Banyak yang bertanya mengapa asuransi termasuk kedalam suatu investasi? Jawabnnya tentu saja karena asuransi memberikan keuntungan atau benefit bagi si pemilik. Lalu bagaimana dengan hasil atau benefit investasi tersebut? Jawabnnya tidak selalu dalam bentuk uang. Beberapa memang akan memberikan dana atau uang sebagai benefit dari investasi namun beberapa juga memberikan benefit berupa jaminan perlindungan sehingga tidak terjadi pengeluaran dana yang membengkak. Namun kapan asuransi karyawan benar terasa manfaatnya? Berikut ini ulasannya.

Saat Terjadi Kecelakaan Kerja

Asuransi karyawan akan menunjukkan atau akan memberikan benefitnya ketika terjadi suatu hal yang tercantum dalam klausul. Asuransi benar terasa manfaatnya bagi karyawan terutama ketika terjadi saat kecelakaan kerja. Bagi karyawan biasa hal ini bisa menjadi sebuah hal yang akan sangat merugikan dimana gaji karyawan tersebut pun bisa berkurang karena tidak masuk. Kerugian yang paling besar tentu saja apabila karyawan harus mengeluarkan dana dari tabungan mereka. Tentunya hal ini menjadi sebuah kerugian.

Asuransi benar terasa manfaatnya juga oleh perusahaan, khususnya ketika terjadi kecelakaan di lokasi kerja, tentunya pihak yang pertama kali bertanggung jawab adalah pihak perusahaan. Padahal perusahaan tentu saja terus melaksanakan proses produksi atau pekerjaannya sehingga manfaat yang dirasakan bagi perusahaan berbeda dengan yang dirasakan oleh karyawan. Efektifitas menjadi manfaat yang ditawarkan asuransi ke perusahaan.

Saat Mengalami Gangguan Kesehatan

Sama halnya ketika terjadi kecelakaan, asuransi benar terasa manfaatnya ketika karyawan mengalami gangguan kesehatan. Saat karyawan mengalami gangguan kesehatan, tentunya efektifitas kerja akan terganggu. Apabila terganggu imbasnya juga akan terasa ileh perusahaan meskipun mungkin tugasnya akan diambil alih oleh rekan kerjanya. Namjn hal ini tentu akan sangat tidak efektif.

Asuransi benar terasa manfaatnya kembali jika ada karyawati yang ijin untuk cuti hamil. Perusahaan mungkin akan kehilangan tenaga kerjanya untuk sementara namun perusahaan bisa tenang karena asuransi menjamin kesehatan pekerjaanya. Meskipun tidak semua ssuransi karyawan memberikan jaminan ini, namun beberapa perusahaan karyawan memang menyediakan manfaat ini dalam asuransi yang mereka tawarkan.

Memasuki Usia Pensiun

Asuransi benar terasa manfaatnya juga akan terasa mamfaatnya ketika pekerja atau karyawan sudah tidak lagi bekerja yang disebabkan oleh berakhirnya masa kerja. Mengapa demikian? Unruk karyawan itu sendiri, asuransi pensiun yang ditawarkan perusahaan akan bermanfaat untuk menjamin kesejahteraannya setelah usia produktif mereka. Dalam hal ini asuransi memberikan benefit atau manfaat dalam bentuk dana atau bantuan finansial bagi pemilik asuransi.

Baca Juga : Memanfaatkan Asuransi Dana Pensiun, Untuk Apa?

Untuk perusahaan, asuransi benar terasa manfaatnya saat karyawan telah pensiun adalah karena perusahaan terap bisa menjamin kesejahteraan karyawannya tersebut melalui bantuan dari perusahaan asuransi. Mengapa demikian? Karyawan yang telah bekerja dan menghabiskan masa produktifnya untuk perusahaan tersebut layak untuk mendapatkan penghargaan lebih dan hal ini akan dibantu oleh perusahaan asuransi melalui administrasi atau kerja sama dengan perusahaan asuransi. Perusahaan tidak perlu repot repot untuk meyediakan tenaga khusus untuk menangani pensiun karena dana pensiun diatur oleh perusahaan asuransi.

Ketika Meninggal Dunia

Asuransi benar terasa manfaatnya ketika seseorang meninggal dunia dan orang tersebut memiliki asuransi. Asuransi akan membantu keluarga yang ditinggalkan dengan bantuan dana yang tercakup dalam perjanjian. Perusahaan memang akan memberikan santunan untuk hal ini, namun mungkin tidak terlalu banyak. Oleh karena itulah asuransi akan terasa benar manfaatnya apalahi jika seseorang yang tertimpa kemalangan tersebut adalah tulang punggung keluarga, maka manfaat asuransi tersebut sangatlah membantu.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *