Sama halnya ketika Anda ingin untuk berinvestasi atau menabung, dalam memilih agen asuransi karyawan tentunya anda akan memilih yang kredibel. Pasalnya, apa yang nanti kita investasikan, kita simpan atau kita percayakan adalah untuk kepentingan di masa depan kita. Untuk menghindari penipuan atau penyesalan di belakang nanti, berikut ada beberapa ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel yang harus Anda hindari.

Iming-Iming Harga Premi Murah

Siapa yang tidak menginginkan harga premi yang murah namun dengan penawaran perlindungan yang lengkap untuk Anda. Ditambahkan lagi tidak ada persyaratan apapun dalam pengambilan klaim. Sudah pasti hal tersebut adalah iming-iming palsu atau berkedok untuk mendapatkan keuntungan. Penawaran harga premi yang tidak wajar adalah salah satu ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel yang pertama.

Nomor Tidak Bisa Atau Sulit Dihubungi

Sebagai sebuah agen asuransi jiwa pastinya memiliki telepon atau jalan komunikasi untuk kemudahan nasabahnya. Jika dalam menghubungi anda dipersulit atau bahkan tidak bisa sama sekali dihubungi, maka bisa menjadi ciri bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel.

Klaim Sulit

Yang satu ini memang sulit untuk dijadikan patokan di awal anda menerima tawaran untuk membeli polis asuransi, namun anda bisa mencari informasi di sekitar mengenai pelayanan klaim seputar klaim asuransi yang dilakukan. Jika memang anda temui beberapa kasus yang menunjukkan bahwa ada proses klaim yang dipersulit, maka anda bisa memasukkannya sebagai ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel.

Proses Klaim yang sulit sebagai salah satu ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel masih berhubunngan erat dengan poin-poin lainnya mulai dari tidak memiliki kekuatan finansial untuk membayar klaim hingga nomor atau kontak yang dipersulit untuk dihubungi. Nasabah berhak melakukan protes dan dapat melaporkannya langsung pada pihak berwajib yang dalam hal ini diatur oleh OJK.

Baca juga: Pahami 4 Jenis Asuransi Jiwa Karyawan

Penjelasan Tidak Lengkap

Yang satu ini perlu anda perhatikan baik baik, karena mungkin akan anda temui agen asuransi yang nakal dengan tidak menjelaskan pengecualian dengan lengkap. Oleh karena itulah, penting bagi anda untuk memahami polis anda sebelum anda yakin untuk membelinya. Penjelasan yang tidak lengkap ini memang ada yang disengaja dan menjadi salah satu ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel.

Penjelasan ini, terlebih, seringkali menghindari komunikasi lewat media tertulis. Alasannya adalah untuk menghindari adanya bukti yang bisa memberatkan pihak asuransi yang nakal. Berbeda dengan perusahaan asuransi yang kredibel yang dapat selalu memberikan keterangan sejelas-jelasnya untuk setiap nasabahnya.

Tidak Layak Secara Finansial

Ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel selanjutnya adalah perusahaan tersebut tidak layak secara finansial untuk membayar klaim yang anda ajukan. Jika demikian, maka perusahaan asuransi tersebut dilarang untuk beroperasi dan harus dibekukan oleh OJK. Pasalnya, ketika perusahaan asuransi tidak memiliki kelayakan secara finansial termasuk tidak memiliki aset sebagai jaminan untuk klaim, maka akan ada masa dimana perusahaan asuransi tersebut akan mengalami kebangkrutan karena tidak mampu membayar klaim nasabah.

Berbeda dengan ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel, perusahaan asuransi yang kredibel memiliki laporan keuangan tahunan hingga keterangan aset yang dimiliki dan juga jalinan kerjasama yang ada. Kredibilitas ini penting untuk kepercayaan nasabah untuk jangka panjangnya.

Itulah beberapa ciri Asuransi Karyawan tidak kredibel yang harus anda benar pahami. Bukannya mencurigai, namun demi keamanan bersama baik nasabah calon pembeli polis asuransi karyawan maupun agen perusahaan asuransi karyawan.

Related Post

Written by 

One thought on “Ciri Asuransi Karyawan Tidak Kredibel, Perhatikan Baik-Baik!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *