Asuransi menjadi salah satu hal yang wajib dan disarankan untuk dimiliki oleh pekerja ataupun karyawan. Namun bagaiaman dengan mereka yang bukan pekerja dan karyawan? Apakah boleh memiliki produk asuransi? Tentu saja boleh. Hanya saja ada perbedaan asuransi karyawan dan asuransi pribadi yang cukup membedakan satu sama lain. Bagi anda yang belum memiliki asuransi, anda bisa membaca beberapa perbedaan antara asuransi karyawan dan asuransi pribadi berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi.

Produk Asuransi Yang Ditawarkan

Produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk ranah perusahaan dan pribadi tentu saja berbeda. Perbedaan asuransi karyawan dan asuransi pribadi terletak pada jenis produknya dimana produk dari asuransi karyawan memiliki hubungang erat dengan perusahaan sedangkan untuk asuransi pribadi lepas dari pihak lain. Untuk asuransi karyawan umumnya terkait dengan keselamatan kerja, kecelakaan kerja serta bantuan dana pensiun. Sedangkan untuk asuransi pribadi, asuransi yang ditawarkan berupa kesehatan, barang pribadi dan cenderung lebih banyak jenisnya.

Keanggotaan

Perbedaan asuransi karyawan dan asuransi pribadi juga ada dalam hal keanggotaan. Untuk asuransi karyawan sendiri umumnya ditawarkan dengan minimal jumlah keanggotaan sedangkan untuk asuransi pribadi tentu saja hanya satu orang saja. Asuransi karyawan bisa saja ditawarkan kepada seluruh karyawan di perusahaan dan mungkin saja diwajibkan untuk memilikinya jika karyawan tersebut bekerja di perusahaan tertentu.

Tentunya pilihan untuk perusahaan asuransi yang akan diajak bekerja sama menjadi kewenangan perusahaan bagi beberapa perusahaan. Namun untuk asuransi pribadi, anda memiliki keleluasaan dalam memilih asuransi apa yang akan anda pilih dan produk asuransi dari perusahaan asuransi mana yang akan anda pilih merupakan kebebasan anda.

Apakah pemilik asuransi karyawan bisa memiliki asuransi pribadi? Tentu saja bisa. Jika karyawan tersebut merasa jika asuransi karyawan yang dimiliki kurang memberikan jaminan perlindungan yang lengkap maka karyawan tersebut dapat membeli produk asuransi pribadi lainnya. Seperti asuransi kendaraan pribadi, asuransi rumah dan beberapa asuransi lainnya yang tidak ada dalam asuransi karyawan. Sedangkan untuk perorangan apakah bisa memiliki asuransi karyawan? Tentu saja bisa asalkan memenuhi syarat keanggotaan yang ditawarkan oleh pihak asuransi karyawan.

Lingkup Jaminan

Lingkup jaminan menjadi salah satu perbedaan asuransi karyawan dan asuransi pribadi. Alasannya? Pada beberapa produk asuransi karyawan memiliki batasan atau polis yang mengatur klaim hanya pada saat bekerja seperti asuransi keselamtan kerja atau kecelakaan kerja. Sedangkan pada produk asuransi yang sama dari asuransi pribadi yakni kecelakaan atau keselamatan memiliki cakupan yang lebih luas dimanapun seseorang itu berada. Perbedaan ini sebenarnya tidak akan merugikan. Alasannya pada kegiatan pekerjaan tertentu, kecelakaan mungkin dapat lebih sering terjadi baik ringan maupun berat sehingga perlindungan asuransi karyawan atau pekerja sangat dibutuhkan oleh mereka.

Administrasi

Perbedaan asuransi karyawan dan asuransi pribadi selanjutnya ada pada bagian adminsitrasi. Untuk asuransi karyawan seluruh administrasi umumnya diatur oleh perusahaan mulai dari pendaftaran yang biasanya otomatis terdaftar jika diterima bekerja di sebuah perusahaan, urusan pembayaran premi melalui potong gaji hingga proses klaim. Hal ini akan meningkatkan efiseiensi kerja karyawan sehingga berdampak pada efisiensi kerja perusahaan.

Baca Juga : Bagaimana Mendapatkan Masa Pensiun Yang Bahagia Dengan Perlindungan Asuransi

Dengan demikian  karyawan akan memiliki jaminan dan roda usaha perusahaan tetap berjalan. Sedangkan pada asuransi pribadi atau perorangan tentu saja diatur secara perorangan atau pribadi itu sendiri. Mulai dari proses pendaftaran hingga proses klaim akan diurus secara perorangan. Bagaimana jika terjadi sebuah masalah? Pemilik asuransi bisa menggunakan jasa pengacara untuk membantu menyelesaikan permasalahan.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *