Memilih sebuah produk asuransi tidak boleh sembrono atau asal asalan. Alasannya adalah karena produk asuransi adalah sebuah investasi jangka panjang yang apabila anda salah pilih bukannya akan membawa manfaat bagi anda malah akan membawa kerugian finansial. Nah salah satu asuransi utama yang paling direkomendasikan untuk dimiliki adalah asuransi kesehatan. Biaya kesehatan yang mahal serta gangguan kesehatan yang tidak sedikit menjadikan asuransi yang satu ini menjadi salah satu asuransi yang wajib dimiliki. Lalu apa saja faktor memilih asuransi kesehatan? Berikut ulasannya.

Pahami Jenisnya

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah asuransi kesehatan, ada baiknya jika anda mengerti beberapa jenis asuransi kesehatan sebelum membaca faktor memilih asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sendiri sangat banyak jenisnya mulai dari asuransi kesehatan karyawan, penyakit tertentu dan lain lain. Setelah anda mengerti tentang jenis jenis asuransi tersebut selanjutnya anda bisa melanjutkan untuk memilih berdasarkan faktor lainnya.

Kebutuhan

Faktor memilih asuransi kesehatan yang pertama adalah jelas karena faktor kebutuhan. Namun bukan berarti mereka yang membutuhkan asuransi ini adalah mereka yang sudah berusia paruh baya, usia lanjut atau karena memang sudah ada gangguan kesehatan tertentu. Mereka yang masih muda dan juga masih sehat juga sangat disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan. Alasan utamanya adalah karena kita tidak tahu kapan gangguan kesehatan akan datang dan saat itulah kita membutuhkan asuransi yang tepat untuk menjamin kita dari pengeluaran dana yang tidak terduga. Apalagi jika pengeluaran dana tersebut tidak sedikit jumlahnya dan bisa membebani finansial kita.

Manfaat

Setelah anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan anda, faktor memilih asuransi kesehatan selanjutnya adalah mencari mana yang akan memberikan manfaat yang pas untuk anda. Setiap produk asuransi akan memberikan manfaat yang cenderung berbeda. Ada juga rider rider yang ditambahkan untuk pemilik polis sebagai bonus. Oleh akrena itu perhatikan dengan baik apa manfaat yang akan anda dapatkan ketika memilih produk asuransi tersebut.

Tenaga Medis dan Fasilitas Kesehatan

Faktor memilih asuransi kesehatan lainnya yang juga anda perlu perhatikan adalah tenaga medis mana yang akan menangani klaim anda nanti. Umumnya perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan rumah sakit tertentu. Jika demikian maka akan lebih baik jika anda menanyakan tentang tenaga medis mana yang akan ditawarkan juga bagaimana kualitas dari tenaga medis dan fasilitas kesehatan dari asuransi tersebut.

Premi

Yang tidak boleh dilupakan tentu saja adalah premi yang harus dibayarkan. Premi yang murah belum tentu berarti baik. Apalagi jika plafon tanggungannya kecil, maka murah tidak menjadi jaminan untuk anda pilih. Akan lebih baik jika anda bisa menilai apakah premi yang anda bayarkan sesuai dengan tenaga medis serta fasilitas kesehatan yang anda akan dapatkan. Itulah faktor memilih asuransi kesehatan yang harus anda pilirkan.

Baca juga: Memiliki Asuransi di Usia Muda, Perlukah?

Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Untuk faktor memilih asuransi kesehatan yang terakhir adalah anda harus bisa memilih perusahaan asuransi yang sudah terbukti kredibilitasnya. Anda bisa membandingkannya antara satu dan lainnya sebelum anda memutuskan untuk membeli polis tersebut. Tidak sedikit perusahaan asuransi yang merugikan nasabahnya. Perusahaan asuransi besar pun tidak lepas dari permasalahan tersebut karena bisa dilirik bagaimana perusahaan itu menghadapi klien kliennya.

Nah itulah beberapa faktor memilih asuransi kesehatan yang bisa anda lakukan sebelum memilih produk asuransi. Telitilah sebelum membeli asuransi.

Related Post

Written by 

6 thoughts on “Apa Saja Faktor Memilih Asuransi Kesehatan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *