Rider atau asuransi tambahan sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi bersamaan dengan asuransi utama yang dimiliki. Pemberian rider ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan bagi pemilik asuransi atau juga sebagai salah satu bentuk promosi yang dilakukan untuk memperoleh nasabah asuransi. Namun yang pasti rider ini akan sangat bermanfaat karena bisa menambah jangkauan cakupan dari asuransi kita sehingga asuransi kita bisa menanggung lebih banyak pertanggungan. Nah, salah satu jenis asuransi yang umumnya memiliki rder adalah asuransi jiwa. Lalu apa saja rider asuransi jiwa pada umumnya? Berikut ini adalah beberapa contohnya dan juga ulasan mengenai manfaat yang diberikan.

Automatic Premium Loan (APL)

Automatic Premium Loan atau APL sering juga dikenal sebagai pinjaman premi otomatis. Rider yang satu ini memiliki manfaat yang menarik sehingga banyak ditemukan menjadi salah satu rider asuransi jiwa. Manfaat dari APL adalah menjamin anda untuk membayar premi asuransi anda secara tepat waktu. Misalnya anda lupa atau memang sengaja telat membayar premi melebihi tempo yang dijanjikan, maka secara otomatis perusahaan asuransi akan memberikan klaim berupa pinjaman untuk membayar premi tersebut. Tentunya pinjaman tersebut memiliki beberapa persyaratan namun yang pasti anda akan terhindar dari permasalahan karena telat membayar premi seperti tidak bisa melakukan klaim atau tidak terjamin sementara waktu.

Waiver of Premium

Salah satu rider asuransi jiwa yang satu ini jarang untuk dipilih karena umumnya merupakan rider berbayar yang akan dibebankan pada premi anda. Waiver of premium umumnya ditawarkan untuk asuransi jangka panjang seperti asuransi jiwa. Dengan waiver of premium anda diberikan jaminan baru yakni apabila anda mengalami cacat tetap total maka anda akan terbebas dari kewajiban pembayaran premi namun anda akan tetap mendapatkan perlindungan dari asuransi utama yakni asuransi jiwa. Namun seperti yang dikatakan di awal, rider yang satu ini jarang dipilih karena akan membebani premi hingga 5 sampai 10 persen lebih mahal da nada opsi yang lebih baik yakni asuransi kecacatan atau disability insurance.

Return of Premium

Dari namanya saja anda bisa menebak apa manfaat yang ditawarkan oleh salah satu rider asuransi jiwa ini. ya, return of premium adalah salah satu rider yangmemiliki manfaat untuk melindungi premi yang anda bayarkan. Umumnya premi pada asuransi berjangka akan hangus apabila tidak terjadi sebuah klaim. Namun, dengan return of premium maka premi yang anda bayarkan untuk asuransi utama anda akan kembali di akhir masa pertanggungan. Rider yang satu ini memang bermanfaat, namun juga cukup mahal untuk dimiliki. Namun bagi anda yang merasa rider ini menguntungkan, maka biaya ekstra tersebut tidak akan menjadi masalah buat anda.

Baca juga: Manfaat Asuransi Tambahan atau Riders, Perlukah?

Accidental Death (AD)

Accidental Death atau manfaat kematian tiba tiba akibat kecelakaan adalah salah satu rider asuransi jiwa yang juga ditawarkan. Dengan rider AD ini anda bisa melipatgandakan jumlah pertanggungan yang dibayarkan akibat kematian mulai dari 2 kali lipat hingga 3 kali lipat apabila tertanggung yang memiliki asuransi jiwa dan manfaat rider ini meninggal akibat kecelakaan seperti kecelakaan yang terjadi di kendaraaan umum. Yang menjadi kesulitan dalam mengklaim rider ini adalah karena pembuktian akibat penyebab kematian yang harus dibuktikan memiliki hubungan langsung dengan kecelakaan. Rider ini memiliki harga yang cukup murah, namun belum tentu semua orang berminat untuk memanfaatkan rider yang satu ini.

Related Post

Written by 

3 thoughts on “Beberapa Contoh Rider Asuransi Jiwa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *