asuransi sebagai investasi jangka pendek

Menjadikan asuransi sebagai salah satu perlindungan untuk kebutuhan anda bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi. Mengapa demikian? Karena dengan adanya asuransi, pengeluaran tiba tiba yang mungkin akan mempengaruhi kestabilan finansial anda bisa diminimalisir dan hal tersebut sudah dipersiapkan semenjak anda masih mampu atau belum mengalami kejadian yang akan dilindungi tersebut. Dnegan demikian, maka tepatlah jika dikatakan asuransi sebagai investasi atau hal yang dipersiapkan untuk masa depan nantinya. Lalu, bisakah bila dikatakan asuransi sebagai investasi jangka pendek yang baik?

Manfaat Perlindungan Asuransi Sebagai Investasi Jangka Pendek Bisa Cepat Dirasakan Manfaat nya

Manfaat asuransi sebagai investasi jangka pendek berarti asuransi mampu dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang cepat. Berbeda denga investasi yang umumnya membutuhkan waktu agar manfaatnya bisa dirasakan, setidaknya asuransi dapat dirasakan dalam jangka waktu yang pendek yakni dalam waktu beberapa bulan. selama beberapa bulan tersebut anda harus membayar premi yang akan diinvestasikan oleh pihak perusahaan asuransi sehingga anda bisa mendapatkan manfaatnya. Manfaat yang diperoleh yakni melalui klaim yang bisa dilakukan saat perlindungan sudah aktif. Jarak antara anda memulai asuransi dnegan aktifnya perlindungan tidaklah lama, hanyalah beberapa bulan saja. Setelahnya anda bisa melakukan klaim yang sesuai dengan polis yang anda miliki.

Lalu apakah asuransi sebagai investasi jangka pendek ini memiliki keterbatasan? Keterbatasan pada asuransi ini adalah ketika anda tidak membayarkan premi atau telat melakukan pembayaran. Pembayaran ini sangat penting bagi pihak perusahaan asuransi sebagai investasi anda. Jika anda melakukan keterlambatan, umumnya ada penalti yakni perlindungan anda selama beberapa waktu tidak akan aktif sehingga anda tidak bisa melakukan klaim.

Baca juga: Asuransi Menjadi Beban Pengeluaran, Benarkah?

Perlindungan Dirasakan Kapan Saja

Perlindungan dari asuransi sebagai investasi jangka pendek dapat dirasakan kapan saja selama perlindungan asuransi anda sudah aktif. Anda bisa melakukan klaim tanpa batasan waktu tertentu ketika anda membutuhkan manfaat dari asuransi. Tentunya selama klaim yang anda lakukan sesuai dengan persyaratan danyang tercantum di dalam polis asuransi yang anda miliki.

Selain bisa dirasakan dnegan cepat dan kapan saja, asuransi sebagai investasi jangka pendek juga memiliki batasan yang tercantum dalam polis asuransi. Secara umum, kejadian yang bisa dilakukan klaim harus berada di wilayah kedaulatan RI, atau bukan di luar negeri. Kemudian yang lainnya adalah anda tidak melakukan hal hal baik disengaja agar dapat melakukan klaim dan juga tindakan pelanggaran hukum. Jika kedua hal tersebut dilakukan, maka anda tidak dapat melakukan klaim dan ini berarti anda kehilangan investasi anda.

Baca juga: Manfaat Jangka Panjang Asuransi

Biaya Yang Dikeluarkan Dapat Diperkirakan

Selain manfaat yang bisa diperoleh secara cepat dan perlindungan yang dirasakan kapan saja, asuransi sebagai investasi jangka pendek juga dapat dirasakan manfaatnya untuk mengatur pengeluaran anda. Anda mempersiapkan segala sesuatunya ketika sehat dengan asuransi kesehatan agar nantinya jika anda sakit aka nada pihak asuransi yang akan menjamin biaya pengobatan dan perawatan anda. Dengan demikian anda tidak perlu melakukan anggaran khusus untuk kesehatan dan dapat mengalokasikannya untuk alokasi lainnya seperti biaya pendidikan untuk anak anda.

Tanpa adanya asuransi sebagai investasi jangka pendek anda akan kesulitan apabila ada tagihan untuk biaya kesehatan. Apalagi apa yang anda tabung atau anda simpan umumnya memliki anggaran untuk tujuan secara umum kebutuhan anda. Nah dengan berinvestasi melalui asuransi, anda sudah memiliki anggaran khusus yang dikembangkan untuk biaya kesehatan anda mulai dari pengobatan, perawatan dan juga biaya obat hingga sembuh.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *