Asuransi karyawan wajib dimiliki oleh karyawan sejak saat karyawan pertama kali bekerja pada suatu perusahaan. Asuransi yang ditawarkan umumnya adalah asuransi wajib seperti asuransi kecelakaan, asuransi jiwa serta asuransi kesehatan. Mengapa asuransi tersebut diwajibkan oleh perusahaan selain karena kewajiban yang diwajibkan oleh pemerintah.

Sebenarnya asuransi karyawan yang diberikan terhadap karyawan atau pekerja di perusahaan tersebut memberikan keuntungan bagi perusahaan tersebut. Salah satu keuntungannya adalah produktifitas bagi perusahaan. Bagaimana produktifitas tersebut bisa terjamin oleh asuransi karyawan? Berikut penjelasan asuransi karyawan jaminan produktifitas karyawan.

Kenyamanan Bekerja

Hal pertama yang membuat asuransi karyawan sebagai jaminan produktifitas karyawan adalah kenyamanan bekerja. Disaat karyawan merasa bahwa segala kebutuhannya terpenuhi seperti gaji yang cukup, jaminan pelayanan selama bekerja, serta jaminan yang ditawarkan perusahaan di masa depan seperti uang pensiun memberikan kenyamanan bagi karyawan sehingga karyawan betah dan nyaman untuk bekerja. Kenyamanan ini akan terbayar dengan kesetiaan karyawan dalam membangun karir di perusahaan tersebut.

Hal sebaliknya akan terjadi apabila perusahaan tidak memiliki tawaran untuk jaminan selama bekerja atau merasa perusahaan tidak memperhatikan nasibnya sebagai bagian dari perusahaan. Alhasil, karyawan akan cepat menginkan resign atau keluar, atau karyawan tidak akan maksimal dalam menjalankan tugasnya. Jaminan produktifitas karyawan ini tercermin dari pelayanan perusahaan terhadap karyawan dan salah satunya adalah dengan jaminan asuransi yang lengkap.

Pelayanan Terbaik Saat Dibutuhkan

Sekedar memiliki asuransi pun tidak akan menjadi jaminan produktifitas karyawan bagi sebuah perusahaan. Perusahaan wajib memberikan asuransi karyawan yang terbaik sehingga ketika asuransi tersebut dibutuhkan dan terjadi sebuah klaim, karyawan dapat dilayani dengan baik dan maksimal.

Pelayanan yang terbaik yang akan diberikan perusahaan asuransi terhadap karyawan seoerti pada asuransi kecelakaan. Pelayanan yang terbaik akan memberikan masa pemulihan yang yang maksimal dan baik. Dengan demikian, karyawan akan segera kembali ke rutinitas perusahaan kembali sehingga produktifitas kembali seperti semula. Hal ini juga akan membantu karyawan dalam pendapatannya sehingga tidak banyak berkurang karena pemulihan yang cepat.

Jaminan Masa Depan Karyawan

Jaminan produktifitas karyawan selanjutnya ada pada jaminan masa depan karyawan yang dutawarkan oleh perusahaan. Tawaran tersebut diberikan dalam bentuk asuransi dana pensiun yang bisa dimulai sejak pada usia tertentu. Dengan demikian karyawan akan merasakan dampak positifnya bekerja di perusahaan tersebut.

Tidak jarang karyawan muda yang cepat berpindah perusahaan karena merasa karir atau masa depannya tidak berkembang atau tidak terjamin. Dengan memberikan jaminan bekerja seperti dana pensiun bagi karyawan maka hal tersebut akan membuat karyawan semakins etia dan semakin produktif karena merasa perusahaan memberikan kepeduliannya pada karyawan yang bahkan setelah pensiun dari tempat kerjanya.

Baca Juga : Asuransi Kesehatan Karyawan Seperti Ini Wajib Dimiliki Seorang Karyawan

Hal tersebut tentunya akan menjadi nilai positif dan menjadi jaminan produktifitas karyawan apabila karyawan tersebut lama bekerja dan mengetahui seluk beluk perusahaannya. Dengan demikian kelangsungan usaha perusahaan akan terjaga dan stabil.

Hal yang manusiawi bagi seorang karyawan apalagi yang merupakan tulang ounggung perusahaan untuk mencari pekerjaan yang akan menjamin keselamatannya dalam bekerja atau menjamin masa depannya setelah bekerja lama di sebuah perusahaan melalui dana pensiun. Oleh karena itu asuransi karyawan yang dimiliki perusahan atau menjadi rekanan perusahaan akan memberi manfaat positif yang memberikan jaminan produktifitas karyawan pada perusahaan. Dengan demikian kedua belah pihak saling mendapatkan manfaat satu sama lain.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *