Memilih asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih

Meskipun seringkali diremehkan, namun secara nyata asuransi bisa memberikan manfaat atau bahkan masalah apabila tidak memilih yang tepat. Hal ini memang sulit namun juga mudah karena umumnya perusahaan tempat anda bekerja sudah terlebih dahulu memakai jasa asuransi tertentu dalam pekerjaannya. Namun hal itu bukan berarti anda wajib untuk memiliki jenis asuransi yang smaa dengan perusahaan anda. Anda bisa menolak asuransi tersebut apabila asuransi tersebut kurang memberikan manfaat dan menggantinya dengan asuransi pribadi, atau bahkan asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih.

Ciri Asuransi Karyawan Yang Tepat Untuk Anda

  1. Premi Sesuai Kemampuan Finansial

Ciri pertama bahwa asuransi tersebut merupakan asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih adalah asuransi itu memiliki premi sesuai dengan kemampuan finansial anda. Namun, tidak sesuai bukan berarti mahal tetapi jika anda memilih yang murah atau memiliki plafon kecil sekalipun hal tersebut tidak sesuai.

  1. Manfaat Jelas

Untuk asuransi karyawan memang berbeda dengan asuransi pribadi. Oleh karena itu, pastikan asuransi karyawan tersebut jelas memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang tercantum dalam perlindungan dan apa yang tidak. Kapan manfaat itu bisa digunakan dan kapan manfaat asuransi karyawan tersebut tidak dapat digunakan.

  1. Tidak Ada Paksaan

Ya, yang satu ini jelas menjadi asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih karena tidak adanya paksaan dari perusahaan maupun pihak asuransi. Karena, apabila asuransi tersebut memang bermanfaat bagi karyawannya dan karyawan membutuhkannya maka karyawan akan mendaftarkan dirinya tanpa ada paksaan apapun.

  1. Sesuai Dengan Perusahaan Anda

Ciri lainnya untuk asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih adalah sesuai untuk perusahaan atau tempat anda bekerja. Asuransi memiliki spesialisasi yang jaminan serta perlindungannya disesuaikan dengan bidang pekerjaan dari karyawan tersebut yang oleh karena itu anda harus memilih yang sesuai untuk perusahaan anda apalagi jika perusahaan anda belum memiliki jalinan kerjasama dengan pihak asuransi.

  1. Mudah Dalam Klaim

Hal ini menjadi salah satu ciri atau faktor penting untuk asuransi yang semestinya diandalkan oleh perusahaan untuk karyawannya. Alasannya, dengan klaim yang mudah pihak pengaju klaim akan mendapatkan haknya dan tidak perlu ada urusan lebih lanjut sehingga pekerjaan tetap berjalan secara efektif.

Baca juga Tenaga Kerja atau Buruh

Selain bermanfaat untuk karyawan atau pekerjanya, keberadaan asuransi karyawan juga membantu perusahaan. Dengan memilih asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih maka anda dan juga perusahaan anda akan mendapatkan berbagai manfaat seperti berikut ini:

Manfaat asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih bagi perusahaan

  1. Efektifitas pekerjaan meningkat
  2. Karyawan terpenuhi haknya dan perusahaan hanya perlu mengawasi
  3. Kesejahteraan karyawan terjamin, mutu perusahaan meningkat
  4. Tidak akan terjadi masalah yang mengganggu semangat kerja

Nah itulah beberapa manfaat dari memilih asuransi karyawan yang tepat untuk dipilih untuk perusahaan tempat karyawan bekerja. Meskipun umumnya perusahaan telah memiliki jalinan kerjasama dengan pihak asuransi tertentu, namun apabila asuransi tersebut tidaklah cocok dan lebih banyak menimbulkan masalah maka perusahaan pun tidak akan merasakan manfaatnya dari karyawannya. Alhasil bisa saja karyawan memilih jenis asuransi lainnya seperti asuransi pribadi atau bahkan asuransi karyawan yang lain yang akan memberikan manfaat lebih baik daripada asuransi yang dipilih namun tidak memenuhi kebutuhan karyawan.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menentukan langkah anda dalam berasuransi di perusahaan anda dan mampu memperoleh manfaat yang tepat.

Baca juga Mengapa Karyawan Harus Terlindungi Asuransi Dalam Bekerja

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *