Asuransi karyawan yang ada di perusahaan tempat anda bekerja mungkin akan membatasi keanggotaannya hingga anda pensiun dari pekerjaan anda. Namun tidak semua asuransi karyawan memiliki persyaratan tersebut. Nah, memasuki masa pensiun pastinya yang pertama kali akan seseorang lakukan adalah mengambil dana pensiun yang sebelumnya telah diinvestasikan pada asuransi dana pensiun karyawan. Namun setelahnya apa yang bisa anda lakukan? Nah berikut ini ada beberapa asuransi untuk masa pensiun yang memang direkomendasikan untuk dimiliki.

1 Asuransi Jiwa Berjangka

Memasuki masa lanjut usia yang dialami saat memasuki masa pensiun bukan berarti seseorang tidak akan memiliki kesempatan untuk mencari jaminan perlindungan asuransi. Salah satu asuransi untuk masa pensiun yang dianjurkan dan direkomendasikan adalah asuransi jiwa berjangka. Premi dari asuransi jiwa berjangka ini cenderung lebih murah daripada asuransi jiwa pada umumnya. Selain itu asuransi jiwa berjangka memiliki polis yang lebih fleksibel atau tidak terpatok pada kondisi tertentu saja.

Mengandalkan asuransi jiwa berjangka sebagai asuransi untuk masa pensiun bisa menjadi manfaat apabila seseorang tersebut ingin tetap mandiri atau bahkan ingin berinvestasi sehingga sepeninggalnya bisa meninggalkan sedikit warisan untuk keluarga yang ditinggalkan. Namun memang sangat jarang ada perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini, apalagi jika calon nasabah sudah berusia lebih dari 80 tahun.

2 Asuransi Jiwa Yang DIjamin

Untuk asuransi untuk masa pensiun selanjutnya adalah asuransi jiwa yang dijamin. Asuransi ini mungkin terdengar tidak mungkin namun memang ada. Asuransi ini akan menerima seseorang lansia dengan kondisi dan umur berapapun. Asuransi ini tepat bagi mereka yang ingin menginvestasikan dana yang dimiliki untuk memperoleh manfaat yang lebih besar.

Namun, kemudahan dari asuransi untuk masa pensiun tersebut tentu ada persyaratannya yang mengikat yakni premi yang dibayarkan cenderung lebih besar atau termasuk tinggi dibandingkan asuransi lain. selain itu, cakupan masa jaminan umumnya berada 24 bulan setelah polis dibuka. Oleh karena itu jika terjadi klaim sebelum 24 bulan polis tersebut dibuka, maka tidak akan dibayarkan biaya pertanggungan. Namun tetap premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan.

3 Asuransi Seumur Hidup atau Whole Life

Asuransi seumur hidup adalah pilihan asuransi untuk masa pensiun yang bisa seseorang dapatkan. Tujuan dari asuransi seumur hidup adalah untuk mengembalikan kondisi atau status finansial seseorang sepeninggalnya. Hasil biaya pertanggungan yang akan dibayarkan saat klaim memang sangat besar, namun tentu saja hal tersebut bukanlah tanpa syarat karena anda harus membayar premi yang tinggi setiap bulannya.

Asuransi seumur hidup memang dikenal sebagai asuransi dengan premi yang paling tinggi dibandingkan asuransi jiwa lainnya. Untuk anda memiliki dana untuk pembayaran premi tersebut, anda bisa memilihnya sebagai asuransi untuk masa pensiun anda. Namun jika dirasa pendapatan atau dana pensiun yang anda dapatkan tidak mampu untuk memenuhi biaya premi tersebut, maka akan lebih baik jika anda memanfaatkannya untuk bidang investasi lainnya.

Baca juga: Dua Manfaat Utama Asuransi Dana Pensiun Karyawan

Nah itulah beberapa pilihan asuransi untuk masa pensiun yang bisa dipilih oleh mereka yang menginginkan untuk terus berinvestasi. Tiap orang memiliki keinginan yang berbeda untuk merasakan masa pensiunnya. Pilihan di atas hanyalah sekedar penawaran pilihan apabila anda benar benar membutuhkannya atau menginginkan untuk berinvestasi. Pilihan ada pada diri anda sendiri karena andalah yang mengerti kondisi finansial untuk melanjutkan atau menghentikan investasi anda dalam ruang asuransi.