Mendapatkan berbagai pilihan asuransi di masa seperti ini bukanlah menjadi sebuah hal yang jarang terjadi. Anda bisa saja mendapatkan tawaran untuk asuransi yang baru meskipun anda sudah memilki asuransi. Hal yang umumnya membingungkan adalah pilihan antara bergabung dengan asuransi pribadi atau asuransi karyawan tempat anda bekerja. Hal hal tersebut bisa saja sama sama menguntungkan, namun ingat kemampuan finansial anda untuk membayar premi berkalanya. Nah berikut ini ada beberapa faktor yang bisa anda jadikan acuan dalam menentukan asuransi yang sebaiknya dipilih.

Keikutsertaan

Yang pertama sebagai faktor dalam menentukan asuransi yang sebaiknya dipilih adalah keikutsertaan. Keikutsertaan menjadi salah satu faktor karena tidak semua asuransi menerima keanggotaan atau pendaftaran secara perorangan yakni dalam asuransi karyawan. Asuransi karyawan setidaknya memiliki minimal pendaftaran setidaknya 5 sampai 10 orang atau bisa saja lebih. Hal ini tentu saja membuat asuransi karyawan bukan menjadi opsi untuk mendaftar asuransi apabila anda hanya ingin mendaftar seorang diri.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi sebuah kemudahan apabila perusahaan anda memang bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut sehingga keanggotaannya merupakan sebuah kewajiban di perusahaan anda. Jika demikian anda bisa menambahasuransi tambahan afau rider atau bahkan menambah asuransi berbeda yakni dengam asuransi pribadi. Dengan demikian anda tidak perlu bingung lagi untuk asuransi yang sebaiknya dipilih.

Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial juga menjadi salah satu faktor untuk menentukan asuransi yang sebaiknya dipilih. Untuk asuransi karyawan umumnya dilakukan dengan potong gaji sehingga anda tidak perlu khawatir untuk lupa melakukan pembayaran preminya. Sedangkan untuk asuransi pribadi anda harus secara mandiri dan berkala membayarkan premi sesuai yang dijanjikan sebelumnya.

Asuransi pribadi cenderung memiliki banyak jenis produk dibandingkan dengan asuransi karyawan. Namun hal ini juga bervariasi pada biaya premi yang harus dibayarkan yakni daribiaya paling murah hingga biaya paling mahal sekalipun. Untuk asuransi laryawan umumnya sudah distandarkan dengan jumlah pendapatan yang didapatkan karyawan setiap bulannya sehingga dengan demikian dalam menentukan asuransi yang sebaiknya dipilih, karyawan banyak menimbamg nimbang.

Kemudahan

Hal lainnya dari kemudahan serta fasilitas yang didapatkan bisa mempengaruhi asuransi ang sebaiknya dipilih. Setiap perusahaan asuransi pasti menawakrkan kemudahan tak terkecuali. Hanya saja untuk asuransi karyawan, segala administrasi akan diaturkan oleh perusahaan atau perwakilan dari karyawan tersebut. Namun untuk asuransi pribadi, segala urusan harus dilakukan sendiri atau secara pribadi.

Faktor yang satu ini memang bergantung pada jenis asuransi yang dipilih. Namun hal ini juga menjadi pilihan anda dimana anda bisa mendapatkan kenyamanan atau kemudahan sesuai dengan keinginan hati atau tidak. Kemudahan ini termasuk kedalam faktor pribadi dari setiap orang sehingga bisa memilih sesuai keinginan dan standar masing masing.

Cakupan Jaminan

Cakupan jaminan menjadi faktor yang menentukan asuransi yang sebaiknya dipilih. Jika anda menginginkan perlindungan yang menyeluruh kepada seluruh diri hingga properti anda maka asuransi pribadi lebih banyak memiliki variasi untuk itu. Sedangkan untuk asuransi karyawan, setidaknya anda memiliki 3 jenis asuransi karyawan yang utama yakni asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan serta asuransi dana pensiun karyawan.

Baca Juga : Apa Perbedaan Asuransi Karyawan dan Asuransi Pribadi?

Cakupan asuransi pribadi bisa memberikan perlindungan pada ranah pribadi seperti kendaraan pribadi, kediaman pribadi dan lain lainnya sehingga asuransi pribadi memang menjamin lebih personal daripada asuransi karyawan yang lebih umum.

Related Post

Written by 

One thought on “Apa Asuransi Yang Sebaiknya Dipilih, Asuransi Karyawan atau Asuransi Pribadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *