Salah satu jenis asuransi yang akan sering dilihat ketika dalam dunia kerja adalah jenis Asuransi Karyawan. Asuransi ini berbeda dengan jenis asuransi pribadi yang mana asuransi jenis ini memiliki keanggotaan yang umumnya bekerja di tempat yang sama. Untuk anda yang belum memilikinya, berikut ini ada 5 alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan.

1. Lebih Murah

Yang pertama yang menjadi alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan adalah karena harga premi yang lebih murah daripada asuransi pribadi. jika ditanya apakah asuransi pribadi lebih baik dan juga lebih menguntungkan maka jawabnya adalah tidak selalu benar. Asuransi Karyawan memiliki harga premi lebih mudah karena keanggotaannya yang berjumlah besar.

Asuransi pribadi lebih mahal karena yang terjamin oleh perlindungan adalah anda seorang. berbeda dengan asuransi karyawan yang umumnya memiliki syarat minimal keanggotaan sehingga biaya premi yang diwajibkan untuk dibayar lebih murah karena jumlah keanggotaan. Belum lagi jika asuransi tersebut dikelola oleh perusahaan tempat anda bekerja sehingga klaim yang nantinya akan lebih mudah.

2. Sesuai Dengan Pekerjaan

Berbeda dengan asuransi pribadi, asuransi karyawan disesuaikan dengan pekerjaan yang dimiliki. Misalnya sebagai contoh adalah asuransi kecelakaan. Dengan jenis asuransi ini maka akan ada bentuk perlindungan dari kecelakaan yang diakibatkan oleh resiko pekerjaan. Keberadaan jenis asuransi ini menjadi salah satu alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan.

Setiap pekerjaan yang memiliki resiko sudah diatur oleh pemerintah untuk dilindungi oleh perusahaan. Dan disisi lainnya juga, perusahaan wajib memberikan perlindungan untuk kesejahteraan karyawannya pula. Oleh karena itulah apabila perusahaan tidak mengelola asuransinya sendiri, maka bisa saja bekerja sama dengan perusahaan karyawan terkait. Itulah salahs atu alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan.

3. Lebih Mudah

Dengan memiliki Asuransi Karyawan, anda tidak perlu lagi memikirkan waktu atau mengumpulkan dana dari pendapatan anda untuk membayar premi berjangka dari asuransi anda. Berbeda dengan asuransi pribadi, asuransi karyawan umumnya dikelola oleh perusahaan dan sudah dipotong setiap bulannya dari gaji yang karyawan dapatkan. Dengan demikian, karyawan tidak perlu menganggarkan lagi karena kewajiban anda untuk membayar premi sudah terpenuhi. Dengan demikian, alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan juga bisa terlihat dari sisi lainnya.

Selain kemudahan dalam hal membayar kewajiban premi berjangka, karena dipotong langsung dari gaji bulanan, kemudahan lainnya juga ada dalam proses klaim. Proses klaim ini umumnya bisa diproses melalui HRD atau bagian lainnya. Namun, kemudahan ini akan didapat apabila memang perusahaan dimana anda bekerja sudah memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi atau memang mengelola asuransi sendiri untuk kesejahteraan karyawannya.

Baca juga: 4 Keuntungan Perusahaan Memiliki Asuransi Karyawan

4. Upaya Perusahaan Mensejahterakan Karyawan

Alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan yang dimiliki perusahaan adalah karena hal tersebut juga merupakan upaya perusahaan untuk menyejahterakan karyawannya. Sebagai contoh adalah produk asuransi berupa asuransi dana pensiun karyawan. Disini perusahaan membantu karyawan untuk mempersiapkan hari tuanya dengan menyisihkan sebagian dari pendapatannya. Dan karena hal tersebut adalah upaya dari perusahaan, kecil kemungkinan apabila asuransi karyawan tersebut bertujuan untuk memperoleh laba.

5. Solidaritas Sesama Karyawan

Di poin ke lima, alasan untuk memiliki Asuransi Karyawan adalah solidaritas sesama karyawan. Seperti yang diketahui jika asuransi karyawan memiliki syarat keanggotaan yang berbeda dengan asuransi pribadi dalam hal jumlah. Oleh karena itulah, sebagai sesama karyawan dari suatu perusahaan maka bolehlah untuk anda ikut bergabung.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *