Ada banyak alasan mengapa pada akhirnya seseorang memilih untuk memiliki sebuah polis asuransi. Namun salah satunya adalah sebagai investasinya di masa depan dalam hal perlindungan untuk hal yang mungkin terjadi. Oleh karena itulah ada beberapa alasan mengapa asuransi lebih menguntungkan ketimbang investasi secara umum.

1. Selalu Mendapatkan Yang DIbutuhkan

Alasan pertama mengapa asuransi lebih menguntungkan adalah karena melalui asuransi, apa yang kita butuhkan akan kita dapatkan. Sebagai contoh kita membutuhkan perlindungan terhadap kesehatan kita dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, asuransi akan langsung memberikan manfaatnya kepada kita.

Berbeda dengan investasi, dalam hal investasi selain melalui asuransi, bisa saja mengalami kerugian yang mana kita tidak mendapatkan hasil apa-apa. Modal yang kita berikan sebagai modal awal investasi juga tidak memiliki jaminan akan kembali. Bahkan ada kemungkinan untuk kita membayar kembali untuk menutup kerugian tersebut. Oleh karena itulah, investasi melalui asuransi lebih terarah.

Baca juga : Tips Klaim Asuransi Tanpa Ditolak

2. Manfaat Lebih Besar

Melalui klaim yang didapat dari asuransi, manfaat yang didapatkan dari asuransi lebih menguntungkan. Lebih menguntungkan dalam hal ini bisa dalam hal pendanaan untuk perawatan kesehatan atau dalam hal pelayanan yang diperoleh oleh pihak rumah sakit secara ekslusif. Hal ini tentu saja akan bermanfaat apabila pemilik polis juga membutuhkannya.

Sedangkan untuk investasi lainnya seperti dalam bentuk usaha, manfaat yang diberikan tidak selalu sama. Terkadang bisa saja untung dan terkadang bisa saja rugi. Oleh karena itulah perlu adanya skill atau pengetahuan dalam bidangnya sehingga investasi yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi pemilik investasi.

3. Lebih Terjamin

Alasan yang ketiga mengapa  asuransi lebih menguntungkan adalah karena asuransi memberikan jaminan untuk manfaat apabila sesuai dengan polis dan mengajukan klaim. Hal ini juga berlaku untuk jenis asuransi jangka panjang seperti asuransi dana pensiun yang mana akan memberikan manfaatnya secara pasti ketika anda pensiun.

Untuk investasi tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yakni belum ada kepastian apakah anda akan mendapatkan untung maupun rugi sehingga investasi yang anda tanamkan dapat memberikan manfaat. Dalam beberapa hal bentuk investasi ini memang kalah dibandingkan dengan investasi untuk tujuan atau manfaat tertentu di dalam asuransi.

Oleh karena tiga alasan diatas itulah mengapa asuransi lebih menguntungkan ketimbang investasi melalui lainnya. meskipun dalam hal ini asuransi memiliki keterbatasan dalam hal manfaat yang mana lebih fokus untuk tujuan tertentu saja walaupun memang manfaat tersebut dijamin akan anda dapatkan apabila anda melakukan proses klaim yang sesuai dengan perjanjian polis yang ada.

Maka dari itulah, dalam memilih bentuk investasi anda juga perlu berhati-hati agar apa yang anda berikan bisa memberikan manfaat yang memang anda butuhkan. Apabila anda menginginkan manfaat untuk perlindungan kesehatan anda, kesejahteraan setelah anda pensiun, dan perlindungan lainnya maka asuransi lebih menguntungkan.

Namun bila anda mampu untuk mengolah dana yang anda miliki untuk investasi di bidang lainnya dengan tujuan mendapatkan manfaat finansial, maka investasi tersebut harus anda kuasai agar dapat memberi manfaat sesuai yang anda butuhkan karena investasi yang anda pilih selain melalui asuransi juga memiliki potensi untuk tidak menguntungkan yang lebih besar.

Itulah beberapa ulasan mengapa asuransi lebih menguntungkan ketimbang investasi di bidang lainnya untuk tujuan tertentu, semoga dapat memberikan pandangan pada anda kelak dalam berinvestasi.

Related Post

Written by 

One thought on “Mengapa Asuransi Lebih Menguntungkan Ketimbang Investasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *