Dalam melakukan klaim asuransi ternyata tidak selalu sukses. Hal ini tidaklah semuanya diakibatkan oleh pihak perusahaan asuransi yang memaksa untuk menolak klaim tersebut. Nah berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan apabila klaim asuransi ditolak.

Cek Pembayaran Premi Anda

Yang pertama anda perlu lakukan adalah dengan mengecek kembali riwayat pembayaran premi anda, apakah anda sudah membayarnya dan apakah sudah atau belum melakukan pembayaran terbaru. Jangan sampai anda melebihi tenggat waktu yang disepakati.

Memang salah satu alasan ditolak adalah karena asuransi anda dalam masa tenggang yang berarti belum melakukan pembayaran. Jeleknya, anda mungkin tidak akan dapat melakukan klaim secara tepat waktu karena meskipun anda sudah melakukan pembayaran, namun seperti biasa anda harus menunggu warba tenggang tersebut berakhir.

Cek Persyaratan Anda Kembali

Yang kedua apabila klaim asuransi ditolak adalah janganlah kecewa, cek kembali persyaratan yang sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan asuransi. Jangan sampai nantinya anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan klaim hanya karena tidak telitinya dalam mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan klaim.

Persyaratan ini tidak jauh letakknya dengan polis yang dimiliki yang memuat pasal-pasal kerjasama dan juga atau syarat syarat yang dibutuhkan dalam melakukan proses klaim. Karena ada dua jenis klaim yang secara umum diberikan yakni sistem claim cashless yang anda tidak perlu membayar terlebih dahulu. Oleh karena itulah, pahami polis yang anda milki agar anda juga memahami apa yang menjadi kewajiban anda.

Baca juga: 4 Alasan Berganti Asuransi

Tanyakan Kekurangan Pada Perusahaan

Meskipun bukan langkah yang terakhir, apabila klaim asuransi ditolak anda bisa menemui pihak asuransi dan meminta penjelasan. Hal tersebut adalah hak anda sebagai nasabah yang mana juga berhak untuk menjaga apa yang menjadi miilik anda.

Secara umum perusahaan asuransi baru umumnya akan sedikit kaku dalam memperhatikan kepentingan dari klien atau dalam hal ini adalah memberi pengertian tentang sebuah asuransi terutama untuk asuransi yang dimiliki oleh tiap individu.

Bantuan Hukum

Apabila anda sudah yakin bahwa semua persyaratan sudah anda miliki, serta sudah sesuai dengan polis yang disepakatin namun tetap saja klaim asuransi ditolak anda bisa memanfaatan layanan untuk bantuan hukum pada otoritas jasa keuangan. Ototritas jasa keuangan memiliki bagian tersendiri untuk menangani apabila klaim asuransi ditolak namun fakta sebenarnya bisa lolos hingga klaim tersebut dkabulkan.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan apabila klaim asuransi ditolak. Langkah langkah tersebut memang perlu diperhatikan karena polis asuransi sudah berkuasa atas klaim. Namun penolakan tersebut juga bisa menjadi pertimbangan untuk anda apakah anda nantinya akan meneruskan asuransi yang kurang sehat ini atau nantinya anda akan mengganti asuransi anda dengan yang baru.

Memang tidak ada yang salah apabila anda kecewa dengan permasalahan apabila klaim asuransi ditolak ini, namun keluar dari asuransi anda sekarang bisa menjadi opsi yang mana sekali lagi anda memang tidak bisa melanjutkan proses klaim karena perusahaan tetap menolak. Apalagi anda bukan seseorang yang selalu ditemani pengacara.

Oleh karena itulah, pertimbangkan matang matang saat akan mendaftar asuransi yang akan anda andalkan selama beberapa tahun. Pasalnya, keselahan seperti apabila klaim asuransi ditolak meski anda sudah sesuai syarat dan juga sesuai dengan polis tersebut maka bisa diambil kesimpulan bahwa asuransi tersebut tidak dijalankan dengan perorangan.

RelatedPost

Written by 

One thought on “Yang Perlu Dilakukan Apabila Klaim Asuransi Ditolak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *