Memiliki jaminan dengan mengandalkan asuransi memang sangat baik adanya. Dengan demikian kita dapat mencegah munculnya pengeluaran dana yang tidak terduga akibat kemalangan yang terjadi. Selain itu asuransi juga bisa kita andalkan untuk perawatan kesehatan ataupun mempersiapkan hari tua bagi karyawan.

Hal ini semakin dirasa penting seringing dengan cepatnya perkembangan jaman yang membuat segala sesuatunya semestinya serba mudah. Namun, memiliki sebuah asuransi berarti anda memiliki sebuah tanggung jawab terhadap premi yang harus dibayarkan. Lalu bagaimana mengatur keuangan untuk premi asuransi agar tidak menjadi beban bagi manajemen finansial karyawan.

Pilih Asuransi Yang Anda Butuhkan

Bagaimana mengatur keuangan untuk premi asuransi? Tentu saja yang paling utama adalah dengan meemilih asuransi yang paling anda butuhkan selama anda bekerja. Misal anda banyak melakukan kegiatan pekerjaan di lapangan atau outdoor maka akan lebih baik jika anda memiliki asuransi kecelakaan. Namun jika amda bekerja dalam ruangan atau dalam hal ini bekerja secara indoor maka asuransi kecelakaan kurang tepat untuk anda andalkan sebagai investasi. Pilihlah asuransi kesehatan beserta rider rider yang menunjangnya.

Memilih Periode Pembayaran Premi dan Jumlah Premi

Beberapa produk asuransi memberikan kemudahan terutama bagi karyawan untuk membayarkan preminya melalui pilihan periode yang nyaman. Untuk pembayaran premi piluhlah jangka waktu pembayaran yang tidak terlalu singkat antara jarak pembayaran yang satu dengan yang lain misalnya per tahun.

Dengan demikian anda tidak perlu repot repot karena dengan demikian anda bisa mengatur keuangan untuk premi asuransi sebagai bentuk pengeluaran tiap bulan melainkan menyisihkan sebagian dari pendapatan anda untuk digunakan sebagai pembayaran premi.

Pembayaran dengan periode yang tepat tidak akan membebani anda dalam mengatur keuangan setiap bulannya. Jangan jadikan premi asuransi sebagai beban hidup anda dengan memilih waktu pembayaran yang tepat dan jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Jika jumlah premi terlalu besar, pilihlah periode yang lebih lama untuk masa pembayaran.

Kembangkan Pada Rider

Mengatur keuangan untuk premi asuransi dengan mempertimbangkan rider. Rider adalah asuransi tambahan yang biasanya ditawaekan untuk memberikan tambahan jaminan sehingga tentunya investasi anda akan lebih luas daripada anda harus membeli produk asuransi baru. Rider ini biasanya juga ditawarkan secara cuma cuma. Jadi dalam memilih produk asuransi anda sebaiknya memperhatikan benar apa yang akan ditawarkan dan mana saja yang akan dijamin.

Rider juga menjadi salah satu faktor yang bisa diperhatikan terutama jika anda menginginkan jaminan oerlindungan yang lebih detail seperti untuk jaminan kesheatan khusus untuk oenyakit berat seperti jantung atau kanker. Hal ini akan membantu jika memang anda membutuhkan rider tersebut. Namun jika memang dirasa anda tidak membutuhkan tambahana asuransi maka ada baiknya jika anda menolak untuk tambahan asuransi terutama untuk rider yang berbayar.

Potongan Gaji

Perusahaan temoat karyawan bernaung juga dapat membantu untuk mengatur keuangan untuk premi asuransi. Bagaimana caranya? Dengan melakukan oemotongan gaji setiap bulan untuk dimasukkan dalam anggaran pembayaran premi meskipun pembayaran premi tersebut dilakukan secara tahunan. Dengan demikian karyawan akan terbantu dalam membayarkan premi asuransinya.

Baca Juga : Bagaimana Asuransi Menjamin Kestabilan Finansial Karyawan

Perusahaan juga dapat membantu mengatur keuangan untuk premi asuransi melalui kerjasama dengan perusahaan asuransi yang memang ditujukan untuk jasa asuransi khusus karyawan. Dengan demikian siatem yang akan dibangun dengan perusahaan asuransi yang diajak sebagai rekana lebih terencana dengan baik dan terstruktur prosesnya.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *