Bagi anda yang memutuskan untuk memiliki sebuah asuransi karena manfaat atau keuntungannya sebagai salah satu bentuk investasi mungkin membutuhkan petunjuk untuk mendaftarkan atau membeli polis asuransi tersebut. Nah, kali ini anda bisa membaca ulasan singkat bagaimana membeli asuransi kesehatan. Anda bisa mengikuti langkah langkahnya lalu kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada penawaran produk asuransi yang anda dapatan.

Pelajari Produk Asuransi

Hal pertama sebelum anda membeli asuransi kesehatan adalah mencari rekomendasi asuransi yang mungkin sudah anda pikirkan atau anda dapat tawarannya. Anda bisa memperoleh rekomendasi berdasarkan iklan, dari cerita rekan atau salah satu agen dari perusahaan asuransi menawarkan langsung kepada anda. Bagaimana anda memutuskan perusahaan mana yang anda pilih bisa anda tentukan dari track record perusahaan atau mencari informasi seputar perusahaannya di internet.

Baca juga: Memanfaatkan Asuransi Kesehatan Karyawan Yang Diberikan Oleh Perusahaan

Setelah anda mengetahui perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mempelajari produk yang anda akan beli. Dalam hal ini anda akan membeli asuransi kesehatan sehingga anda harus mengetahui apa saja yang ditawarkan di produk asuransi tersebut. Untuk mempelajarinya anda bisa mengandalkan agen asuransi atau yang bertugas, atau membaca langsung polis yang akan anda tanda tangani nanti. Produk asuransi kesehatan menawarkan banyak cakupan jaminan sehingga anda bisa membandingkannya dengan produk dari perusahaan asuransi lainnya sebelum akhirnya memilih.

Syarat Awal

Sebelum anda secara sah membeli asuransi kesehatan ada beberapa persyaratan yang anda penuhi. Setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan yang berbeda satu sama lain juga berbeda antara satu produk dengan produk yang lain. Nah salah satu hal yang sering menjadi sebuah persyaratan meski tidak selalu ada adalah screening kesehatan. Ada beberapa perusahaan asuransi yang membutuhkan persyaratan ini dan jika anda tidak memenuhi screening tersebut maka asuransi yang akan anda ajukan bisa saja ditolak.

Oleh karena itulah, asuransi akan lebih baik dibeli saat anda masih dalam kondisi sehat atau dalam kondisi fit sehingga hasil dari screening kesehatan atau cek up kesehatan anda memuaskan dan asuransi akan menerima pengajuan pembelian polis asuransi kesehatan. Meskipun sepele namun hal ini penting untuk membeli asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan asuransi tertentu.

Lengkapi Dokumen

Salah satu hal yang perlu dilakukan selain memenuhi syarat diatas adalah dengan memenuhi atau melengkapi dokumen sebelum membeli asuransi kesehatan. Dokumen tersebut akan digunakan sebagai informasi pribadi sehingga akan mempermudah saat nanti akan melakukan pencairan klaim. Dokumen yang diminta umumnya berupa data pribadi, hasil cek up, atau pengisian formulir atau dokumen yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Baca juga: 3 Alasan Asuransi Kesehatan Itu Penting, Apa Saja?

Baca Polis Dengan Teliti

Sebelum anda menandatangani asuransi kesehatan yang anda beli, pastikan sekali lagi anda membaca kembali polis yang akan anda miliki. Pastikan polis tersebut sesuai dengan yang telah dibicarkan sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan klaim di masa depan. Setelah itu anda remi telah membeli asuransi kesehatan.

Bayar Premi Anda

Setelah anda mengurus segala administrasi untuk membeli asuransi kesehatan hal yang selanjutnya anda harus lakukan adalah membayar premi anda. Anda wajib membayarnya sesuai dengan perjanjian pembayaran. Periode tersebut bisa saja setiap bulan, tahun atau waktu yang telah disepakati. Dengan membayar premi tepat waktu, maka anda akan menghindari terjadinya penolakan klaim di masa depan dan tentunya tidak ada pembekuan polis karena terlambat membayar premi.

Related Post

Written by 

3 thoughts on “Bagaimana Membeli Asuransi Kesehatan, Ikuti Langkah-Langkahnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *