Asuransi karyawan adalah salah satu jenis asuransi yang memang ditujukan untuk mereka yang memiliki profesi sebagai karyawan di suatu perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa asuransi karyawan lebih diminati daripada asuransi pribadi atau jenis asuransi lainnya. Inilah beberapa alasan serta ulasannya.

1. Asuransi Karyawan Lebih Diminati Karena Harga Premi Yang Ringan

Salah satu alasan mengapa asuransi karyawan lebih diminati adalah karena asuransi karyawan memliki harga premi yang lebih ringan. Karena itulah, asuransi karyawan yang ditawarkan selalu memiliki kemungkinan dipilih oleh karyawan ketimbang penawaran asuransi lainnya. Karena secara umum asuransi lainnya memiliki harga yang lebih mahal hingga diatas dua kali lipatnya.

Tidak semua karyawan memiliki gaji yang cukup memenuhi kebutuhan keluarganya di setiap bulannya. Oleh karena itulah, asuransi karyawan menawarkan manfaat yang dapat membantu karyawan sebagai perlindungan dari berbagai masalah yang akan membuat keuangan terganggu namun dengan modal yang juga tidak akan mengganggu keunganan bulanan dari karyawan tersebut.

2. Kebersamaan Sesama Karyawan

Alasan kedua mengapa asuransi karyawan lebih diminati adalah karena kebersamaan sesama karyawan. Fungsi dari asuransi bagi karyawan tidak hanya untuk mencari manfaat atas diri seorang karyawan itu sendiri namun juga sebagai kebersamaan sesama karyawan di suatu perusahaan. Melalui dana yang terkumpul, asuransi tersebut akan membantu karyawan yang memang membutuhkan bantuan dana untuk biaya rumah sakit dan sebagainya.

Asuransi karyawan yang dikelola oleh perusahaan tepat karyawan itu bekerja umumnya memang bertujuan untuk mensejahterakan karyawan yang bekerja dalam perusahaan yang sama. Oleh karena itulah perlu adanya kerjasama yang erat antar karyawan sehingga dapat membantu satu sama lain dari asuransi tersebut.

Baca juga : 4 Pertimbangan Memiliki Lebih Dari Satu Asuransi

3. Manfaat Yang Sesuai Dengan Karyawan

Mengapa asuransi karyawan lebih diminati juga karena manfaat yang diberikan sesuai dengan kebutuhan karyawan. Seperti contohnya adalah asuransi kecelakaan yang akan menjamin karyawan dalam bekerja. Memang perusahaan juga akan memberikan jaminan bagi karyawan namun tidak semua perusahaan dapat memberikan jaminan yang layak untuk karyawan tersebut.

Manfaat lainnya yang juga ada dan diberikan oleh asuransi ada seperti asuransi jiwa, kesehatan yang juga tidak kalah lengkap dengan asuransi pribadi yang mana asuransi karyawan memiliki harga premi yang lebih ringan bagi karyawan sehingga dapat menyisihkan sebagian besarnya untuk menabung.

4. Untuk Kesejahteraan Karyawan di Masa Depan

Selain digunakan sebagai dana kebersamaan sesama karyawan, asuransi karyawan juga diminati karena perlindungan untuk kesejahteraan untuk masa depan karyawan. Mengapa demikian? Hal itu juga berhubungan dengan poin ketiga dimana hal tersebut menjadi salah satu manfaat yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Kebutuhan yang akan diperlukan untuk karyawan di masa depan tersebut adalah asuransi dana pensiun yang mana juga disediakan oleh asuransi karyawan. Itulah mengapa asuransi karyawan lebih diminati karena untuk asuransi pribadi tidaka akan ditemui manfaat seperti ini.

5. Minim Resiko

Berbeda dengan asuransi pribadi yang penuh dengan resiko baik dari perusahaan maupun dari faktor lainnya, asuransi karyawan dinilai lebih minim resiko. Pasalnya dalam hal ini perusahaan memiliki tujuan untuk mensejahterakan karyawannya melalui asuransi kecelakaan, kesehatan bahkan asuransi dana pensiun bagi karyawan yang mendekati masa pensiun.

Itulah beberapa alasan mengap asuransi karyawan lebih diminati banyak karyawan ketimbang oleh asuransi pribadi lainnya meskipun dana yang diberikan lebih sedikit dari asuransi jenis lainnya namun tetap dapat memberikan keuntungan.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *