Dalam dunia asuransi modern, asuransi telah berkembang jauh dan banyak yang berbeda dengan asuransi konvensional. Salah satunya yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan asuransi adalah Broker Asuransi. Broker Asuransi ini mungkin terdengar mirip dengan broker saham atau pialang saham, meski dalam hal ini yang akan menjadi pekerjaannya adalah bidang asuransi.

Broker Asuransi adalah badan yang dibentuk guna membantu pihak pemilik polis untuk mendapatkan hak yang telah tercantum dalam polis. Broker tidak akan mencantumkan namanya dalam polis melainkan pemilik polis dan perusahaan asuransi sehingga manfaat dari asuransi tersebut hanya akan didapatkan oleh pemilik polis saja.

Lalu apakah manfaat dari pembelian asuransi melalui Broker Asuransi tersebut? Ternyata banyak seperti sebagai berikut.

1. Menjembatani Pembelian Asuransi

Salah satu manfaat mengapa pengikutsertaan Broker Asuransi dalam proses pembelian polis asuransi itu penting adalah guna menjembatani pembelian asuransi. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua calon nasabah asuransi memahami seluk beluk asuransi. Dengan jasa dari broker khusus asuransi ini maka pemahaman akan polis yang diberikan oleh agen asuransi dapat dipahami oleh calon pemilik.

2. Mengurangi Penipuan

Manfaat yang kedua dan masih berhubungan dengan poin pertama adalah mengurangi penipuan asuransi yang tidak sekali pernah terjadi. Dengan membawa jasa Broker Asuransi, diharapkan calon pemilik asuransi memahami apa yang disampaika oleh agen dan juga mengurangi kemungkinan adanya penipuan karena pemahaman polis asuransi tersebut.

3. Menjembatani Klaim

Sebagai pemilik polis, sudah sangat wajar apabila pihak pemilik polis melakukan klaim. Hanya saja pengajuan klaim tersebut seringkali mendapatkan permasalahan yang sebenarnya tidak perlu. Adanya pihak ketiga yakni Broker Asuransi maka keputusan untuk klaim tersebut dapat diawasi dan dievaluasi oleh pihak broker yang juga akan mengurangi penipuan.

Baca juga: Tips Agar Tidak Telat Bayar Premi Asuransi

4, Memperkenalkan Dunia Asuransi

Yang terpenting dari jasa Broker Asuransi adalah mengenalkan dunia asuransi pada calon pembeli polis atau mereka yang sudah memiliki asuransi namun belum banyak memahami seluk beluk asuransi dapat berkonsultasi dengan pihak broker. Dengan demikian, pemilik asuransi tersebut dapat memahami hal baru seperti manajemen resiko dan lainnya.

5. Membantu Perusahaan Asuransi

Selain memberikan manfaat bagi pemilik polis atau calon pemilik polis asuransi, salah satu jasa atau fungsi dari Broker Asuransi adalah membantu perusahaan asuransi. Secara tidak langsung, dari poin pertama hingga poin ke empat juga membantu perusahaan asuransi dalam mencari nasabah, dalam menjelaskan polis asuransi dan lainnya.

Selain itu, dengan kewenangan tertentu, Broker Asuransi dapat membantu perusahaan asuransi untuk melakukan penagihan akan premi bila premi yang anda wajib bayarkan. Jangan sampai juga anda mendapatkan denda atau dampak buruk lainnya akibat telatnya pembayaran premi tersebut yang semestinya bisa untuk dihindari.

Nah itulah ke lima manfaat dari keberadaan Broker Asuransi yang menawarkan jasanya dalam bidang asuransi. Dengan demikian fungsi atau manfaat broker ini selalu dapat diandalkan baik oleh calon pemilik asuransi, pemilik asuransi hingga penyedia layanan jasa asuransi itu sendiri. Dengan demikian maka perlulah anda untuk mencoba memanfaatkan jasa dari broker ini.

Semoga ke lima ulasan tersebut dapat memberikan anda pandangan tentang Broker Asuransi terutama untuk anda yang akan baru memiliki asuransi, atau ingin berkonsultasi untuk proses pengajuan klaim, penyelesaian klaim yang ditolak hingga permasalahan lainnya yang membutuhkan seseorang dengan pemahaman akan asuransi

Related Post

Written by 

One thought on “Apa Itu Broker Asuransi?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *