]Asuransi menjadi hal yang mungkin akan disodorkan ketika anda diterima di suatu perusahaan. Bukan tanpa sebab perusahaan menyodorkan asuransi tersebut kepada calon karyawannya. Hal itu akan membantu perusahaan dalam menangani permasalahan yang dihadapi seputar pelayanan terhadap karyawan.

Salah satu jasa asuransi yang ditawarkan baik dari perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan lainnya atau dari pemerintah yakni adalah asuransi keselamatan kerja atau asuransi kecelakaan karyawan. Asuransi ini penting dimiliki oleh karyawan terkait oleh beberapa hal yang menyangkut jaminan apabila terjadi suatu kemalangan yang terjadi menimpa karyawan.

Berikut beberapa manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan yang dirasakan oleh karyawan itu sendiri maupun perusahaan serta keluarga karyawan.

Untuk Karyawan

Untuk karyawan, manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan adalah untuk menjamin keselamatan setelah terjadi kemalamgan yang mrnimpanya. Jadi anggapan bahwa asuransi akan menghindarkan kemalangan dari seseorang tentu saja hanyalah mitos. Yang dibantu oleh pihak asuransi sendiri adalah bagaimana kerugian yang akan dialami oleh karyawan. Keruguan ini bisa diakibatkan oleh pembiayaan untuk biaya perawatan hingga biaya pemulihan yang tentunya akan banyak memakan biaya.

Manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan ini membantu untuk karyawan dalam memenuhi pembiayaan seperti yang sudah dikatakan bahwa mungkin tidak akan murah. Sehingga kerugian yang akan dirasakan akibat kecelakaan kerja tersebut dapat diminimalisir dengan meminimalisir pendanaan aerta pemberian kualitas kesehatan yang lebih memadai sesuai dengan perjanjian yang dilakukan antara klien dan penyedia jasa layanan asuransi kecelakaan.

Untuk Keluarga Karyawan

Untuk keluarga korban sendiri manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan dirasakan dengan memyaksikan bahwa orang yang mereka sayangi diperlakukan dengan baik dan dijamin oleh perusahaan yang dalam hal ini adalah melalui perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan kesehatan melalui trnaga kesehatan yang mumpuni. Masalah pembiayaan juga keluarga tidak perlu banyak memikirkan karena pihak asuransi akan menanggung segaal biaya yang dibutuhkan selama masih dalam cakupan kerjasama yang ada.

Untuk Perusahaan

Manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan juga dirasakan oleh perusahaan. Perusahaan akan mendapatkan manfaat dalam beberapa hal yakni yang pertama adalah dalam hal administrasi. Dalam hal administrasi, perusahaan tak perlu mengurusi langsung keadaan karyawan yang mengalami kecelakaan dalam pekerjaan.

Perusahaan hanya perlu memfasilitasi antara karyawan dan perusahaan asuransi yang menjadi rekanan. Memfasilitasinya bisa dalam hal pembayaran premi berupa potongan dari gaji yang didapat sehingga karyawan juga terbantu dalam mengurus anggaran pemasukan. Hal ini tak terpengaruh pada jangka waktu pembayaran premi yang harus dibayarkan karena perusahaan juga bisa mengumpulkan dana tersebut terlebih dahulu.

Selain untuk urusan administrasi, perusahaan juga bisa merasakan manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan dalam hal finansial. Perusahaan tidak perlu banyak mengeluarkan banyak pengeluaran untuk perawatan karyawan. Perusahaan hanya perlu memberikan santunan kepada karyawan yang mengalami kemalangan.

Baca Juga : Resiko Apa Saja yang Dilindungi Asuransi Kecelakaan Diri?

Bukan berarti perusahaan tidak peduli pada nasib karyawan yang terkena kemalangan, melainkan perusahaan menunjukkan kepedulian yang diawali dengan kerjasama dengan pihak asuransi agar karyawan tidak merasa ditelantarkan oleh perusahaan.

Pentingnya keberadaan asuransi karyawan dalam sebuah perusahaan penting dirasakan oleh beberapa pihak baik bagi karyawan itu sendiri, bagi keluarga karyawan di rumah hingga pihak perysahaan sama sama merasakan manfaat positif asuransi kecelakaan karyawan. Asuransi ini bukanlah tindakan gambling atau pertaruhan melainkan lebih kepada pencegahan dari kemalangan yang mungkin bisa saja terjadi.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *