Asuransi memang akan memberikan berbagai jenis perlindungan yang sesuai dengan keinginan pembeli. Dengan membeli produk asuransi tersebut, maka hal hal yang bisa mengakibatkan terjadinya kerugian finansial yang lebih besar bisa dihindari atau setidaknya diringankan oleh bantuan asuransi. Nah, salah satu asuransi yang banyak dimiliki adalah asuransi karyawan. Alasannya adalah karena hampir semua karyawan yang bekerja memiliki asuransi yang akan membantu mereka terhindar dari pengeluaran yang besar akibat terjadinya suatu masalah. Namun, ada juga mereka yang tidak mengandalkan asuransi karyawan namun lebih memilih asuransi pribadi untuk perlindungan mereka. Bagi anda yang masih mengandalkan asuransi karyawan, ada beberapa alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan saja.

Premi Lebih Terjangkau

Harga premi dari asuransi karyawan lebih terjangkau. Hal itu menjadi salah satu alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan. Memiliki sebuah asuransi adalah memiliki sebuah pengeluaran yang akan menjadi pengeluaran bulanan untuk anda. Nah dengan premi yang lebih terjangkau dari asuransi lainnya, anda bisa tetap mendapatkan perlindungan yang mungkin namun tetap tenang dalam membayar premi untuk setiap periode jaminannya.

Hal ini penting sebagai alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan untuk karyawan yang baru memulai karirnya dan masih memiliki pendapatan yang pas pasan. Ketiadaan asuransi bisa menjadi hal yang buruk, namun keberadaan asuransi yang tidak sesuai dengan kemampuan membeli anda juga bisa menjadi hal yang buruk yang bisa menimpa karyawan. Asuransi karyawan disetting dengan mengetahui kemampuan daya beli karyawan sehingga mereka yang memang menginginkan perlindungan finansial bisa tetap dapat memilikinya.

Kolektif

Alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan selanjutnya adalah manajemennya yang cenderung kolektif. Karyawan tidak perlu repot repot mengurusi segala kebutuhan untuk asuransinya keluar karena perusahaan umumnya melalui HRD akan mengurus segala kebutuhan anda. Hal ini juga memberi sebuah kesinambungan secara terus menerus selama anda bekerja di perusahaan tersebut dan dapat memanfaatkan produk asuransi lainnya diluar asuransi utama awal yang diwajibkan oleh perusahaan.

Belum Memiliki Tanggungan

Salah satu alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan saja adalah anda belum memiliki tanggungan atau masih lajang. Dengan demikian akan lebih baik jika pendapatan yang anda dapatkan bisa anda simpan dalam tabungan atau menginvestasikannya dalam bentuk lain yang lebih menguntungkan. Namun asuransi karyawan tetap anda andalkan perlindungannya untuk kejadian kejadian yang tidak terduga.

Berbeda dengan mereka yang masih lajang, alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan masih kurang untuk karyawan yang sudah berkeluarga adalah karena karyawan tersebut adalah tulang punggung keluarga. Dengan kata lain, karyawan tersebut adalah masa depan bagi keluarganya. Asuransi karyawan hanya akan memberikan plafon tanggungan yang kecil meskipun premi yang anda bayarkan lebih sedikit. Namun dengan memiliki asuransi lain seperti asuransi pribadi, apa yang anda dapatkan bisa terlindungi oleh kegiatan apa saja yang ada di luar polis asurans yang dijanjikan.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Dalam memilih Asuransi Karyawan Bagi Perusahaan

Asuransi Tersebut Diwajibkan

Hal ini bisa menjadi alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan yang negatif namun juga bisa menjadi alasan yang positif. Pasalnya, perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk memperoleh perlindungan dari asurani dan mendukungnya, itu berarti perusahaan memperdulikan nasib karyawannnya dan juga keberlangsungan karyawan tersebut.

Lalu bagaimana dengan dampak negatif dari alasan untuk hanya mengandalkan asuransi karyawan adalah adanya keterpaksaan untuk membayar sejumlah uang yang mungkin belum tentu akan digunakan manfaatnya.

 

Related Post

Written by 

One thought on “Alasan Untuk Hanya Mengandalkan Asuransi Karyawan Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *