Dalam menyarankan asuransi, banyak orang menyarankan untuk memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda dan juga sesuai dengan kemampuan finansial anda agar tidak menjadi beban di hari berikutnya. Namun, bagaimana jika anda disandingkan dengan dua jenis asuransi yang sama? Nah berikut ini ada beberapa tips bagaimana membandingkam asuransi yang akan anda pilih nanti agar anda tidak salah pilih asuransi.

Biaya Premi

Hal yang pertama saat membandingkan asuransi yang pertama adalah tenu saja premi. Namun, premi bukanlah hal satu satunya atau faktor satu satunya suatu asuransi itu baik untuk anda. Meskipun memang kita harus memilih asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan finansial kita ttapi ada faktor lain di belakang premi yang harus anda pahami yang nanti akan dibahas satu per satu setelah ini.

Kesimpulannya, membandingkan asuransi dari premi saja belumlah cukup karena masih ada faktor pendukung lainnya seperti cakupan jaminan, plafon dari jaminan, luas layanan hingga reputasi perusahaan asuransi itu sendiri.

Cakupan Jaminan

Cakupan jaminan juga perlu anda perhatikan saat membandingkan asuransi yang satu dengan yang lain. Semakin kecil cakupan jaminan, maka semakin kecil pula manfaatnya untuk anda. Selain itu cakupan jaminan juga bisa anda jadikan fsktor ketika anda memiliki dua buah asuransi dengan harga premi yang sama. Jika salah satu preminya memiliki cakupan jaminan yang lebih sedikit, itu berarti asuransi tersebut lebih mahal daripada yang lainnya.

Plafon

Plafon atau limit dari asuransi juga menjadi hal yang bisasanya diperbandingkan. Membandingkan asuransi berdasarkan plafon akan lebih baik jika dibandingkan dengan harga preminya. Mana yang memberikan skema atau limit pembayaran yang lebih tinggi maka asuransi tersebutlah yang lebih mengungtungkan untuk anda. Meskipun memang akan sangat jarang asuransi dengan harga premi yang rendah namun memberikan skema jaminan yanh besar.

Luas Layanan

Selanjutnya dalam membandingkan asuransi yang satu dengan yang lain adalah dalam hal luas layanan. Meskipun memiliki premi yang lebih mahal, namun misalnya dalam sebuah asuransk kesehatan cakupan kerjasama antara asuransi dengan pihak rumah sakit lebih luas maka asuransi tersebut memiliki manfaat yang lebih. Meskipun anda juga kembali harus menentukan berdasarkan premi yang nantinya harus anda bayarkan dalam tempo waktu tertentu.

Baca juga Cukupkah Hanya Dengan Perlindungan Satu Asuransi Saja?

Reputasi Perusahaan

Meskipun buka  faktor khusus saat membandingkan asuransi yang satu dengan asuransi yang lain, namun reputasi perusahaan asuransi yang akan anda pilih nantinya sebaiknya juga akan berpengaruh pada pilihan anda. Alasannya, kepemilikan asuransi atau investasi dalam asuransi merupakan investasi jangka panjang yang manfaatnya ingin dirasakan di masa mendatang lagi. Seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa maupun asuransi dana lensiun karyawan yang nantinya akan diambil saat memasuki usia masa pensiun.

Oleh karena itu, reputasi perusahaan akan sangat berpengaruh ketika anda membandingkan asuransi yang satu dengan asuransi lainnya. Jika anda memilih asuransi dengan reputssi yang cukup buruk, maka bisa dikhawatirkan anda tidak akan mendapatkan manfaat yang mungkin sebelumnya telah dijanjikan.

Nah itulah beberapa hal yang sebaiknya perlu diperhatikan saat membandingkan asuransi yang satu dengan asuransi yang lain. Memang sebaiknya kita perlu berhati hati dalam berinvestasi dengan dana yang kita miliki agar tidak mengalami kerugian dari apa yang sudah kita bayarkan. Semoga artikel ini membantu anda dalam memilih asuransi yang telat baik asuransi pribadi maupun aauransi karyawan yang akan melindungi anda selama anda bekerja.

Baca juga Investasi Jangka Panjang Asuransi Dana Pensiun Untuk Karyawan

 

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *