Beberapa karyawan mungkin ada yang menolak untuk ikut asuransi karyawan karena beralasan memiliki asuransi pribadi. Padahal pada beberapa faktor, asuransi karyawan memiliki kelebihan yang lebih penting daripada asuransi pribadi untuk karyawan tersebut. Beberapa alasan atau kelebihan asuransi karyawan tersebut sangat berbeda yang dimilki oleh asuransi pribadi meskipun tidak ada salahnya pula anda memiliki keduanya. Namun ada alasan mengapa asuransi karyawan lebih baik dibandingkan asuransi yang bersifat personal atau pribadi.

Hampir Setiap hari Bekerja

Sebagian besar waktu orang dewasa, orang produktif atau dalam hal ini adalah karyawan banyak dihabiskan untuk bekerja atau dalam hal ini berada di tempat kerja. Oleh karena itu, asuransi yang mampu dan mengerti untuk situasi dan kondisi tersebut adalah tentu saja asuransi karyawan. Asuransi karyawan lebih baik karena memahami setiap detail dari suatu pekerjaan serta resiko yang mengikutinya sehingga perlindungan dan jaminan yang ditawarkan lebih spesifik.

Bukan Hanya Perlindungan Melainkan Juga Bentuk Investasi Yang Menghasilkan

Asuransi karyawan lebih baik juga karena asuransi karyawan memberikan investasi khusus yang menghasilkan pendapatan lebih bagi anda yang berupa dana. Ya, asuransi tersebut adalah asuransi dana pensiun yang akan diberikan setelah karyawan tersebut pensiun. Berbeda dengan asuransi personal yang kebanyakan memberikan hasil investasi berupa jasa, namun bagi asuransi karyawan seperti asuransi dana pensiun, karyawan akan mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan klausul yang ditanda tangani.

Hal inilah yang mungkin menjadi pembeda dari asuransi personal dan asuransi karyawan selain dari kemudahan kemudahan lainnya yang diperoleh. Asuransi karyawan lebih baik juga karena terbilang ringan dalam hal pembayaran premi dibandingkan dengan asuransi personal. Padahal untuk urusan premi dan hasil yang diperoleh, asuransi karyawan bisa memberikan dana hasil investasi dari asuransi dana pensiun berlipat lipat jumlahnya.

Premi Dipotong Langsung Dari Gaji

Dalam hal pembayaran baik dari jumlah seperti yang telah dikatakan sebelumnya yakni lebih ringan, pada asuransi karyawan lebih baik karena juga lebih mudah dalam hal proses pembayarannya. Anda tidak perlu repot repot menuju bank atau kantor asuransi untuk mentransfer sejumlah uang untuk premi yang wajib dibayar. Dengan demikian bagi karyawan yang memiliki waktu yang terbatas, tidak perlu repot repot membayar melalui ini dan itu untuk memenuhi kewajiban sebagai pemilik asuransi.

Asuransi karyawan lebih baik karena perusahaan memberikan fasilitasnya untuk pembayaran premi asuransi yakni melalui potong gaji. Bagi beberapa orang mungkin hal ini terlihat sewenang wenang atau sepihak dari perusahaan. Namun dilihat dari sisi positifnya, anda tidak akan terlambat dalam membayar asuransi dan oleh karena itulah asuransi karyawan selangkah lebih maju.

Administrasi Diatur Oleh Perusahaan

Lalu bagaimana dalam hal administrasi? Dalam hal administrasi, asuransi karyawan lebih baik dalam menawarkan pelayanannya. Anda hanya perlu ke kantor atau umumnya bagian HRD untuk mengurus segala keperluan yang penting. Namun untuk asuransi personal anda harus mengurus segala sesuatunya sendiri.

Baca Juga : Apa Perbedaan Asuransi Karyawan dan Asuransi Pribadi?

Terlebih saat terjadi klaim, maka pemilik asuransi personal harus melakukan claim sendiri sedangkan dalam asuransi karyawan apabila terjadi kemalngan yang menimpa terutama jika terjadi di area perusahaan dan perlu dilakuannya sebuah claim, maka perusahaan melalui staff khususnya yakni HRD akan melakukan proses bantuan terhadap karyawan tersebut sehingga mendapatkan penanganan yang terbaik serta memberikan nilai efisiensi yang positif.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *