Klaim Asuransi DItolak: Permasalahan yang sering dialami oleh pemilik asuransi dan bisa terbilang menjadi permasalahan yang berat adalah penolakan klaim. Penolakan klaim ini berarti anda tidak akan mendapatkan manfaat dari asurani yang anda miliki. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi ketika klaim asuransi ditolak? Berikut ada beberapa penjelasannya.

Sebelum Melakukan Klaim

Beberapa hal yang ada dibawah ini sebaiknya anda cek kembali sebelum melakukan klaim baik yang saat ini sedang ditolak maupun pengajuan klaim di masa depan nanti. Pastikan ada memenuhi setiap langkahnya.

Apa Yang Harus dilakukan

1. Baca kembali polos anda

Hal ini adalah hal yang paling mendasar dari pengajuan klaim. Anda harus benar benar paham bahwa klaim anda berdasarkan polis yang tertulis. Jika tidak, sudah pasti akan ditolak oleh pihak asuransi.

2. Lengkapi Persyaratan Yang Kurang

Selain karena tidak sesuai dengan polis asuransi, permasalahan dari penolakan asuransi selanjutnya adalah karena persyaratan yang kurang. Persyaratan yang kurang ini bisa karena dokumen yang anda sertakan kurang lengkap atau mungkin ada perbedaan yang dimaksud.

3. Selesaikan Pembayaran Yang Kurang

Yang selanjutnya menjadi masalah ketika anda mengalami klaim asuransi ditolak adalah terjadi pelanggaran pada perjanjian asuransi. Seperti yang umum terjadi yakni anda telat membayarkan premi sehingga asuransi anda tidak aktif untuk sementara waktu. Jika hal ini terjadi anda terpaksa mengurungkan niat untuk melakukan klaim karena klaim hanya dapat dilakukan ketika jaminan asuransi aktif dan untuk menjadi aktif membutuhkan waktu tertentu setelah anda melunasi pembayaran premi anda.

Hal Yang Membuat Klaim Asuransi Ditolak

1. Pelanggaran Hukum

2. Pembayaran belum lunas

3. Persyaratan kurang

4. Melewati batas waktu untuk melakukan klaim

Baca juga Ciri Anda Telah Memiliki Asuransi Yang Tepat

Apabila Masih Tidak Berhasil

Apabila klaim yang anda ajukan masih saja di tolak meskipun anda sudah yakin bahwa apa yang anda klaim telah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan polis yang anda miliki. Lakukan langkah langkah yang bisa atau mungkin untuk anda lakukan untuk mengatasi permasalahan klaim asuransi ditolak.

Membawa Ke BMAI

Untuk mengatasi klaim asuransi ditolak yang bandel dan cukup memiliki dana jaminan yang cukup besar, anda bisa membawanya ke BMAI atau Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia. Disini anda bisa melakukan pengecekan kembali kesesuaian klaim dan polis anda sehingga pihak asuransi tidak bisa lari dari tanggung jawabnya untuk membayar biaya pertanggungan yang sesuai.

Menghentikan atau Berganti Asuransi Anda

Selain membawanya ke pihak BMAI, anda bisa mempertimbangkan untuk menghentikan asuransi anda apabila tetap saja klaim asuransi ditolak. Ada beberapa alasan yang akan membuat anda mempertimbangkan untuk mengganti asuransi terutama asuransi anda merupakan asuransi jangka pendek yang tidak akan terlalu membawa dampak negatif untuk anda. Bagaimana cara untuk menghentikan atau menutup polis asuransi? Berikut ini juga kamu bisa baca langkah langkahnya.

Baca juga Bagaimana Membandingkan Asuransi, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

Cara Untuk Menutup Asuransi

1. Datang ke Kantor Asuransi

2. Minta dokumen untuk penutupan asuransi

3. Pahami dan lengkapi syarat syaratnya

4. Tutup Asuransi anda

Meskipun memang anda akan mengalami denda atau pemotongan dana sisa asuransi jika anda menutup asuransi sebelum masa perjanjjan berakhir, namun tetap apabila asuransi tersebut memang tidak memberikan manfaat apalagi tidak memberikan hak dari pemilik asuransi, anda akan lebih baik anda menutup asuransi anda dan anda bisa mempertimbangkan asuransi lainnya yang memiliki reputasi lebih baik dalam hal kemudahan untuk klaim maupun dalam pelayanan sehingga pemilik asuransi lebih memahami polisnya.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *