baik jika anda juga mempertimbangkannya dengan ahli yang dapat memberikan gambaran sebelum anda membeli asuransi tertentu.

Penawaran yang diberikan oleh asuransi memang terlihat menggiurkan, namun salah langkah tertentu maka dampaknya bisa memberatkan finansial atau bahkan merugikan anda bukan lagi memberikan manfaat atau keuntungan dari asuransi yang anda miliki polisnya. Semoga melaui ke empat kesalahan saat membeli asuransi diatas membuat kita lebih berhati-hati.

Related Post

Written by 

One thought on “4 Kesalahan Saat Membeli Asuransi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *