Memiliki sebuah asuransi terkadang menjadi tambahan pengeluaran untuk setiap periode pembayarannya. Jika anda merasakan demikian, itu artinya anda merasa keberatan dengan membayar premi asuransi tersebut meskipun memang anda benar membutuhkannya. Tidak ada salahnya jika anda ingin berganti asuransi dengan asuransi yang lebih baik atau asuransi dengan premi yang lebih terjangkau. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan berikut 4 alasan untuk berganti asuransi yang tepat.

1. Mencari Premi Yang Lebih Terjangkau

Alasan untuk berganti asuransi yang pertama sudah disampaikan sebelumnya yakni karena ingin asuransi dengan premi yang lebih terjangkau. Hal ini diakibatkan pembayaran premi tersebut mahal sehingga anda merasa berat untuk membayarnya di setiap bulannya. Oleh karena itulah, ada baiknya jika anda memilih jenis asuransi lainnya yang memiliki premi yang lebih murah atau terjangkau atau yang bisa anda penuhi tanpa menjadi beban pengeluaran anda.

Premi yang murah sebagai alasan untuk berganti asuransi tersebut tidak selalu memberikan dampak positif bagi pemilik polis. Karena, premi yang lebih murah cenderung memiliki keterbatasan dalam hal perlindungan ketimbang asuransi yang memiliki polis lebih mahal. Namun, bukan berarti anda tidak akan menjumpai jenis asuransi dengan premi murah dengan perlindungan yang besar, seperti asuransi karyawan misalnya.

2. Ingin Menambah Perlindungan

Alasan yang kedua sebagai alasan untuk berganti asuransi adalah karena anda ingin menambah atau memperluas cakupan perlindungan. Hal ini biasanya dikarenakan karena pemilik asuransi tersebut misalnya ingin juga melindungi anggota keluarganya yang lain, seperti menambahkan istri menjadi yang juga tertanggung dalam asuransi.

Untuk menambah jumlah tertanggung dari asuransi memang tidak semuanya harus mencari asuransi baru. Terkadang juga ada pilihan untuk melakukan upgrade atau add on atau asuransi tambahan seperti rider yang bisa dimanfaatkan. Namun, sekali lagi hal tersebut tidak semua asuransi memilikinya sehingga terkadang anda harus menutup asuransi lama anda sebelum membuka asurnasi baru untuk alasan untuk berganti asuransi diatasnya.

Baca juga: 4 Ciri Asuransi Tidak Menguntungkan

3. Kekecewaan

Selanjutnya untuk alasan untuk berganti asuransi adalah karena kekecewaan pemegang polis terhadap agen atau perusahaan asuransi yang bertindak tidak profesional serta alasan lainnya yang mungkin juga terjadi seperti akibat klaim sering ditolak dan juga beberapa alasan lainnya yang juga sering muncul akibat permasalahan keuangan.

4. Asuransi Mulai Tidak Sehat Keuangannya

Alasan untuk berganti asuransi yang keempat adalah asuransi yang mulai tidak sehat keuangannya. Hal ini bisa saja terdeteksi oleh pemilik polis asuransi atau nasabah. Hal ini jelas menjadi pertimbangan bagi pemilik dana untuk menarik apa yang diinvestasikan. Pasalnya, asuransi yang dimiliki seseorang umumnya dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang yang dalam hal ini akan sangatlah penting bagi seseorang yang memiliki polis untuk melihat masa depan perusaaan asuransinya, aoakah akan berlanjut atau nantinya akan dinyatakan

Nah itula ke 4 alasan untuk berganti asuransi yang bisa anda pertimbangkan sebelum anda benar benar menarik asuransi anda dari perusahaan asuransi tersebut. Dengan demikian, anda juga tidak kehilangan keuntungan dari asuransi yang anda miliki dan anda tidak perlu mencari asuransi lainnya yang lebih baik.

Namun jika memang asuransi anda lebih baik untuk dihentikan, maka menghentikannya juga harus sesuai dengan persyaratan yang umumnya ada di polis asuransi yang anda miliki. Nah, semoha artikel mengenai alasan untuk berganti asuransi ini bisa membantu anda.

Related Post

Written by 

One thought on “4 Alasan Berganti Asuransi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *