Layaknya sebuah produk penawaran jasa lainnya, produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi juga memiliki kemungkinan menjadi buruk untuk anda. Ide awal dari sebuah asuransi adalah membantu untuk mengurangi jumlah biaya yang keluar apabila terjadi suatu kejadian terjadi menimpa pemilik asuransi yang dalam hal ini adalah seorang karyawan yang bekerja. Namun, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa asuransi tersebut pun bisa saja buruk atau memiliki kualitas yang kurang baik. Nah bagaimana menilai asuransi karyawan baik atau buruknya untuk anda. Berikut ulasannya dan semoga membantu anda untuk memilih produk asuransi.

Apakah Ada Penundaan?

Yang pertama dari bagaimna menilai asuransi karyawan adalah dengan bagaimana perusahaan asuransi tersebut memberikan pelayanannya. Kebutuhan akan klaim karena suatu kejadian sangatlah dibutuhakan sesegera mungkin. Oleh karena itu, apabila terjadi penundaan dari pihak asuransi untuk cairnya klaim, atau bahkan untuk pemrosesan klaim yang diajukan maka anda bisa menilai apakah pelayanan dari perusahaan asuransi tersebut professional atau tidak.

Bagaimana Respon Perusahaan Asuransi?

Yang kedua dalam menilai asuransi karyawan adalah dengan melihat bagaimana respon perusahan asuransi terhadap setiap keluhan dari pemilik polis. Apabila respon yang diberikan sangatlah informatif dan membantu kedua belah pihak maka perusahaan asuransi tersebut telah berlaku jujur dalam memberikan informasi. Namun, apabila respon yang diberikan kurang positif bagi pemilik asuransi seperti contohnya pada kasus laporan klaim maka anda bisa menilai kembali asuransi karyawan anda yang menjadi jaminan.

Baca juga: Mengenal Jenis Asuransi Unit Link

Adakah Polis Tercakup Yang Ditolak

Hal yang satu ini jelas menjadi sebuah penilaian dari kualitas sebuah perusahaan asuransi karyawan. Apabila anda merasa yakin bahwa kejadian yang menimpa anda tercakup dalam polis asuransi dan pihak asuransi menolak maka anda bisa membawa permasalahan ini kepada yang berwenang. Selain itu hal ini juga menjadi salah satu poin dalam menilai asuransi karyawan dari profesionalitas perusahaan asuransi karyawan tersebut.

Apakah ada perubahan polis tanpa sepengetahuan anda?

Acuan dari pemilik asuransi adalah polis yang mereka sepakati dengan perusahaan asuransi karyawan. Polis itu menjadi acuan untuk setiap klaim yang akan diajukan. Apabila perusahaan asuransi mengganti polis tanpa sepengetahuan pemilik polis, maka anda bisa menilai asuransi karyawan tersebut telah melakukan sebuah kecurangan. Anda bisa menuntut atas perubahan polis ini apalagi jika polis yang diubah merugikan anda.

Apakah Investigasi Dilakukan Secara Etis?

Untuk proses klaim yang bermasalah seringkali dilakukan sebuah investigasi oleh pihak asuransi. Namun sayangnya, investigasi tersebut terkadang tidaklah etis. Ketidaketisan dari proses investigasi tersebut bisa mengganggu privasi seseorang atau bahkan memberikan seperti tuduhan yang belum terbukti pada pelaku klaim. Dengan ini, maka kita bisa menilai asuransi karyawan tersebut sebagai perusahaan yang tidak menjalankan tugasnya secara professional.

Baca juga: Alasan Untuk Memiliki Asuransi Pribadi Bukan Dari Perusahaan

Apakah Dokumen Yang DIbutuhkan dalam klaim rasional?

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menilai asuransi karyawan adalah ada dalam persyaratan yang dibutuhkan saat akan melakukan klaim. Apakah persyaratan seperti kebutuhan dokumen tersebut adalah rasional atau tidak. Tidak rasional bisa dimaksudkan juga sebagai persyaratan yang mempersulit seseorang karyawan dalam melakukan proses klaim pada perusahaan asuransi. Hal ini akan menjadi penilaian buruk karena hal ini bisa saja terjadi menimpa anda dimana proses klaim akan sulit dilakukan dan mungkina akan ditolak dengan alasan ketidaklengkapan dokumen yang memang tidak rasional dibutuhkan dalam proses klaim tersebut.

Related Post

Written by 

5 thoughts on “Bagaimana Menilai Asuransi Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *