Mulai banyak masyarakat yang mulai sadar akan manfaat dari asuransi dengan konsep bahwa asuransi akan melindungi dari kerugian yang lebih besar akibat dari suatu hal. Namun, tidak semua asuransi akan memberikan anda keuntungan. Bahkan bisa dikatakan bahwa asuransi tersebut malah menjadi hal yang buruk bagi finansial anda. Nah ada beberapa ciri atau kategori dimana asuransi buruk bagi finansial anda. Seperti apa saja? Berikut beberapa ciri asuransi yang buruk untuk finansial anda.

Premi Mahal

Yang pertama dari asuransi yang buruk untuk finansial anda adalah tentu saja premi yang mahal. Ada beberapa jenis asuransi yang mewajibkan anda untuk membayar premi yang cukup mahal. Hal itu bisa dikarenakan karena memang plafon jaminan yang sesuai atau memang besar, atau bisa juga karena suatu kondisi yang tidak umum. Kondisi yang tidak umum ini sendiri banyak jenisnya seperti jaminan asuransi yang tidak membutuhkan syarat pada umumnya. Nah, asuransi jenis ini umumnya memiliki premi yang mahal atau tinggi serta catatan khusus untuk pengajuan klaim.

Hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari asuransi yang buruk untuk finansial terutama dalam hal pembayaran premi adalah dengan mendaftarkan diri anda sesuai dengan ketentuan umum yang ada. Beberapa asuransi juga memasukkan usia dalam perhitungan pembayaran premi sehingga akan lebih baik anda mendaftarkan diri pada asuransi saat usia muda.

Klaim Terbatas Persyaratan Yang Sulit

Klaim berhubungan dengan cakupan jaminan. Apabila klaim sangat terbatas untuk dilakukan atau malah bisa berpotensi hilang, maka hal tersebut termasuk kedalam salah satu asuransi yang buruk untuk finansial anda. Alasannya adalah, anda membayar premi untuk menginvestasikan dana yang anda miliki untuk perlindungan dari biaya yang lebih besar yang bisa saja terjadi karena suatu hal. Namun apabila persyaratan untuk klaim tersebut terlampau sulit, maka  hal tersebut akan menjadi sebuah kerugian untuk anda.

Beberapa produk asuransi memberikan persyaratan untuk melakukan klaim dengan persyaratan yang berbeda beda. Oleh karena itu, untuk menghindari asuransi yang buruk untuk finansial ini anda harus jeli dalam melihat polis yang akan anda tanda tangani. Selain itu, klaim yang sulit juga biasanya berkaitan erat dengan kondisi saat mengajukan asuransi seperti asuransi yang memiliki jangka waktu tunggu. Hal tersebut memang menjadi sebuah persyaratan yang sulit namun dirasa seimbang dengan pendaftaran asuransi yang umumnya juga lebih fleksibel.

Plafon Terlalu Kecil

Salah satu bentuk produk asuransi yang buruk untuk finansial anda adalah plafon yang kecil apabila penghasilan anda lebih besar untuk membayar premi yang lebih besar. Hal ini dikarenakan bantuan dari hasil klaim asuransi sendiri hanya berpengaruh sedikit untuk kerugian anda. Mungkin anda sendiri malah bisa mengatasi kerugian tersebut tanpa adanya asuransi. Nah ini menjadi salah satu hal yang buruk bagi sebuah kepemilikan asuransi.

Baca juga: 5 Alasan Berganti Asuransi Karyawan

Memilih jenis asuransi yang menawarkan premi yang sesuai dengan kemampuan finansial adalah hal yang butuh pemahaman tinggi akan sebuah asuransi. Oleh karena itulah, dengan membaca polis asuransi yang akan anda beli menjadi sebuah hal yang paling utama, kedua adalah konsultasi untuk jaminan yang akan anda dapatkan dan yang terakhir adalah sebaik mungkin mencari informasi mengenai asuransi yang akan anda beli. Dengan demikian anda akan terhindar dari produk asuransi yang buruk untuk finansial anda dan menghindari kerugian yang lebih besar terjadi pada diri kita akibat suatu kejadian tertentu.

Related Post

Written by 

One thought on “Asuransi Yang Buruk Untuk Finansial Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *