Asuransi yang sering diandalkan sebagai salah satu bentuk untuk memberikan jasa dalam mengelola dana untuk tujuan tertentu seperti untuk penanganan masalah kesehatan di masa depan hingga investasi atau persiapan di masa pensiun. Hanya saja, anda harus secara rutin dan sesuai dengan perjanjuan yang tercantum dalam polis asuransi yang dimiliki. Lalu apa saja dampak buruk telat membayar premi yang harus anda ingat waktu terakhirnya.

Sama halnya peringatan untuk hal lain, dampak buruk telat membayar premi juga diberikan dengan berbagai tingkatan mulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat. Dan berkut inilah akibat dari telatnya pembayaran premi.

  1. Penangguhan Kepesertaan Asuransi

Dampak buruk telat membayar premi yang pertama adalah keanggotaan anda pada perusahaan asuransi tersebut akan dibekukan sementara. Hal ini secara umum sudah menjadi standar bagi peringatan untuk pemilik asuransi agar segera membayarkan preminya tepat waktu. Dan ini adlaah dampak yang paling ringan daripada dampak atau peraturan lairnya.

Akibat dari pembekuan akun atau kepemilikian asuransi ini adalah anda tidak akan dapat melakukan proses klaim atau kegiatan asuransi lainnya. Hal ini akan terus berlanjut hingga nantinya anda dapat membayar semua premi yang belum dibayarkan.

Sebagai pengingat, dampak buruk telat membayar premi ini tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama seperti yang umum tercantum dalam polis asuransi. Jika anda tetap tidak membayar, maka akan waktu untuk pembekuan ini akan berlanjut pada lebel selanjutnya., jadi tetap anda harus segera membayarnya.

Setelah anda membayar premi yang diwajibkan tersebutada i, anda juga perlu menunggu beberapa waktu hingga asuransi anda aktif kembali. Biasanya dalam waktu 3 bulan hingga menjadi aktif kembali.

  1. Denda

Meskipun tidak semua asuransi memberikan denda sebagai dampak buruk telat membayar premi, namun bukan berarti anda bisa membayar premi melebihi jangka waktu yang telah disepakati bersama dengan pihak perusahaan asuransi.

Denda yang diajukan sebagai salah satu dampak buruk telat membayar premi ini jelas akan merugikan anda nantinya karena itu berarti anda akan menyetorkan dana lebih besar daripada biasanya dan ini sudah pasti akan menambah pengeluaran anda.

Besaran denda pun bervariatif tergantung pada jenis asuransi yang anda miliki. Apabila asuransi tersebut cukup besar maka bisa dikatakan dampak buruk telat membayar premi akan lebih besar. Oleh karena itulah penting adanya untuk membayar premi tepat waktu.

Baca juga: Mengapa Asuransi Lebih Menguntungkan Ketimbang Investasi

  1. Pembatalan Asuransi

Yang terakhir atau yang ketiga sebagai dampak buruk telat membayar premi yang mana paling buruk adalah asuransi yang telah anda sepakati sebelumnya dibatalan. Inilah dampak yang paling buruk bagi kepesertaan asuransi anda.

Dampak buruk lainnya yang mengikuti adalah anda kehilangan seluruh investasi yang ada dan telah anda setorkan termasuk biaya premi dan lainnya yang telah dikeluarkan akan hilang akibat dampak buruk telat membayar premi yakni berupa punishment pembatalan kerjasama.

Akibat buruk lainnya karena dampak buruk telat membayar premi adalah ketika anda membutuhkan perlindungan asuransi tersebut, anda tidak akan bisa klaim dan anda harus mendaftarkan ulang kepesertaan anda dan menunggu hingga akun asuransi anda aktif kembali.

Itulah beberapa dampak buruk telat membayar premi yang harus kita pahami. Jangan sampai kita juga akan menjadi korban dari tunggakan premi yang akan menambah beban finansial kita di belakang.

Related Post

Written by 

One thought on “Dampak Buruk Telat Membayar Premi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *