Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang disarankan atau diutamakan untuk dimiliki. Alasannya, karena memang kesehatan adalah harta dan investasi yang paling berharga bagi setiap orang dan juga biaya untuk perawatan kesehatan setiap harinya semakin mahal. Selain itu kita juga pastinya menginginkan fasilitas kesehatan yang baik saat kondisi kesehatan kita menurun. Nah bagi anda yang belum memiliki asuransi kesehatan, berikut ini ada beberapa faktor pertimbangan asuransi kesehatan. Baik asuransi kesehatan pribadi maupun asuransi kesehatan karyawan bisa anda pilih selama hal itu sesuai dengan pilihan dan yang pasti kemampuan finansial anda. Nah berikut ini adalah pertimbangannya.

Rumah Sakit

Yang pertama untuk dijadikan faktor pertimbangan asuransi kesehatan adalah rumah sakit mana yang telah bekerja sama dengan asuransi kesehatan tersebut. Dengan adanya asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan rumah sakit tersebut maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan yakni seperti manfaat cashless yang akan sangat berguna dan bisa mmbantu anda. Akan sangat memguntungkan apabila jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahan asuransi yang anda pilih sangat luas. Maka anda bisa mendapatkan rujukan kemanapun anda bisa.

Manfaat cashless adalah manfaat dimana anda tidak perlu mengeluarkan uang yang nantinya akan diganti oleh pihak asuransi. Pihak asuransi akan mengganti langsung kepada rumah sakit yang harus sudah bekerja sama dengan asuransi tersebut. Tanpa manfaat cashless anda harus membayar terlebih dahulu biaya rumah sakit lalu melakukan klaim sehingga uang anda bisa kembali. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan. Oleh karena itulah jaringan rumah sakit yang dimiliki oleh asuransi menjadi salah satu hal yang penting dalam faktor pertimbangan asuransi kesehatan.

Baca juga: 3 Alasan Asuransi Kesehatan Itu Penting, Apa Saja?

Plafond sesuai dengan Premi

Dalam faktor pertimbangan asuransi kesehatan, tentunya anda memilih sendiri plafond yang anda inginkan. Plafond tersebut sesuai dengan pembiayaan asuransi ketika anda melakukan klaim. Plafond dari asuransi juga akan menentukan kualitas kamar seperti apa jika nnanti anda terpaksa harus menginap di rumah sakit. Semakin besar plafondnya maka semakin baik pula fasilitas yang didapatkan namun juga berbanding lurus dengan besar premi yang harus anda bayarkan.

Oleh karena itulah, dalam memilih skema anda juga perlu menyesuaikan dengan budget anda. Setelah itulah anda bisa mendapatkan faktor pertimbangan asuranai kesehatan mana yang bisa anda miliki. Dengan skema yang kecil juga akan menimbulkan kemungkinan biaya tambahan yangbharus anda bayarkan nantinya. Hal tersebut terjadi karena plafond tersebut tidak bisa memcakup pembiayaan rumah sakit. Oleh karena itu, pertimbangkan baik baik sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Utamakan Rawat Inap

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya dalam memilih plafond, pastikan atau utamakan sebagai faktor pertimbangan asuransi kesehatan yang menawarkan cakupan jaminan rawat inap. Mengapa? Alaannya adalah pembiayaan rawat inap adalah salah satu pembiayaan perawatan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pembiayaan ini apabila tidak tercakup dalam asuransi anda maka anda akan mengeluarkan dana yang lebih besar meskipun sudah memiliki asuransi.

Asuransi Kesehatan Murni

Selanjutnya dalam faktor pertimbangan asuransi kesehatan adalah pilihlah asuransi kesehatan yang murni merupakan asuransi yang berdiri sendiri. Bukan rider atau asuransi tambahan dari asuransi lain. Alasannya adalah biaya rider terkadang cukup mahal dan cakupan jaminan untuk perawatan kesehatan sangatlah kecil. Kecuali memang anda memiliki finansial yang baik sehingga anda bisa membeli asuransi lainnya dan meabahkan rider asuransi kesehatan dalam asuransi anda tersebut.

Baca juga: Bagaimana Membeli Asuransi Kesehatan, Ikuti Langkah-Langkahnya

Related Post

Written by 

2 thoughts on “Faktor Pertimbangan Asuransi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *