Bagi anda yang baru saja bekerja dan mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan asuransi pasti akan banyak berpikir apakah hal tersebut perlu atau tidak. Pasalnya, tidak semua asuransi yang ditawarkan harus anda terima. Ada yang juga perlu anda tolak agar anda tidak mengalami kerugian padahal anda sudah membayarkan premi. Nah berikut ini ada penjelasan mana saja asuransi minim resiko rugi bagi karyawan muda yang baru bekerja.

Asuransi Karyawan

Yang satu ini pasti akan ditawarkan pertama kali saat anda memasuki perusahaan anda. selain melengkapi administrasi, anda akan ditawarkan untuk keikutsertaan asuransi karyawan yang perusahaan anda miliki. Jenis asuransi ini merupakan salah satu jenis asuransi minim resiko rugi karena umumnya dikoordinir oleh perusahaan anda sendiri.

Proses pembayaran preminya pun umumnya lebih mudah karena dipotong dari gaji bulanan anda dan berapa yang dipotong selalu lebih kecil daripada jika anda membeli asuransi di luar asuransi karyawan perusahaan anda sehingga asuransi karyawan ini bisa disebut sebagai salah satu asuransi minim resiko rugi.

Alasan yang lain adalah karena asuransi ini diadakan oleh perusahaan anda sendiri, maka proses klaim hingga kredibilitas asuransi bisa lebih dipercaya. Namun ada juga asuransi yang mengandalkan perusahaan lainnya di luar perusahaan anda dan umumnya tetap dikoordinir oleh salah satu karyawan atau bagian HRD dari perusahaan tersebut.

Baca juga : 3 Asuransi Untuk Orang Yang Tidak Bekerja di Perusahaan

Asuransi Pemerintah

Meskipun bisa dibilang memiliki proses klaim yang lebih rumit, namun asuransi pemerintah bisa dibilang sebagai asuransi minim resiko rugi. Cakupan perlindungannya pun cukup besar yang mana sangat cocok untuk anda yang memang sudah memiliki penyakit bawaan atau sudah memiliki penyakit kronis sebelumnya.

Namun, bukan berarti asuransi pemerintah tidak memiliki kekurangan karena biayanya yang murah, ada beberapa kekurangan yang terkadang juga bahkan anda tidak bisa melakukan klaim sama sekali seperti ketika kamar rumah sakit penuh sehingga anda tidak dapat melakukan klaim asuransi anda dan harus mencari rumah sakit yang sesuai pula dengan rujukan.

Asuransi Dana Pensiun

Jenis asuransi ini merupakan salah satu jenis asuransi yang direkomendasikan untuk dimiliki ketimbang jenis asuransi lainnya. Asuransi Dana Pensiun adalah salah satu asuransi minim resiko rugi karena asuransi ini tidak memiliki persyaratan untuk klaim selain ketika anda sudah memasuki usia pensiun. Hal itu bisa dilihat sebagai nilai negatif namun bisa menguntungkan untuk anda.

Berbeda dengan dua asuransi wajib lainnya yakni asuransi jiwa dimana penyebab kematian juga bisa menjadi alasan untuk penolakan klaim. Lebih sulit lagi ada pada asuransi kesehatan, yang mana klaim yang dilakukan sangat penuh dengan berbagai macam persyaratan yang ada. Tak heran jika jenis asuransi kesehatan ini paling banyak menemui klaim.

Asuransi dana pensiun ini apabila dapat dipersiapkan akan dapat memberikan anda kesejahteraan saat pensiun nanti. Asuransi dana pensiun ini juga dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang atau tabungan di masa depan. Keuntungan lainnya adalah dana dari cakupan asuransi ini dapat digunakan untuk membiayai kesehatan atau asuransi kesehatan.

Itulah ke tiga asuransi minim resiko rugi yang bisa anda pertimbangkan untuk anda miliki. Jangan sampai asuransi malah memberatkan anda dan uang yang anda investasikan melalui premi hilang begitu saja karena resiko-resiko yang mungkin saja terjadi. Bagaimana? Apakah anda tertarik dengan salah satunya? Segera cari rekomendasi asuransi yang tepat.

Related Post

Written by 

One thought on “Asuransi Minim Resiko Rugi Bagi Karyawan Muda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *