Tujuan awal perusahaan atau seseorang membeli produk asuransi adalah untuk melakukan rencana perlindungan saat terjadi sebuah kemalangan yang mungkin akan terjadi. Kemalangan ini bisa menimbulkan berbagai masalah dan salah satunya adalah masalah finansial. Masalah finansial karena kemalangan tersebut bisa mengakibatkan kerugian yang besar dan tentu saja mereka yang tidak memiliki asuransi atau rencana cadangan harus mengambil dana dari tabungan mereka dan salah satu kemalangan yang umumnya terjadi adalah kecelakaan kerja. Nah oleh karena itu asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja terutama bagi mereka yang memiliki karakteristik pekerjaan seperti berikut.

Pekerja Lapangan

Pekerja lapangan adalah mereka yang bekerja di area luas yang terekspos langsung dnegan lingkungan sekitar, dalam hal ini berada di luar gedung. Dengan demikian, kemungkinan untuk terjadi adanya kecelakaan lebih besar karena minimnya perlindungan atau terekspos langsung dengan lingkungan sekitar. Asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja lapangan seperti ini guna meminimalisir akibat yang mungkin akan muncul. Belum lagi gangguan kesehatan akibat terekspos lingkungan sekitar dalam jangka waktu yang lama juga bisa berakibat buruk.

Selain itu, asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja lapangan karena mereka juga memiliki mobilitas yang lebih tinggi. Dengan tingginya mobilitas tersebut, kemalangan bisa terjadi karena kecelakaan dalam transportasi atau berkendara. adanya asuransi yang menjamin kebutuhan pekerja tersebut, maka kerugian finansial yang mungkin akan dialami bisa ditekan seminimal mungkin.

Pekerja Kontraktor

Asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja kontraktor sejak dulu. Alasannya tentu saja karena situasi kerja kontraktor yang lebih rawan untuk terjadi sebuah kecelakaan disbanding mereka yang bekerja kantoran. Pekerja kontraktor ini bisa menjadi korban akibat kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh kesalahan manusia atau kesalahan lain. Asuransi menjadi faktor penting yang akan membantu apabila kemalangan tersebut itu datang.

Pekerja kontraktor juga umumnya sering dikirim ke daerah daerah yang jauh dari tempat tinggalnya sehingga mereka akan menghadapi lingkungan baru yang tidak biasa. Lingkungan ini bisa saja memiliki potensi kecelakaan yang lebih tinggi meskipun tentu saja keselamatan kerja wajib untuk diutamakan. Asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja kontraktor ini tentu saja akan membantu apabila kejadian yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

Baca juga: Memahami Asuransi Jiwa, Menjaga Masa Depan Keluarga

Pekerja Pabrik

Meskipun terlihat cenderung lebih aman karena standar keamanannya, namun bukan berarti kecelakaan tidak akan terjadi. Apalagi jika kecelakaan tersebut terjadi karena human error atau kesalahan manusia. Asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja pabrik dengan alasan yang sama yakni melindungi dari kerugian yang bisa saja terjadi apabila terjadi kecelakaan tersebut.

Pekerja pabrik sendiri bukan berarti selalu berbahaya karena ada juga mereka yang memiliki tugas di bagian adminsitrasi sehingga berada didalam kantor. Namun bagi mereka yang bertugas di pabrik seperti operator mesin, pemeliharaan mesin serta yang lain mungkin akan lebih membutuhkan asuransi kecelakaan. Dengan demikian asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja yang disesuaikan dengan tingkat resiko yang mungkin dialami.

Seperti yang yang dikatakan sebelumnya bahwa asuransi kecelakaan karyawan dibutuhkan pekerja sesuai dengan resiko yang ada dalam pekerjaan mereka. Ada pekerjaan lainnya seperti juru mudi, pekerja tambang, pekerja pembersih kaca gedung dan lainnya yang memiliki potensi untuk terjadi kecelakaan. Dan agar kecelakaan kerja tersebut tidak menjadi beban, akan lebih baik jika karyawan atau pekerja tersebut mengajukan asuransi karyawan yang akan membantu dan apabila perusahaan kurang memberikan jaminan atas pekerjaan anda, anda bisa mengajukan untuk memiliki asuransi lainnya.

Baca juga: Manfaat Bekerja Dilindungi Asuransi Untuk Karyawan